Menteri PUPR Wakil Presiden RI Saat membuka Sector Ministers' Meeting (SMM) 2022

 


Kawasansumbar.com -- Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendampingi Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin saat membuka Sector Ministers' Meeting (SMM) 2022 yang diselenggarakan atas kerjasama Sanitation and Water for All (SWA) serta Pemerintah Republik Indonesia, Rabu (18/05) di Jakarta. SMM 2022 dihadiri 69 menteri yang menangani sektor Water Sanitation and Hygiene (WASH) dari 48 negara untuk berdiskusi dan mengupayakan solusi atas berbagai permasalahan sektor WASH hingga Kamis (19/5). 

Wapres Ma'ruf saat membuka acara menyampaikan, tema "Building Forward Better for Recovery and Resilience" SMM 2022 memiliki semangat yang sama dengan "Recover Together, Recover Stronger" tema Presidensi G20 Indonesia. 

Selanjutnya Menteri Basuki menuturkan, “Indonesia telah melibatkan berbagai stakeholders, termasuk dari pihak kementerian, organisasi sipil, hingga akademisi untuk mendiskusikan dan mereview draft komitmen SMM 2022. Sehingga, komitmen baru ini merupakan hasil dari konsultasi secara berkelanjutan dari berbagai pihak selama periode lebih dari setahun.”

Menteri Basuki memaparkan empat komitmen utama Indonesia yang menjadi dasar pengelolaan sektor WASH. Pertama, meningkatkan komitmen politik serta investasi untuk mempercepat peningkatan di sektor WASH dan mengurangi tingkat stunting di Indonesia. Kedua, memperkuat pemantauan dan pelaporan berbasis masyarakat untuk memastikan sektor WASH yang berkelanjutan. Ketiga, mengembangkan pembangunan infrastruktur di sektor WASH yang memiliki daya tahan terhadap perubahan iklim. Dan keempat, memperluas kerjasama dan memobilisasi pembiayaan alternatif untuk peningkatan sektor WASH.

Hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto