dr Frista Maulina, Dokter Puskesmas Teladan Terbaik Ketiga di Sumbar



Padang, Kawasansumbar.com - Seorang dokter asal Kota Padang, dr Frista Maulina menyabet predikat dokter puskesmas teladan terbaik ketiga di Sumatera Barat. Dokter yang sehari-hari bertugas di Puskesmas Ambacang, Padang itu meraih penghargaan berkat inovasi yang diciptakannya untuk pelayanan kepada masyarakat. 


"Alhamdulillah, awalnya tidak menyangka bisa meraih penghargaan ini," kata dr Frista Maulina, Senin (28/11/2022). 


Penghargaan peringkat ketiga terbaik diserahkan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah pada saat puncak Hari Kesehatan Nasional  (HKN) Tingkat Sumatera Barat, 14 November 2022 lalu. Dr Frista Maulina merasa senang atas penghargaan yang diraihnya. 


"Terimakasih tak terhingga kepada seluruh pihak, kepala dinas, kepala puskesmas, dan lainnya. Penghargaan yang diraih berkat dukungan semua pihak," kata dr Frista Maulina. 


Dokter teladan itu meraih penghargaan setelah menciptakan aplikasi bagi warga. Aplikasi yang disebut "Sahabat Ambacang" merupakan aplikasi 'whatsapp auto reply'. Pengguna aplikasi dapat menanyakan langsung masalah kesehatan dan dijawab secara otomatis. Aplikasi itu diciptakannya saat pandemi Covid-19 melanda. 


Dikatakan dr Frista Maulina, aplikasi "Sahabat Ambacang" dibuat sebagai metode pelayanan kesehatan yang "baru" bagi masyarakat untuk tetap dekat dengan layanan puskesmas, di manapun dan kapanpun. Dalam layanan "Sahabat Ambacang", masyarakat bisa mendapatkan edukasi kesehatan, skrining kesehatan secara mandiri, pemantauan kesehatan pada penderita hipertensi dan diabetes serta berbagai informasi kesehatan dan informasi kegiatan puskesmas lainnya.


"Aplikasi dibuat untuk membantu masyarakat. Karena kita melihat pada saat pandemi lalu warga takut ke puskesmas, maka untuk memastikan pelayanan tetap berjalan dan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dapat berlanjut, kita mencetuskan ide membuat aplikasi tersebut," ungkap dokter yang akrab disapa Tata itu. 


Dokter kelahiran Pasar Ambacang, Padang tersebut sebelumnya meraih predikat dokter teladan terbaik pertama tingkat Kota Padang tahun 2022. Berkat capaian prestasi itu, dr Frista Maulina melaju ke penilaian tingkat provinsi. Di tingkat Sumbar, dokter tersebut meraih predikat terbaik ketiga. 


Capaian prestasi yang diraih dr Frista Maulina mendapat atensi dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr Srikurnia Yati. Menurutnya, prestasi yang diraih merupakan bukti dari kerja keras dan pengabdian dalam memberikan layanan kesehatan. 


"Semua itu berkat tekad, disiplin dan pengabdian dalam melayani masyarakat," ungkap kadiskes. 


Kadiskes Padang mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih dr Frista Maulina. Dirinya berharap, prestasi yang diraih akan dapat memantik semangat tenaga kesehatan lainnya untuk turut berprestasi. 


"Semoga menjadi penyemangat bagi tenaga kesehatan lainnya, sehingga lebih berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," cakap Kadiskes Kota Padang itu.

Humas

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto