Program Same Day JNE Bangkitkan UMKM

 


Padang Panjang, Kawasansumbar.com  -- Program Same Day dari jasa ekspedisi JNE sangat diminati Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Padang Panjang dalam mengirimkan produk kepada konsumen. 

Adanya program Same Day (sampai di hari yang sama) ini, sangat membantu para UMKM dalam mengirimkan produknya. Dengan mengirimkan sebelum jam 12 siang, paket akan sampai dihari yang sama maksimal malam harinya. 

Terdapat tujuh titik pengirim di Sumatera Barat yang menyediakan program Same Day ini. Di antaranya Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Batusangkar, Padang, Solok dan Sawahlunto. 

Pimpinan JNE Padang Panjang, Ulil Amri, SE saat diwawancara Kominfo, Selasa (15/2) mengatakan, program Same Day ini sudah berjalan selama dua bulan dan pengiriman didominasi oleh pelaku UMKM. 

"Dalam dua bulan ini, program Same Day kita sangat diminati oleh para pelaku UMKM. Dengan mengirimkan produknya sebelum jam 12 siang, maka paket akan sampai pada hari yang sama dengan konfirmasi Same Day saat melakukan proses pengiriman," ujar Ulil. 

Ia juga menjelaskan, program Same Day ini dari awal memang untuk membantu para pelaku UMKM di Kota Padang Panjang dan sekitarnya dalam pengiriman produk terutama makanan. Selama ini banyak UMKM yang terhambat dalam pengiriman tersebut. 

"Kita memang tujuan utama kepada UMKM apalagi usaha makanan. Biasanya dua sampai tiga hari baru sampai. Jadi dengan adanya program Same Day ini, UMKM bisa mengirimkan dan diterima pada hari yang sama tanpa takut produknya basi," jelasnya. 

Pada masa pandemi ini, katanya, untuk jasa pengiriman tidak berpengaruh. Apalagi dengan tidak bisanya masyarakat untuk berbelanja secara langsung. Belanja secara online dengan menggunakan jasa ekspedisi JNE, sangat diminati masyarakat. 

Ulil juga menyebutkan untuk pengiriman pada awal-awal masa pandemi tahun 2020, pengiriman menggunakan JNE naik drastis sebesar 100%. Sampai hari ini untuk pengiriman sudah normal kembali. 

"Pada tahun 2020 awal masa pandemi, pengiriman menggunakan JNE naik sebesar 100% dari biasanya. Ini disebabkan karena banyaknya masyarakat yang tidak dibolehkan keluar dan lockdown. Jadi sanak saudara yang di kampung sering mengirimkan makanan untuk saudaranya di rantau," tuturnya lagi. 

Selain itu, untuk pengiriman dari Padang Panjang ke berbagai daerah dengan paket kategori UMKM selama pandemi naik sekitar 20% sampai 30% sampai saat ini.

 (shintia)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto