Inovasi Daerah Kota Padang Dilombakan

 


Padang, Kawasansumbar.com – Pemerintah Kota Padang menggelar Sosialisasi Lomba Inovasi Daerah bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di Ruang Rapat Bagindo Aziz Chan, Balaikota Padang, Kamis (24/2/2022).

Seluruh perwakilan OPD di Pemko Padang hadir dalam sosialisasi lomba tersebut. Kepala Bappeda Kota Padang diwakili Kepala Bidang Penelitian dan Pembangunan Desfi Hendri menyebut, mulai hari itu seluruh OPD diajak untuk menyetor inovasi untuk kemudian dimasukkan ke dalam aplikasi milik Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Menurutnya, seluruh inovasi nantinya akan dinilai.

“Paling lambat, bulan Mei nanti seluruh OPD sudah melakukan entry masing-masing inovasi di aplikasi milik Kemendagri,” ujar Desfi Hendri.

Dikatakannya, tujuan digelarnya Sosialisasi Lomba Inovasi Daerah adalah untuk memotivasi setiap OPD di lingkup Pemko Padang untuk menciptakan inovasi baru. Selain itu, juga diharapkan terwujud pembaharuan terhadap inovasi yang ada.

“Sehingga nanti dalam penilaian, muncul inovasi baru,” sebutnya.

Terdapat sejumlah persyaratan bagi OPD yang mengikuti lomba tersebut. Seperti inovasi yang dianggap terbaru. Kemudian inovasi tersebut juga telah dilaksanakan sepanjang dua tahun terakhir (2020-2021).

“Serta, inovasi tersebut harus ada dampaknya terhadap masyarakat dan pemko,” katanya.

Sementara itu, Desfi Hendri menyebut bahwa dalam regulasinya terdapat sejumlah kriteria inovasi. Diantaranya, inovasi masing-masing OPD mesti mengandung pembaharuan, memberi manfaat bagi daerah, dan lainnya.

“Semakin banyak inovasi tersebut ditiru oleh orang lain, maka akan lebih besar manfaat dan nilai tambahnya,” sebutnya.

Selain itu, terdapat prinsip dan sasaran inovasi. Seperti peningkatan efisiensi, perbaikan efektifitas, peningkatan kualitas pelayanan, tidak menimbulkan konflik kepentingan, memenuhi nilai kepatutan.

“Serta dapat dipertanggungkan hasilnya tidak untuk sendiri, dan prinsip lainnya,” ujar Desfi Hendri.

Fitri/hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto