Merajuk kebersamaan: Ketua DPRD Pariyanto,SH Hadir di Halal Bihalal Suku piliang

 


Dharmasraya, Kawasansumbar.com - Ketua DPRD Pariyanto,SH hadir di acara Halal Bi halal kaum Suku Piliang , yang diadakan di tempat bapak ade sudarman/ zalman ,Rabu 04/05/2022.

Kegiatan Halal bihalal yang diadakan pasukuan Piliang tersebut dalam rangka menyambut hari Raya Idul Fitri 1443 H dan juga untuk memupuk dan menjalin Silaturahmi antar suku Piliang yang selalu diadakan setiap tahunnya. 

Dikesempatan tersebut Pariyanto menyebutkan bahwa Halal bihalal itu budayanya bangsa indonesia dicetuskan oleh Bunga Karno sang Proklamator bangsa. Dalam riwayatnya,pada tahun 1948 terjadi gejolak dimana - mana, seperti DI/ TII . Pada waktu itu bung Karno memanggil Kyai Haji Wahab Kasbullah dan meminta pendapat. Kyai Haji Kasbullah menyarankan untuk diadakan Halal bihalal dipertengahan Ramadhan. Maka diadakanlah Halal bihalal untuk menyatukan dan mengatakan tidak ada yang merasa saling benar, tapi saling merasa punya kesalahan,untuk itu kita harus saling memaafkan, bebernya. 

"Jadi Halal bihalal itu merupakan budaya bangsa. Sama dengan mudik lebaran. Yang ada itu cuma di Indonesia. Tujuannya adalah saling menjalin Silaturahmi sesama anak bangsa dalam menjaga NKRI dan meningkatkan rasa gotong royong yang tinggi dan cinta kepada tanah air, "ujar salah satu Kader PDI-P Dharmasraya tersebut. 

turut hadir dan mengundang, Ade Sudarman, Wakil Ketua DPRD dan Salman anggota DPRD Dharmasraya yang juga bernaung dari pasukuan Piliang tersebut. 


# dimetri robi

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto