RPH Modern Koto Panjang,Nasibmu kini...????

Payakumbuh,kawasansumbar.com Pemakaian Rumah Pemotongan Hewan ( RPH ) Modern di Koto Panjang, Payobasung, Payakumbuh Timur, yang telah dimanfaatkan  Agustus 2021, oleh  Pemko Payakumbuh, cq Dinas Pertanian, dipertanyakan. 

Soalnya berdasarkan pengamatan aktivis Lingkungan Hidup, Edwin Saputra, SH dari WLHI tenggarai pengoperasian RPH Modern itu ala Pemko Payakumbuh berpotensi tidak memenuhi persyaratan

teknis yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian untuk menyediakan daging yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal

(ASUH) harus memenuhi persyaratan teknis yang meliputi fisik (bangunan dan peralatan), sumber daya manusia, serta penanganan limbah padat/ cair, terkesan " Jauh Panggang dari Api ".

Dipaparkan Edwin, sepertinya penanganan Limbah Fasilitas pemusnahan bangkai dan/atau produk yang tidak dimanfaatkan atau disinerator harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a. Dibangun dekat dengan kandang isolasi.

b. Dapat memusnahkan bangkai dan/atau produk yang tidak dapat dimanfaatkan secara

efektif tanpa menimbulkan pencemaran lingkungan.

c. Didesain agar mudah diawasi dan mudah dirawat serta memenuhi persyaratan Kesehatan lingkungan.

d. Sarana penanganan limbah harus memenuhi persyaratan:

a. Memiliki kapasitas dengan volume limbah yang dihasilkan.

b. Didesain agar mudah diawasi, mudah dirawat, tidak menimbulkan bau dan memenuhi

c.persyaratan kesehatan lingkungan.

d. Sesuai dengan rekomendasi upaya pengelolaan lingkungan (UKL) dari dinas yang membidangi fungsi kesehatan lingkungan.

Kondisi menggenaskan amburadulnya penanganan limbah padat/ cair dari RPH Modern ala Dinas Pertanian Payakumbuh, berpotensi sebagai sumber atau sarang penyakit dan dikhawatirkan menjalar kepada warga yang bermukim dekat lokasi RPH Modern tersebut.

Hasil kompirmasi melalui via wsatp sama bapak loli satria kabib rumah potong hewan.melalui ponsel beliau mengatakan, pak.. mengenai gambar diatas , kotor ternak rumen, tulang semua kita kumpulkan Bapak karena dapat dimanfaatkan menjadi pupuk oleh petani kita, mengenai rumput tinggi biasanya dipotong untuk diberikan ke sapi oleh pemilik sapi bapak.. tapi kalau sudah tinggi sekali dan sudah mengganggu nanti akan kita potong bersihkan bapak..

#Dendi

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto