Gempa Guncang Kabupaten Pasaman Barat Beberapa Kali, Wakil ketua DPRD Endra Yama Putra. S. Pi, Imbau Warga Waspada


Pasaman Barat, KawasanSumbar.Com -- Wakil ketua DPRD Endra Yama Putra. S. Pi, mengimbau warga jangan panik namun tetap waspada dengan terjadinya gempa yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat beberapa kali.

Imbauan itu disampaikan Wakil ketua DPRD , melalui rilis dari Awak Media Kawasan Sumbar.Com , Jum'at (25/2/2022). imbauan langsung disampaikan Wakil ketua DPRD Endra Yama Putra.S.Pi, pasca terjadinya gempa terkini, Jum'at Pagi 8,39 Wib yang berkekuatan  6,2 skala Richter dengan pusat Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi di 0,14 Lintang Utara dan 99,99 Bujur Timur.

"Gempa terjadi di 18 kilometer Timur Laut Pasaman Barat dengan kedalaman 10 kilometer," tulis BMKG dalam informasi resminya.

“Masyarakat di wilayah pesisir diimbau agar tetap waspada sepanjang malam ini, namun jangan panik,” katanya.


Lebih lanjut, Wakil ketua DPRD Endra Yama Putra.S.Pi, mengatakan, Pemkab Pasaman Barat sudah melakukan koordinasi dengan semua pihak. Aparat Kecamatan dan Jorong/Nagari bersama TNI Polri sudah siaga di Posko masing-masing kecamatan.

Lebih lanjut, Wakil ketua DPRD Endra Yama Putra.S.Pi, menegaskan, masyarakat di wilayah pegunungan agar tetap waspada sepanjang malam ini, tetapi tetap jangan panik. Sementara itu, khusus masyarakat yang berada pada daerah-daerah rawan longsor agar segera menghindari daerah tersebut. Di sisi lain, Pemkab Pasaman Barat sudah memerintahkan aparat kecamatan/Nagari/ untuk bersiaga.


Pihak RSUD Pasaman Barat dan Puskesmas juga sudah bersiap-siaga. Para keluarga pasien juga sudah diminta untuk tidak panik dan tetap waspada. Selain itu, kantor-kantor pemerintah juga sedang disiapkan untuk dijadikan tempat pengungsian apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat bersama BMKG terus memantau setiap perkembangan gempa.terus dijalankan.

“Saya minta masyarakat Pasaman Barat Khusus Nagari Kajai dan Nagari Talu dan Sinuruik agar mengakses informasi dari sumber-sumber resmi Pemerintah terutama dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi dan website www.bmkg.go.id,” ungkapnya, sambil menambahkan bagi seluruh masyarakat yang terdampak gempa, apabila membutuhkan bantuan atau informasi, bisa segera menghubungi Posko Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat.

#Rajo alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto