Meningkatkan Wawasan, Sekretariat Dan Pokja III TP PKK Tanah Datar Gelar Bimtek

 


Tanah Datar, Kawasansumbar.com Untuk memperkuat peran Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) sebagai mitra pemerintah yang menyentuh langsung kelapisan masyarakat, TP-PKK Tanah Datar adakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dibidang Kesekretariatan dan Pokja III, Kamis (09/12) di Aula Kantor TP-PKK dan Gazebo Komplek Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Pada saat pembukaan ketua TP-PKK Ny. Lise Eka Putra mengatakan TP-PKK sebagai organisasi yang terstruktur dari pusat hingga daerah punya tugas pokok yang jelas dan saling bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dari itu juga sangat diperlukan kerja keras, kekompakkan, pemahaman bersama dan saling bahu-membahu sehingga tujuan dari organisasi yang juga mitra pemerintah ini dapat dicapai dengan baik.

“Banyak capaian yang diraih dan prestasi dari kader-kader yang hebat mulai dari kabupaten, kecamatan, nagari hingga jorong, tentu ini semua tak luput dari upaya bersama saling bersinergi. Dan diharapkan dari bimtek ini akan dapat membantu program-program pemerintah yang dirasakan langsung masyarakat, tidak semata bidang sekretariat dan Pokja III yang saat ini bimtek, namun juga bagi Pokja I, II dan IV,” ujarnya.

Untuk tujuan bimtek disampaikannya untuk meningkatkan wawasan dan menyamakan pemahaman dan persepsi tentang gerakan PKK, mendapatkan informasi dan gambaran terkait langkah-langkah, kebijakan yang diambil tppkk dalam mendukung program pemerintah terutama di Tanah Datar, sebagai spirit dan motivasi kerja bagi kader disemua tingkatan.

Sebelumnya Wakil Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian menyampaikan jika bimtek ini diikuti hampir 100 orang kader yang terdiri dari ketua dan wakil ketua TP-PKK kabupaten, ketua bidang I sampai IV sekretaris I dan II, bendahara, wakil bendahara serta humas, seluruh unsur pokja III kabupaten, ketua, sekretaris dan bendahara TP-PKK kecamatan se-Tanah Datar, unsur pokja III TP-PKK kecamatan yaitu wakil ketua, ketua pokja III dan sekretaris pokja III kecamatan se-Tanah Datar.

“Untuk tema Bimtek Sekretariat dan Pokja III ini adalah sosialisasi administrasi PKK dan pokja III Akuhatinya PKK, yang diadakan di dua tempat yaitu Aula Kantor PKK untuk Sekretariat dan Gazebo Indo Jolito untuk pokja III,” ucapnya.

Sementara itu dari paparan pemateri Siti Zakiah Sekretaris TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, disebutkan jika gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteran menuju keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi luhur dan sehat sejahtera lahir dan batin.

Sementara tertib administrasi PKK dikatakannya pengelolaan administrasi yang baik dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan pengelolaan sebuah lembaga termasuk TP-PKK, tertib administrasi dapat mempermudah pelaksanaan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan kegiatan PKK disetiap jenjang, dan untuk menunjang administrasi PKK ini berpedoman pada hasil rakernas pkk ke IX tahun 2021.

Untuk program prioritas gerakan PKK disampaikan Zakiah, dengan kolaborasi pokja 1,2,3 dan 4 akan dapat meningkatkan ketahanan ekonomi, revolusi mental, kelangsungan lingkungan hidup dan memperkuat pelayanan dasar (kesehatan, pendidikan, sosial dan budaya) sehingga akan lahir keluarga pelopor perubahan.

“Lahirnya keluarga pelopor sesuai dengan program kerja TP-PKK tahun 2021-2024, Gerakan Nasional Keluarga Pelopor Perubahan,” ucapnya.

Pada Pokja III dengan materi Akuhatinya PKK yang disampaikan Ketua Pokja III TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Aku Hatinya PKK yang artinya Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman tersebut bertujuan untuk menciptakan rumah percontohan dengan memanfaatkan pekarangan berbentuk taman yang ditanami sayur, tanaman pangan, apotik hidup dan tanaman hias.

Pada saat bimtek tersebut Pokja III ini juga mempraktekkan memasak berbagai makanan olahan dari pangan lokal. 

Ria/hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto