Datangi Pemkab Bogor,Bupati Safaruddin Targetkan Cetak para hafidz Al Quran di Limapuluh kota

Limapuluh Kota–kawasansumbar.com Ingin mencetak para hafidz Al Quran di Lima Puluh Kota, Bupati Safaruddin datangi Pemkab. Bogor terkait program Tahfidz Al Qur’an di daerah tersebut.

“Kita ingin menggali lebih dalam cara Kabupaten Bogor dengan program Tahfidz untuk mencetak 1.000 penghafal Al Qur’an. Makanya kita berkunjung kesana,” kata Bupati Safaruddin di Kantornya Rabu (15/06).

Safaruddin mengatakan, Lima Puluh Kota punya program penghafal Al Qur’an yang beririsan dengan Kabupaten Bogor. Dimana di Liko ada program pendirian satu rumah Tahfidz untuk satu Nagari.

“Program ini juga terintegrasi pada RPJMD kita 2021-2026. Artinya, sampai tahun 2026 nanti, di masing-masing Nagari berdiri satu rumah Tahfidz melalui dukungan program pemerintah,” ucapnya.

Dia menyebut, program yang beranjak dari keprihatinan pasangan SAFARI tersebut, terhadap semakin berkurangnya penghafal Al Qur’an atau terdapatnya buta aksara Al Qur’an di masyarakat Lima Puluh Kota.

“Alhamdulillah, program kita ini mendapat respon positif dari masyarakat. Maret 2022 lalu, saya bersama ustadz Abdul Somad mencanangkan pendirian Pondok Tahfidz al-Fattah di Kecamatan Guguak. Dan lahannya merupakan waqaf dari H. Herman Chan,” ujarnya.

Tak ayal, program satu nagari satu rumah Tahfidz dan swadaya masyarakat menuai pujian ustadz UAS.

“Kita bersyukur program Rumah Tahfidz ada pada visi dan misi Lima Puluh Kota. Kita mengimbau kepada dunsanak di perantauan, masyarakat Limapuluh Kota di seluruh Indonesia, mari bantu kampung halaman, waqaf kan tanah, buat sekolah Tahfidz Al Qur’an mudah-mudahan ada keberkahan dan mengalir pahalanya,” kata ustadz Somad waktu itu.

Lebih lanjut dia menggambarkan Kabupaten Bogor memang menelorkan beberapa landasan kebijakan untuk mendukung program 1.000 penghafal al Qur’an.

“Ini yang akan kita adopsi secepatnya di Program Rumah Tahfidz, pemberlakuan kurikulum keagamaan serta kontrol dan pengawasan pemerintah terhadap pelaksanaan Rumah Tahfidz,” ucapnya.

Pada intinya, kata Bupati Safaruddin, “Program Kab. Bogor mewujudkan 1.000 orang penghafal Al-Quran tentunya dapat dijadikan acuan demi mensukseskan upaya Pemkab. Lima Puluh Kota dalam mewujudkan satu Nagari satu rumah Tahfiz,” katanya.

Keterangan Bupati Safaruddin diapresiasi Sekdakab Bogor, dia mengungkapkan Pemkab. Bogor siap mendukung penuh Program Rumah Tahfidz Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Kabupaten Bogor membuka diri untuk kerja sama dengan Lima Puluh Kota, terkait program tahfiz Al Qur’an,” kata Burhanudin. 

#hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto