PDIP. ENDANG JAYA PUTRA; ASPIRASI MASYARAKAT BENTUK DUKUNGAN KEPADA ANGGOTA DEWAN


Pasaman Barat - Kawasan Sumbar.Com
Reses demi Reses sudah dilaksanakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman Barat telah usai dilakukan anggota Dewan. Masa-masa reses merupakan masa penting yang sejatinya fungsional dalam menjaring aspirasi masyarakat, dan hal tersebut sangat disadari oleh para anggota DPRD Endang Jaya Putra  Ujung Gading Minggu 9 Januari 2022

40 orang anggota Dewan telah menjalankan dengan benar-benar memanfaatkan momen untuk mendengarkan harapan masyarakat yang berada di Daerah Pemilihan (Dapil) mereka masing-masing.
“Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD. Setiap tiga bulan, anggota Dewan turun ke Dapil untuk bertemu konstituen, menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk kemudian disalurkan,” kata Anggota  DPRD Pasaman Barat ,dari Praksi PDIP, Endang Jaya Putra.
Dia menjabarkannya, dari suara-suara masyarakat yang berhasil dihimpun melalui reses tersebut, kemudian akan direkap dan dibuat laporannya, diteruskan pada pimpinan Dewan. “Selanjutnya kita akan teruskan ke bupati, yang kemudian bupati meneruskan pada OPD terkait,” ujarnya.
Karena itu kegiatan reses sangat penting, jadi sayang sekali jika tidak dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasiunya.
“ Reses adalah momen kita bertemu masyarakat secara massal. Jaran-jarang kita bertemu konstituen yang selama ini mendukung kita. Karena kita disibukan dengan agenda di Dewan, dan momen ini yang harus kita manfaatkan,” Ungkapnya.
Dalam kegiatan reses tersebut, pada umumnya antusiasme masyarakat sangat tinggi, dan ini sebegai bentuk dukungan masyartakat bagi anggota Dewan yang sudah mereka beri kepercayaan. 
Berbagai isu seperti fasilitas umum (fasum), harapan dibina, bahkan dukungan moral disampaikan oleh masyarakat. 
“Mendengarkan keluh-kesah, aspirasi warga, itu memang tugas anggota Dewan. Dalam kegiatan ini kita fokus mendengarkan untuk kemudian disalurkan. Bukan sekedar mengadakan pertemuan tanpa berbuat apa - apa,” Ungkapnya.

Masalah-masalah signifikan di bidang pendidikan, misalnya, hapir semua anggota Dewan temui saat reses berjumpa dengan perwakilan kecamatan, guru-guru, kepala sekolah, dan elemen masyarakat lain.
“Penyampaian dari masyarakat sangat banyak. Keluhan mereka ada yang terkait sarana-prasarana sekolah. Misalnya kondisi di sekolah. Banyak hal yang harus kami dengar. Misalnya masalah kebutuhan, mobiler sekolah, ruang kelas tidak cukup, ruang kepala sekolah yang minta direnowasi,,” ujar Saga.
Seluruh keluhan masyaraat dan harapan, dikatakan politisi PDIP ini akan ditindaklanjuti secara maksimal. Realisasi anggaran untuk program-program yang disetujui, disebutkan, bisa tahun depan, bisa juga kemungkinan saat anggaran perubahan.
“Kita tidak memberi janji muluk. Semua yang vital, kita akan perjuangkan. Tapi apa yang memang tidak masuk skala prioritas, tidak bisa disalurkan, tetap kita sampaikan. Dan kita perjuangkan,” Pungkasnya

#Rajo alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto