Cegah Kebakaran Semakin Meluas Polsek Lunang Silaut Cek Lokasi dan Padamkan Bersama Wali Nagari Setempat


 Sumatra Barat, Kawasansumbar.com – Cuaca panas akhir – akhir ini di Kabupaten Pessel dapat memicu mudajnya terjadinya kebakaran, masyarakat diminta waspada dan jaga kelestarian hutan.

Pengecekan Titik Api Lokasi Kebakaran Lahan di Wilkum Polsek Lunang Silaut, Selasa 29 Maret 2022 sekira pukul 10.00 Wib dilakukan oleh Kapolsek Lunang Silaut AKP Impriadi, SH beserta Personilnya melakukan Pengecekan Titik Api Lokasi Kebakaran Lahan di Wilkum Polsek Lunang Silaut.

Bersinergi personelnya antara lain Kanit Intel Aipda Irwan. M, Kanit Provos Bripka Zarmen, SH, dan Wali Nagari Lunang Barat Supardi serta Wali Nagari Lunang II Satiman.

Yang mana dalam giat tersebut di Temukan 1 Titik Api Lokasi Kebakaran Lahan yaitu di lahan 3 pemilik masyarakat setempat di Ray 9 Kampung Tanjung Raya Ken. Lunang Barat Kec. Lunang Kab. Pessel, semuanya seluas 5,5 Hektare.

Adapun Lokasi Temuan Titik Api Kebakaran Lahan tersebut adalah merupakan Lahan Perkebunan Sawit masyarakat dengan umur Tanaman Sawit sekira kurang lebih 4 Tahun setelah ditanam dan ada juga lahan sawit yang belum ditanam.

Pada saat dilakukan Pengecekan dilokasi tersebut api sedang membesar, langsung dilakukan pemadaman bersama masyarakat petani sekitar dengan mempergunakan alat seadanya.

Hingga saat sekarang Api yang membakar Lahan Perkebunan Sawit Masyarakat tersebut belum diketahui pasti penyebabnya namun api sudah mulai padam akan tetapi belum tuntas, karena lahan gambut harus didinginkan terus menerus dengan air agar api tidak membesar kembali.

Selanjutnya dalam kegiatan tersebut Kapolsek Lunang Silaut beserta Personil dan Wali Nagari menyempatkan mampir di rumah beberapa orang masyarakat Petani sekitar di Kampung tersebut untuk bersosialisasi dan menyampaikan agar tidak melakukan pembakaran dilahan karena akan ada konsekwensi hukum pidana nantinya.

Hal ini sebagai langkah antisipasi terjadinya Karhutla di Wilkum Polsek Lunang Silaut, mencegah lebih baik dari pada api sudah membesar tidak bisa dikendalikan lagi karena efeknya gangguan pernapasan dan polusi udara bahkan bencana lebih besar lagi, tutup Kapolsek Lunang Silaut.

Ria/hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto