Sarikat Parsahutan Dos Ni Roha menyelenggarakan Pentas Seni Budaya Batak bertajuk Semalam di Bona Pasogit



Sawahlunto, Kawasansumbar.com -- Perkumpulan masyarakat Batak di Kota Sawahlunto atau Sarikat Parsahutan Dos Ni Roha menyelenggarakan Pentas Seni Budaya Batak bertajuk Semalam di Bona Pasogit, di Lapangan Segitiga, pada Sabtu 19 November 2022. 


Berbagai penampilan meriahkan pentas seni Batak itu, antara lain dari Trio De Boys (Medan), Gondang Batak, Trio Bhayangkara Polres Sawahlunto, Trio Resima, Tarian Tor Tor dan Solo Song.


Beberapa penampilan seni itu pun juga dipertunjukkan oleh anak-anak, yang memperlihatkan generasi muda di Sawahlunto telah turut mempelajari seni budaya Batak.


Ketua Perkumpulan Batak Kota Sawahlunto Hutagaol mengatakan pihaknya menggelar pentas seni itu bertujuan untuk mengenalkan seni budaya Batak kepada sesama masyarakat yang berasal dari Batak di Sawahlunto maupun kepada masyarakat umum.


"Budaya harus tetap kita lestarikan, maka ini menjadi salah satu cara kami masyarakat Batak Sawahlunto dalam melestarikan dan mempromosikan budaya," kata Hutagaol.


Disampaikan Hutagaol, sekaligus pentas seni itu dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Jadi Kota Sawahlunto ke-134. 


Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Perkumpulan Masyarakat Batak Sawahlunto atas acara pentas seni tersebut.


"Terima kasih banyak, ini peran dan kontribusi dari saudara-saudara kita yang berasal dari Batak dalam memperkaya keberagaman budaya (multikuktural) di Sawahlunto. Terima kasih juga selama ini terus menjaga kehidupan yang harmonis dalam berbaur dengan berbagai suku yang ada di Sawahlunto," kata Wali Kota Deri Asta.


Pemko Sawahlunto, kata Wali Kota Deri terus mendukung dan bersinergi dengan masyarakat Batak Sawahlunto untuk bersama-sama membangun kota dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.


Turut menghadiri pentas seni dari masyarakat Batak Sawahlunto itu Wakil Wali Kota Zohirin Sayuti, Sekretaris Daerah Dr.dr. Ambun Kadri,MKM, Wakil Ketua DPRD Jaswandi dan Elfia Rita Dewi, General Manager PT. Bukit Asam Pertambangan Ombilin Yulfaizon, dan sejumlah tamu undangan lainnya. 

Ria/hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto