H. Hamsuadi mengatakan Dai nagari memiliki tugas yang mulia dan juga berat


Pasaman Barat, KawasanSumbar.Com --  Sebanyak 215 Dai nagari di Kabupaten Pasaman Barat dikukuhkan oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, di aula kantor bupati setempat, Kamis (7/4). Bupati meminta agar Dai nagari aktif mengadakan kegiatan keagamaan di wilayah kerjanya masing-masing, 

Ia menegaskan bahwa Dai nagari memiliki tugas yang mulia dan juga berat, karena di pundak dai nagari, ada tugas untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat.

"Saya juga berharap Dai nagari ini mengaktifkan kembali wirid remaja yang ada di setiap masjid. Harus mengadakan didikan Subuh di setiap masjid. Menyemarakkan program Pemerintah Daerah tentang magrib mengaji. Tujuannya agar semua masyarakat Pasbar mengaji, paling tidak sekali dalam satu hari. Kita berharap keberkahan Allah selalu tercurah untuk Bumi Mekar Tuah Basamo,"kata Hamsuardi.

Dai nagari lanjutnya, tugasnya tidak nampak seperti profesi yang lainnya, namun bisa berefek besar bagi kemajuan umat manusia. Bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta menghimbau masyarakat untuk menjauhi kemungkaran.

"Salah satu tugas kita bersama adalah untuk memberikan perlindungan kepada generasi muda terutama anak perempuan. Anak perempuan harus kita lindungi, jangan sampai terjerumus kepada kemaksiatan. Kita juga selalu gencarkan razia terhadap maksiat yang melibatkan perempuan,"ujar Hamsuardi.

Sebab, lanjut Hamsuardi meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat itu tidak mudah. Lebih mudah melakukan pembangun fisik dari pada melakukan pembangunan mental.

"Membangun mental inilah yang sulit. Untuk itu, mari bersama kita lakukan demi kemajuan masyarakat Pasbar ke depan yang beriman dan bertaqwa,"ujarnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Hartasani mengatakan bahwa pengukuhan Dai nagari bertujuan untuk memberikan legalitas yang kuat kepada Dai nagari sehingga tugas yang diembannya bisa berjalan dengan baik. Dai nagari yang dikukuhkan dengan total 215 orang masih kurang tiga orang lagi. 

"Kekurangan Dai nagari ini nanti akan kita tindaklanjuti,"ujar Hartasani.


#Rajo alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto