Keterbatasan Fisik, Edi Tetap Semangat Menghidupi Keluarga dari Hasil Pijat


Kawasansumbar.com -- MESKI memiliki keterbatasan fisik, tidak menyurutkan niat Edison (55) untuk membuka usaha pijat, yang diberi nama Pijat Tunanetra Edi. Layanan ini berlokasi di Bancalaweh, depan Masjid Ilham.


Sebelum bermasalah dengan matanya, Edison adalah seorang sopir angkot. Namun akibat katarak yang dideritanya, membuat penglihatannya hilang dan tak  bisa melanjutkan pekerjaan lamanya itu.


Namun itu tidak menyurutkan semangat Edison untuk melanjutkan kehidupannya. Mulai 2014, ia belajar memijat dari kakaknya di Kota Payakumbuh. Begitu ia bisa memijat, pada 2015 ia merantau ke Padang Panjang bersama istri dan anak-anaknya.


"Awal-awalnya memang belum ada pelanggan yang tahu. Namun berkat penyampaian dari mulut ke mulut, akhirnya ada beberapa pelanggan. Kebanyakan mereka sudah menjadi pelanggan tetap sampai saat ini," ceritanya kepada Kominfo, Ahad (20/11).


Edison dikarunia tiga orang anak. Dua anaknya sudah tidak sekolah lagi. Yang pertama sudah tamat dan yang kedua tidak melanjutkan sekolahnya. Anak yang kecil saat ini belajara di Taman Kanak-Kanak.


Disebutkan Edison, kadang istrinya berjualan lontong, namun kurang laris. Praktis hanya dirinya sendiri yang jadi tulang punggung keluarga. Namun dari praktik pijatnya, ia bisa memenuhi kebutuhan keluarganya.


Dari pelanggannya, paling besar ia menerima Rp50 ribu, paling sedikit Rp30 ribu untuk upah pijatan. Kadang-kadang ada juga yang hanya mengucapkan terima kasih karena pelanggannya tidak punya uang. Ia tetap menerima berapapun diberikan pelanggannya.


Sebelum Covid-19 melanda, Edison bisa memijat pelanggan dalam sehari 10 orang. Namun semenjak pagebluk melanda, ia hanya kedatangan pelanggan paling banyak tiga orang sehari, kadang dua orang. Tapi itu tidak menyurutkan tekadnya untuk tetap bertahan hingga saat ini.


"Alhamduliah melalui upah yang saya dapatkan ini saya bisa menghidupi keluarga," katanya.


Jika ada yang ingin dipijat, lata Edi, bisa menghubungi nomor 085363357534. Ia juga bisa dijemput apabila ada yang ingin dipijat di rumah. 

Risa//hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto