Polsek Bayang dan IV Jurai Berikan Pendampingan Dalam Penggunaan Dana Desa. Salurkan Benih Padi dan Ikan

 


Pesisir Selatan, Kawasansumbar.com -- Polsek Bayang dan Polsek IV Jurai melalui Bhabinkamtibmas nya memonitoring penggunaan dana desa di wilayah hukumnya agar tepat guna sasaran. Selasa 07 Juni 2022.

Bhabinkamtibmas Polsek Bayang untuk 2 Nagari yakni Nagari Gurun Panjang dan Nagari Gurun Panjang Barat Aipda Mai Susmen membantu salurkan benih padi masing-masing masyarakat mendapatkan 2 kantong @5 Kg di Ken. Gurun Panjang Barat Kec. Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Sedangkan Bhabinkamtibmas Polsek IV Jurai untuk 2 Nagari yakni Nagari Lumpo dan Nagari Painan Selatan Aipda Julfandritos membantu salurkan bibit ikan nila di Ken. Painan Selatan Kec. IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.

Dengan berseragam dinas lengkap Bhabinkamtibmas ini turun ke kampung membantu Nagari binaannya bersama Wali Nagari melaksanakan kegiatan penyaluran benih padi dan bibit ikan nila untuk masyarakatnya bersama Babinsa dan Ketua Bamus serta pendamping desa.

Adapun kegiatan tersebut menggunakan anggaran Dana Desa dialokasikan senilai 20% guna Ketahanan Pangan dan Hewani sebagaimana diatur dalam Perpres 104 Tahun 2021 Tentang Rincian Anggaran Belanja Negara Tahun 2022 dan PMK Nomor 190/PMK.07/2021 Tentang Pengelolaan Dana Desa serta Permendes Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

Untuk 2 Kenagarian tersebut merupakan kegiatan ketahanan pangan dengan disalurkannya benih padi dan bibit ikan nila dengan sistem yang di kelola langsung oleh pemerintah nagari dengan melibatkan masyarakat nagari setempat.

Kedua Bhabinkamtibmas mengungkapkan, selain untuk membantu meringankan beban warganya, kegiatan tersebut sekaligus sebagai wujud nyata “Kepedulian Polri” terhadap masyarakat serta merupakan bentuk dukungan Polri dalam mewujudkan ketahanan pangan sekaligus bentuk membantu pengawasan penggunaan dana desa di nagarinya.

Selain itu, juga mengatakan bahwa hal ini untuk membantu para petani dan peternak binaan, kita mengupayakan serta mendorong bagi peternak di Nagari mudah – mudahan bisa menuju menjadi Kampung Tangguh” tegas Bhabinkamtibmas ini.

Kapolsek Bayang AKP Mohajreni Thamrin, SH, M.H dan Kapolsek IV Jurai AKP Hardi Yasmar, SH ditempat terpisah mengatakan, pihaknya selalu mendorong para Bhabinkamtibmasnya untuk selalu aktif dalam kegiatan di nagari-nagari binaannya.

“Kita berdayakan Bhabinkamtibmas untuk selalu monitor wilayah, sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal dan terwujudnya hubungan yang harmonis dengan keluargaan,” kata dia.

Sementara itu kedua Wali Nagari berujar, mengapresiasi kehadiran Bhabinkamtibmas di lokasi dan ikut membantu menyalurkan benih padi dan budidaya ikan lele ini.

“Senang dengan kehadiran Pak Bhabin, kami merasa lebih aman. Semoga bisa membantu terus hingga nanti panen,” ucap kedua Wali Nagari.

Bhabinkamtibmas selalu berupaya maksimal untuk memelihara kamtibmas dan mendorong kemajuan nagari-nagari binaannya, sesuai dengan Mottonya “VIGILANT QUIESCANT” (Kami Berjaga Sepanjang Waktu, Agar Masyarakat Tentram). 

Ria/Humas.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto