SMAN 1 Payakumbuh Lakukan Berbagai Inovasi Dalam Memenuhi Tuntutan Akan Kualitas Pendidikan



Payakumbuh, Kawasansumbar.com  - SMAN 1 Payakumbuh yang terletak di Tiakar kecamatan Payakumbuh Timur merupakan sebuah sekolah tertua di kota Payakumbuh. Sekolah yang berdiri sejak  tahun 1955 sampai saat ini telah banyak melahirkan lulusan-lulusan yang sukses berkiprah di segala bidang. 


Berdasarkan kebijakan pendidikan nasional serta keinginan dan tuntutan masyarakat terhadap kualitas pendidikan dari sebuah sekolah maka hal itu tidak terlepas dari manajemen sekolah yang efektif dan efisien. Dalam hal SMAN 1 Payakumbuh telah berusaha dengan berbagai upaya dalam memenuhi tuntutan ini.




Dalam wawancaranya dengan awak media kepala SMAN 1 Payakumbuh Drs. Erwin Satriadi, M.Pd mengatakan, SMAN 1 Payakumbuh merupakan salah satu sekolah unggulan tingkat nasional. Sungguh tidak mudah untuk mencapai prestasi seperti itu, namun lebih sulit untuk mempertahankannya. 


“Dibutuhkan kerja sama yang solid dan partisipasi dari semua pihak yang berkepentingan demi kemajuan SMAN 1 Payakumbuh, seperti siswa, guru, pegawai, orang tua, komite sekolah, alumni, masyarakat sekitar, pemerhati masalah pendidikan, dan pemerintah”, terangnya.




Kepala SMAN 1 Payakumbuh ini membeberkan prestasi yang telah diraih oleh sekolah ini pada tahun 2022 diantaranya sebagai juara pada 8 cabang di iven OSN tingkat kota. Juara 1 dan 3 tunggal remaja putra di Kejurprov Bulutangkis. Peraih medali emas pada FOP (Festival Olah Raga Pendidikan) tingkat provinsi. Delegasi NSD yang meraih 8 besar Debater Bahasa Inggris tingkat nasional. 


Lebih jauh Erwin Satriadi mengungkapkan beberapa inovasi yang telah dilaksanakan selama tahun 2022 diantaranya, dibentuknya dua program pilihan di kelas X. Kelas Digital dan kelas Tahfidz, kelas digital menerapkan pembelajaran digital dengan sarana prasarana penunjang pembelajaran berbasis digital. SDM di kelas digital juga terus dikembangkan untuk melaksanakan pembelajaran berbasis digital. Sedangkan kelas tahfidz khusus disiapkan bagi penghafal Al Quran. 




“Sistem penerimaannya sama dengan sistem zonasi, namun setelah siswa pasti diterima maka akan diberikan angket pilihan kelas dan dilanjutkan wawancara dengan orang tua. Untuk kelas tahfidz setiap hari Rabu dan Kamis tiga jam pertama akan diberikan pembimbingan oleh ustad/narasumber yang kompeten di bidangnya. Untuk hafalan siswa akan di cek setiap hari oleh guru pembimbing tahfidz. Rata-rata siswa di kelas ini minimal hafal dua juz Al Quran. Bahkan ada yang sudah hafal 30 juz. Secara periodik akan diadakan lomba tingkat sekolah dan provinsi”, kupasnya.


SMAN 1 Payakumbuh merupakan salah satu sekolah unggulan tingkat nasional. Sungguh tidak mudah untuk mencapai prestasi seperti itu, namun lebih sulit untuk mempertahankannya. Dibutuhkan kerja sama yang solid dari semua pihak yang berkepentingan demi kemajuan SMAN 1 Payakumbuh, seperti siswa, guru, pegawai, orang tua, komite sekolah, alumni, masyarakat sekitar, pemerhati masalah pendidikan, dan pemerintah.



Tiga tahun terakhir requitmen siswa melalui program zonasi untuk menampung inspirasi masyarakat Tiakar dan sekitarnya ternyata berhasil terpenuhi. Demikian pula halnya dengan out put berupa lulusan yang telah berhasil meraih prestasi terbaik. Berikut jumlah peserta didik SMAN 1 Payakumbuh 


DATA SISWA SMA NEGERI 1 PAYAKUMBUH TP. 2022  2023




Beberapa inovasi yang telah dilaksanakan selama tahun 2022 diantaranya, dibentuknya dua program pilihan di kelas X. Kelas digital dan kelas tahfidz, kelas digital menerapkan pembelajaran digital dengan sarana prasarana penunjang pembelajaran berbasis digital. SDM di kelas digital juga terus dikembangkan untuk melaksanakan pembelajaran berbasis digital. Sedangkan kelas tahfidz khusus disiapkan bagi penghafal Al Quran. 

Sistem penerimaannya sama dengan sistem zonasi, namun setelah siswa pasti diterima maka akan diberikan angket pilihan kelas dan dilanjutkan wawancara dengan orang tua. Untuk kelas tahfidz setiap hari Rabu dan Kamis tiga jam pertama akan diberikan pembimbingan oleh ustad/narasumber yang kompeten di bidangnya. 

Untuk hafalan siswa akan di cek setiap hari oleh guru pembimbing tahfidz. Rata-rata siswa di kelas ini minimal hafal dua juz Al Quran. Bahkan ada yang sudah hafal 30 juz. Secara periodic akan diadakan lomba tingkat sekolah dan provinsi. Pembelajaran di kelas ini lebih menekankan pada hafalan Al Quran. 



 Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan diluar jam sekolah yang tercantum dalam susunan program. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan wadah penyaluran bakat dan minat siswa dalam bidang olah raga, seni dan keterampilan. Siswa diharuskan memilih salah satu jenis ekstrakurikuler yang disenangi.



STANDAR PEMBIAYAAN SMAN I PAYAKUMBUH
Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar ,dengan indicator :
Anggaran sekolah dirumuskan merujuk peraturan pemerintah, pemerintahan propinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota.
Perumusan RAPBS/RKAS melibatkan Komite Sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan.
Penyusunan keuangan sekolah dilakukan secara transparan, efisien, dan akuntabel.
Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.   
SMAN 1 Payakumbuh melaksanakan beban berkeadilan, tidak semua siswa membayar penuh terhadap semua biaya pendidikan tergantung kepada kemampuan orang tua. Sesuai dengan amanat undang-undang, bahwa sekolah memfasilitasi 20% dari siswa kurang mampu mendapat keringanan biaya.

DAFTAR PRESTASI SISWA SMAN 1 PAYAKUMBUH
BIDANG AKADEMIK DAN NON AKADEMIK
TAHUN 2020 – 2022 









PENDIDIKAN SISWA BERKARAKTER







PERESMIAN SANGGAR TARI UMBUIK MUDO SEBAGAI SALAH SATU FASILITAS PENYALURAN BAKAT SENI SISWA SMAN 1 PAYAKUMBUH OLEH BAPAK KACABDIN WILAYAH IV








PERAIH MEDALI EMAS PADA LOMBA FOP TINGKAT PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2022


SEBAGAI 8 BESAR DEBATER BAHASA INGGRIS


SEBAGAI 16 BESAR DEBATER BAHASA INDONESIA


PEMBAWA BENDERA MERAH PUTIH PADA UPACARA KENEGARAAN TINGKAT PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2022


PEMENANG OSN TINGKAT KOTA PAYAKUMBUH




“Alhamdulillah dengan dukungan kita bersama, siswa SMAN 1 Payakumbuh berhasil meraih prestasi sebagai juara umum Lomba Tahfidz tingkat provinsi Sumatera Barat  dengan perolehan juara 1 dan  2 putra serta juara 1 dan 3 putri. Semoga prestasi prestasi yang telah diraih ini tetap dapat dipertahankan dan kita harapkan juga para siswa berprestasi di bidang yang lainnya”, pungkas Erwin Satriadi. 

#Dendi



Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto