Pemko Sawahlunto Peringati Hari Ibu Ke-93 Tahun

 


Sawahlunto, Kawasansumbar.com Hari ibu ke-93 tahun Kota Sawahlunto diperingati dengan pelaksanaan upacara hari ibu yang diselenggarakan di Hall Ombilin, pada Senin 20 Desember 2021 tadi. Upacara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harneli Mahyeldi. 

Usai upacara hari ibu itu, dilanjutkan dengan wisuda bagi para peserta Sekolah Istri Teladan Sawahlunto (SILO). 

Dikatakan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, SILO merupakan komitmen dan program dari Pemko Sawahlunto dalam meningkatkan kapasitas dari kaum ibu. Dengan memberikan pendidikan dan pelatihan untuk memberdayakan pola pikir (mindset) dan perilaku (karakter) dari kaum ibu dalam mengurus rumah tangga, melayani suami dan mengasuh anak. 

Ditambahkan Wali Kota, selain SILO masih dalam upaya peningkatan kapasitas perempuan/kaum ibu di Sawahlunto juga ada program Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKH-Perempuan). Dari program ini salah satu tujuannya yakni melatih perempuan dalam memberdayakan potensi diri dan Sumber Daya Alam di sekitarnya untuk dikelola menjadi bernilai ekonomi yang dapat menambah pendapatan keluarga.

"Perhatian, dukungan dan komitmen untuk peningkatan kapasitas perempuan di Sawahlunto terus kita lanjutkan ke depannya. Sebab masa depan Kota Sawahlunto juga turut dipegang oleh kaum ibu yang mengasuh anak-anak dimana nanti pada masa dewasanya akan mengurus dan memimpin kota ini," ujar Wali Kota Deri Asta. 

Melalui berbagai program dan dukungan/bantuan itu, Wali Kota menyampaikan berharap kaum ibu di Sawahlunto dapat menjadi inpirasi dalam keluarga untuk menjadi lebih baik. Ketika ibu sudah menginspirasi dalam keluarga, nanti akan berpengaruh pula menginspirasi lingkungan sekitarnya.

Turut mengikuti upacara hari ibu tadi yaitu Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Sumatera Barat Quartita Evari Hamdiana, Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti, Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri, MKM, Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto, Ny. Meyvita Deri Asta, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Sawahlunto Ny. Neldaswenti Zohirin Sayuti, dan undangan lainnya.

Ria/hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto