Dalam rangkaian kenduri swarnabhumi yang di gelar, ketua DPRD pariyanto ikut hadiri dan melepas rombongan kemenristekdikti dalam pembukaan Ekspedisi sejarah sungai batang hari

 


Dharmasraya, Kawasansumbar.com – Ketua DPRD Pariyanto,SH hadiri kegiatan Ekspedisi Sungai Batanghari yang diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Kemenristekdikti dalam rangkaian Kenduri Swanabhumi yang digelar di Pulau Punjung, Selasa, 12/07/2022.

Aliran sungai batang hari adalah bukti peradapan kerajaan besar melayu swarnabhumi yang mana luas kerajaan tersebut meliputi dari hulu hingga kehilir dan termasuk minangkabau ( pagaruyung).

Melalui kegiatan pamalayu tahun 2018 silam bukti sejarah tersebut telah di telusuri kembali dan dilanjutkan hari ini selasa (12/07/22) yang mana kegiatan ini di mulai dari dharmasraya hingga ke tanjung jabung timur jambi.


Kegiatan Ekspedisi Sungai Batanghari tersebut berlangsung mulai dari tanggal 12 s.d. 22 Juli 2022. Peserta dilepas oleh Direktur Ahmad Mahendra bersama Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE , yang membuka kegiatan tersebut di titik awal,tepatnya di bawah Jembatan Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, yang diikuti 50 orang peserta terdiri dari mahasiswa, peneliti dan komunitas. Peserta menyusuri Sungai Batanghari sampai ke titik satu Situs Candi Pulau Sawah dan titik dua Situs Candi Padang Roco untuk pendataan, inventarisasi, pemetaan ekosistem, serta pemantauan dan evaluasi perlindungan cagar budaya dan objek pemajuan kebudayaan.


Dan selanjutnya rombongan peserta melanjutkan kegiatan Observasi dan penggalian data ke Kerajaan Siguntur, Masjid Tua Siguntur dan Makam Raja-Raja Kerajaan Siguntur serta Istana Kerajaan Siguntur. 


Pariyanto:" Kita berharap dengan adanya kegiatan ekspedisi tersebut bisa memberikan manfaat bagi generasi muda berupa transfer pengetahuan dan juga bisa memberikan masukan terhadap perumusan kebijakan dalam upaya pelestarian warisan budaya kita nantinya , " ucap orang nomor satu di DPRD dharmasraya ini.


Pariyanto :"terima kasih saya ucapkan kepada pemerintah pusat melalui kemendikbuddikti melalui dirjendbud dan BPCB sumatera barat guna melanjutkan misi muhibah pamalayu hingga kini telah di beri nama expedisi peradapan sungai batang hari tambah politisi dan kadernya partai wong cilik moncong putih ini.


Pariyanto:Saya sangat senang dan bangga pada acara kali ini , expedisi peradapan sungai batang hari di ikuti oleh para akademis ini sangat bagus dan agar terpublikasi dan dapat menjadi kripsi mata kuliah atau bisa dijadikan manuskripsi tutup ketua wakil rakyat ini yang terkenal ramah dan dekat dengan masyarakat ini.


kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar ,turut dihadiri sejumlah pejabat tinggi Kemenristekdikti, yakni Direktur Perlindungan Kebudayaan, Irini Dewi Wanti, Direktur Perfilman, Musik dan Media Baru, Ahmad Mahendra, dan Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Yudi Wahyudi. Selain itu nampak hadir Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Syaifullah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Arif Budiman, Kepala BPCB Provinsi Sumatera Barat, Teguh Hidayat, Kepala BPCB Provinsi Jambi, Agus Widyanmoko, Forkopimda, Sekda, Asisten dan undangan lainnya.


 # dimitri robby piliang

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto