Bupati H. Hamsuardi Sambut Positif Kinerja DLH Soal Perawatan dan Pemangkasan Pohon Tua


KAWASANSUMBAR.COM

Pasaman Barat |  (sumbar) Hujan lebat dan angin kencang yang kerap melanda Kabupaten Pasaman Barat akhir-akhir ini membuat kekhawatiran sendiri bagi masyarakat terutama yang bertempat tinggal dekat dengan pohon tinggi dan lebat.

Sehingga banyak permintaan masyarakat yang meminta agar Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat melakukan pemangkasan pohon.

Menanggapi hal tersebut  Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi saat berkunjung ke Nagari Silaping  mengatakan ke Awak Media Kawasan Sumbar. Com bahwa memang sudah seharusnya dinas terkait untuk melakukan perawatan terhadap pohon-pohon yang ada di Pasaman Barat pasalnya pohon-pohon tersebut memang usianya sudah tua.

“Pohon-pohon kita ini yang sudah lumayan tua memang sudah seharusnya ada perawatan dari dinas terkait. Tentunya pihak dari Bidang Kebersihan dan Pertamanan mana ranting-ranting dahan yang harus dipangkas sehingga tidak membahayakan masyarakat,”ujar bupati

Kadis Lingkungan Hidup Armi Ningdel.S.Pd.MM Juga mengatakan bahwa pemangkasan pohon-phon tersebut sebaiknya segera dilakukan, sebab menurutnya di Kabupaten Pasaman Barat belum memiliki asuransi jika ada korban yang tertimpa pohon.

“Jadi itu memang harus cepat dilakukan untuk segera mendata kalau memang pohon-pohon tersebut harus dipangkas, agar segera dilakukan,”terangnya. 

Ditambahkan  Kabid kebersihan dan Pertamanan DR(c)Farida Aini.SE.MM bahwa melihat kondisi alam saat ini yang berada pada musim hujan yang disertai angin kencang, hal tersebut memang mengancam keselamatan masyarakat terutama pengguna jalan.

“Karena dengan kondisi alam sekarang yang musim hujan deras dan angin yang kencang itu yang harus kita waspadai terhadap keamanan masyarakat terutama pengguna jalan,”tambah DR(c)Farida Aini.SE.MM

Sebelumnya Armi Ningdel. S. Pd. MM Kepala DLH Pasaman Barat mengatakan "Kami banyak mendapatkan permintaan dari warga untuk memangkas pohon. Terutama pohon yang sudah sangat rindang,berusia tua dan berada dipinggir jalan,"ujarnya.

Dikatakannya bahwa warga meminta DLH memotong atau hanya sekedar memangkas beberapa pohon yang dikhawatirkan bisa tumbang saat hujan dan angin kencang.

"Apalagi sekarangkan sering turun hujan dan angin deras,"terangnya.

Sambung  DR(c)Farida Aini.SE.MM bahwa sudah ada sekitar 20an pohon yang akan dipangkas. Pohon tersebut tersebar di beberapa kawasan salah satunya  di Kecamatan Ranah Batahan khusus nya di Kabupaten Pasaman Barat. Sebagian besar merupakan pohon yang sudah tua,tinggi dan rimbun.Jum'at 2 September 2022

"Kita bahkan sudah ada jadwalnya. Berurutan setiap hari tim kita turun untuk melakukan pemangkasan pohon. Jadwalnya Kamis sampai Jum'at  September 2022. Jadi kita kejar untuk melakukan pemangkasan terutama saat musim hujan "terangnya.

DR(c)Farida Aini.SE.MM mengatakan dalam satu hari, timnya bisa melakukan pemotongan di satu atau dua lokasi. Namun ada juga yang satu pohon yang membutuhkan waktu pemotongan hingga dua hari. Ini tergantung dari ukuran dan lokasi pohon.

"Pemangkasan ini juga akan dlakukan secara berkala,"terangnya.

#Rajo alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto