Pasang Baju Santriwan dan Santriwati secara Simbolis, Bupati Sampaikan Hafiz dan Hafizah adalah Orang Cerdas

 


Tanah Datar, Kawasansumbar.com Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pengurus Rumah Tahfizh Gratis (RTG) Ukhuwah Jorong Piliang Nagari Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum. 

Penghargaan itu sampaikan Bupati terkait kehadiran RTG Ukhuwah yang diinisiasi dan digagas oleh pemuda yang sehari-hari bekerja dan beraktivitas di terminal Dobok. 

"Alhamdulillah, RTG sebagai bentuk dukungan generasi muda terhadap program pemerintah di bidang keagamaan, terutama turut serta mendukung lahirnya generasi hafizh atau penghafal Al Qur'an," kata Eka Putra, Selasa (28/12/2021) di RTG Ukhuwah pada acara pemasangan baju secara simbolis kepada santriwan dan santriwati. 

Bupati menambahkan, pelaksanaan kegiatan seperti itu sejalan dengan Visi dan Misi Kabupaten Tanah Datar 2021 - 2026 yakni Terwujudnya Kabupaten Tanah Datar Madani Berlandaskan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah. 

"Rumah Tahfizh (RT) merupakan sarana atau wadah untuk menciptakan generasi hafizh. Sesuai dengan salah satu Program Unggulan (Progul) 1 rumah 1 hafiz/hafizah," katanya. 

Kita ingin ke depan, kata Eka, setidaknya 20 sampai 25 tahun atau dalam rangka menyambut Indonesia Emas tahun 2045 saat peringatan HUT RI ke 100, sebagian besar masyarakat Tanah Datar merupakan penghafal Al Qur'an. 

"Saya yakin, penghafal Al Qur'an adalah orang pintar dan cerdas. Karena itu tentunya ke depan dengan adanya pejabat sampai masyarakat penghafal Al Qur'an, Tanah Datar Madani kita wujudkan," tukasnya. 

Sementara itu sebelumnya Pembina RTG Ukhwah Khairul Anwar menyampaikan, berdiri semenjak lebih kurang 6 bulan lalu dan diresmikan Wabup Tanah Datar, RTG Ukhuwah telah memiliki 206 santriwan dan santriwati dengan 12 orang tenaga pengajar. 

"Alhamdulillah, semua santriwan dan santriwati yang tidak hanya berasal dari Jorong Piliang dibebaskan biaya pendidikan atau gratis. Namun untuk baju seragam memang kita minta biaya upah jahitnya saja," katanya. 

Kemudian ia juga berharap, ke depan Pemerintah Daerah bisa membantu RTG dengan berbagai program yang ada di Pemerintah Kabupaten, terutama untuk kesejahteraan guru atau tenaga pengajar. 

"Kami berharap melalui pak Bupati, mohon perhatian dan bantuan untuk RTG ini, Insya Allah kita akan lahirkan hafiz dan hafizah di Jorong Piliang ini," pungkasnya. 

Turut hadir Kajari Tanah Datar Hardijono Sidayat, Anggota DPRD Tanah Datar Agus Taufik, Kepala Bagian Kesra Dadan Hendarsyah, Camat Lima Kaum Hendra Setiawan, Wali Nagari Limo Kaum Gusrial, KAN Limo Kaum dan undangan lainnya.

Dvd

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto