Tindaklanjuti Aduan Masyarakat, Bupati Pasbar Tinjau Lahan Sengketa Masyarakat Manggonang dengan PT. Anam Koto

 


Pasaman Barat,  KawasanSumbar.Com Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi bersama stakeholder terkait lainnya, meninjau secara langsung lahan perkebunan masyarakat Manggonang yang bersengketa dengan PT. Anam Koto, Selasa (18/1) di Jorong Sungai Tanang, Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur. 

Peninjauan dilakukan karena banyaknya aduan dari masyarakat Manggonang, mengenai lahan mereka yang di claim oleh Pt. Anam Koto sebagai Hak Guna Usaha (HGU) perusahan itu.

"Hari ini kita berada di lokasi yang dipermasalahkan masyarakat Manggonang dengan PT Anam Koto. Saya telah melaksanakan peninjauan, dan telah melihat secara langsung bagaimana keadaan disini", kata Hamsuardi.


Berdasarkan pengakuan dari beberapa masyarakat yang turut serta mendampingi bupati, bahwa dulunya lokasi tersebut adalah tanah milik masyarakat yang digunakan sebagai lahan perkebunan.

Ibuk ini menjelaskan, dia sejak kelas 5 Sesudah ikut menanam padi bersama orangtuanya. Bapak yang tadi juga menjelaskan adanya pohon karet sejak tahun 68 yang sengaja dipertahankan sebagai bukti kalau lahan itu adalah lahan keluarga mereka," ucapnya.

Bupati berharap masyarakat Manggonang tetap tenang. Ia berjanji akan membantu menyelesaikan sengketa dengan PT. Anam Koto secepatnya. Pihak PT. Anam Koto akan diundang dan duduk bersama agar permasalahan dapat terselesaikan.


Disamping itu, Syakhwan seorang warga mengaku lebih kurang 20 tahun telah berkebun dilahan itu. Ia memiliki lahan seluas 1 hektar, yang dulunya ditanami padi.

"Orang mengatakan telah diukur, kita tidak pernah tahu, tidak pernah melihat juga. Perusahaan membunuh sawit, menebangi pohon durian milik warga bahkan membakar pondok kebun milik warga", keluh syakhwan.

Bupati Hamsuardi juga meminta dinas terkait, untuk menugaskan anggota yang akan berjaga di kawasan perkebunan itu. "Siapapun pelakunya, sawit dan tanaman lainnya dilarang untuk ditebang dan dibunuh paksa,"tegasnya.


#Rajo alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto