JAGA KEINDAHAN DAN KESELAMATAN WARGA, DLH LAKUKAN PEMANGKASAN DAN PERAPIAN POHON

Pasaman Barat - Kawasansumbar.Com  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasaman Barat melakukan pemangkasan dan pembronggolan dahan pohon yang sudah menjulang tinggi dan mulai merimbun. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi saat musim angin dan demi keselamatan warga serta menjaga agar Kabupaten Pasaman Barat terlihat rapi dan bersih.

Kadis Lingkungan Hidup Armi Ningdel. S. Pd. MM  didampingi Kabid Kebersihan Dr(c) Farida Aini ,SE.MM  Kegiatan ini dilakukan di Jl. Raya Pasaman Barat simpang Ampek ke Simpang Badarejo  pada hari Minggu 12 Juni 2022 hingga saat ini masih dalam proses pengerjaan. Untuk itu dimohon untuk memaklumi apabila masyarakat Pasaman Barat Khusus nya di Kota Simpang Ampek  terganggu ketika melewati Jalan-jalan tersebut karena ada pengerjaan pemangkasan pohon sedang berlangsung.

Hal yang diharapkan dari pemangkasan pohon yang sudah menjulang tinggi adalah tumbuhnya tunas-tunas baru yang akan membuat pemandangan Kabupaten terlihat bersih dan rapi juga rindang karena masih terawatnya pohon-pohon di semua sudut Kabupaten Pasaman Barat

DLH Kabupaten Pasaman Barat terus melakukan perawatan dan pemangkasan pohon secara rutin. Bersinergi dengan Masyarakat dan forum lalu lintas untuk memantau dan melaporkan apabila ada ranting pohon atau dahan pohon yang menutupi rambu-rambu lalu lintas atau menutupi Penerangan Jalan Umum (PJU) kepada DLH, Perhubungan, Satpol PP petugas PLN setempat maka akan segera dilakukan eksekusi pemangkasan pohon apabila memenuhi kriteria dan syarat pemangkasan.

Dr(c) Farida Aini ,SE.MM  mengatakan Dinas Lingkungan Hidup sangat selektif dan sangat berhati-hati dalam memangkas pohon karena keberadaan pohon juga sangat penting bagi keberlangsungan lingkungan hidup sekitar. Disamping berfungsi sebagai penyimpan air bersih di dalam tanah pohon juga berfungsi sebagai pengkonversi zat Carbon (CO2) ke dalam Oksigen (O2) yang sangat di butuhkan oleh mahluk hidup, terutama manusia.

Kabupaten Pasaman Barat identik dengan udara yang sejuk, bersih dan segar. terbukti di tahun 2022 Index Standar Pencemaran Udara (ISPU) dengan nilai 92, 47 dengan Kategori Unggul, untuk itu perlu upaya dan kerja keras dalam mempertahankan dan menjaga kondisi udara di Kabupaten Pasaman Barat

Menurut Dr(c) Farida Aini ,SE.MM  selaku Kabid Kebersihan Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman Barat mengatakan bahwa perlu adanya upaya yang seimbang antara keselamatan warga masyarakat akibat pohon tumbang dan perlindungan pohon sebagai upaya untuk memperindah kawasan Kota juga sebagai fungsi pelestari lingkungan hidup, “Kita di Dinas Lingkungan Hidup sangat memperhatikan keberadaan pohon juga kami memperhatikan sebagai keindahan dan keselamatan warga masyarakat juga sangat kami pertimbangkan” ungkapnya.

Dr(c) Farida Aini ,SE.MM  juga mengajak Masyarakat dengan Pemerintahan secara bersama-sama untuk menjaga dan merawat pohon yang berada di Kabupaten Pasaman Barat sehingga tercipta suasana yang rapi, asri dan lesatri.

#Rajo alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto