Pendidikan adalah Prioritas Utama Ungkap Bupati Solsel Ketika Penyerahan Seragam Gratis di SDN 03

 


Padang Aro, Kawasansumbar.com  - Bupati Solok Selatan H Khairunas kembali menyerahkan secara simbolis bantuan seragam sekolah gratis kepada siswa baru tingkat SD dan SMP Negeri se-Kecamatan Sangir Balai Janggo, yang bertempat di SD Negeri 03 Sungai Takuak, Rabu (26/01/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Solok Selatan, Syamsuria, S.Pd, MM menyebut sebanyak 411 orang siswa SD dan SMP di Kec. Sangir Balai janggo telah diberikan bantuan seragam gratis. 

Ini merupakan pengadaan Tahun 2021, yang telah dianggarkan untuk siswa baru SD dan SMP se-Kabupaten dengan dana sekitar Rp1,1 miliar, yang mencakup sebanyak 4.769 siswa. 

Bupati H Khairunas, yang juga didampingi oleh Wakil Bupati H Yulian Efi, Forkopimda, Kepala OPD, mengungkapkan bahwa pemerintah sudah mengakomodir bantuan seragam gratis untuk seluruh siswa baru yang ada di Kabupaten Solok Selatan, mulai dari tahun 2021, dan untuk tahun 2022 juga diberikan bantuan seragam dengan cakupan lebih besar dari tahun lalu.

 Seragam gratis akan diberikan kepada siswa baru mulai tingkat SD, SMP, SMA/SMK sebanyak + 11.000, dengan alokasi anggaran sebesar + 2,5 milyar rupiah. 

"Bidang pendidikan merupakan prioritas utama bagi kami, maka dari itu peningkatan mutu dan kualitas pendidikan perlu ditingkatkan. Salah satu upaya adalah melalui program sekolah penggerak", ucap Bupati. 

Program sekolah penggerak merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan visi pendidikan untuk mewujudkan bangsa yang maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.

 Program ini berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan, saat ini sudah ada sekitar 100 kepala sekolah yang mendaftar dalam program sekolah penggerak, dan pada tahun 2022 pendaftaran juga akan dilanjutkan kedalam program sekolah penggerak, termasuk juga program kepala sekolah dan guru penggerak. 

Untuk diketahui, sekolah penggerak tahap II Tahun 2022 yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI sebagai sekolah penggerak di Kabupaten Solok Selatan sebanyak 14 Sekolah mulai tingkat TK, SDN, SMPN dan SMAN.

Adapun Pelaksana Program Penggerak Angkatan II di Kabupaten Solok Selatan Sebagai Berikut :

Tingkat TK :

TK Al Irsyad

TK Nurul Husna Timbulun

TK Arafah Koto Birah


Tingkat SD :

SDN 13 Bangko Koto Baru

SDN 19 Taluak Aia Putih

SDN 16 Blok Nol Pekonina

SDN 15 Kampai

SDN 08 Karang Putiah

SDN 02 Sikumbang

SDN 07 Mudiak lawe


Tingkat SMP

SMPN 32 Solok Selatan

SMPN 09 Solok Selatan

SMPN 29 Solok Selatan

Hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto