Ketua Komisi III DPRD H. Nazwar.SH : Hari Lahir Pancasila momen tumbuhkan patriotisme kebangsaan

Pasaman Barat - Kawasansumbar.Com Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pasaman Barat H. Nazwar.SH menyatakan bahwa 1 Juni yang merupakan Hari Lahirnya Pancasila, menjadi momentum tumbuhnya patriotisme kebangsaan, mengingat betapa pentingnya pancasila sebagai dasar berbangsa dan bernegara.

"Saya mengajak seluruh komponen masyarakat, untuk merefleksikannya demi tercipta tatanan kenegaraan yang baik sekarang dan kedepannya," kata H. Nazwar.SH , Rabu.

Dia menuturkan, Hari Lahir Pancasila juga merupakan hari lahirnya sebuah dasar ideologi dan konstitusi bangsa yang wajib untuk diperingati serta direfleksikan sebagai penanda jiwa kebangsaan. Untuk itu, peranan sebagai anak bangsa, seperti pejabat bahkan penyelenggara pemerintahan, harus bisa menumbuhkan rasa patriotisme kebangsaan kepada para penerus, agar Pancasila tidak lekang dimakan perkembangan zaman yang kian berkembang selama ini.

Selain itu, sambung Kader terbaik Partai besar Demokrat di Kabupaten Pasaman Barat tersebut, para generasi penerus bangsa perlu ditanamkan pemahaman akan berartinya jiwa patriotisme. Sebab, hal itu, merupakan amanat dari para pendiri bangsa. Dimana kebangsaan dan jiwa negarawan serta cinta tanah air melalui Pancasila harus terus dijaga, sebab, Pancasila merupakan dasar-dasar kehidupan bangsa Indonesia.

"Tentunya Pancasila tidak datang dengan ide dan gagasan secara tiba-tiba, melainkan dengan proses serta perjuangan yang begitu panjang. Maka dari itu, hal ini menjadi sebuah tantangan bagi kita, bagaimana cara kita kembali meneruskan kepada para generasi selanjutnya," ucap Bang H. Nazwar. SH

H. Nazwar.SH yang juga Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang(DPC) Demokrat itu pun berharap, semakin ke depan tentunya semakin kuat desakan-desakan budaya asing yang dikemas melalui sebuah kepercayaan mencoba masuk ke Indonesia.

Dia mengatakan, sebagai generasi penerus sudah sepatutnya wajib menjaga dan melindungi budaya asli Indonesia., sehingga budaya yang telah diwariskan nenek moyang selama ini hilang begitu saja.

"Saya perlu ingatkan, Indonesia memiliki Ideologi Pancasila yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain. kendati beragam suku, dengan adanya ideologi Pancasila, Indonesia tetap bersatu. Tetap semangat dan jaya bangsaku," demikian H Nazwar

#Rajo alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto