TERKAIT PERNYATAAN WALI NAGARI SOAL KAPUS DANGUANG-DANGUANG Camat Muftil Wahyudi: Tugas Walinagari Bukan Buat Kegaduhan, Tapi Mengatasi Kegaduhan


LIMAPULUH KOTA, Kawasansumbar.com  - Pernyataan Yosrizal selaku Wali Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota yang terkesan menyerang pribadi dan lembaga Puskesmas Danguang Danguang yang dipimpin Lely Ekarita, S.ST, dikecam keras oleh Camat Guguak, Drs. Muftil Wahyudi. 


Menurut Muftil Wahyudi, tidak sepantasnya seorang Walinagari membuat kegaduhan. Justru sebagai Walinagari dia harus mengatasi kegaduhan, bukan sebaliknya malah membuat kisruh di tengah masyarakat.


“ Sebagai Walinagari, sikap Yosrizal yang mengeluar pernyataan di media  yang terkesan menyerang pribadi Kepela Puskesmas Lely Ekarita dan lembaga Puskesmas Danguang-danguang sangatlah tidak etis,” ujar Muftil Wahyudi. 


Diakui Muftil Wahyudi, sebagai Camat yang menjadi atasan Wali Nagari, Walinagari Guguak VIII Koto, Yosrizal tidak pernah memberikan laporan kepadanya bahwa telah terjadi keresahan ditengah masyarakat Nagari Guguak VIII Koto terkait kepemimpinan dan kinerja Puskesmas  Danguang Danguang yang dipimpin Lely Ekarita, S.ST.


“ Jadi, terkait pernyataan Wali Nagari Guguak VIII Koto Yosrizal, yang membuat kekisruhan di tengah masyarakat, terutama dikalangan masyarakat Nagari Guguak VII Koto dengan mengeluarkan statemen di media yang telah menyerang kepemimpinan Kepala Puskesmas Danguang- danguang Lely Ekarita, sangat saya sayangkan,” ulas Muftil Wahyudi.


Menurut Muftil Wahyudi, sebagai Kapus Danguang-danguang, tentu Lely Ekarita punya SOP sendiri  yang harus ditaati dan jalankannya, sehingga perlu dengan bijak untuk memahami dan menyikapi. 


“ Terkait pernyataan Wali Nagari Guguak VIII Koto, Yosrizal, yang telah menyerang pribadi Kapus Danguang-danguang yang menuding kinerjanya dan pelayanannya tidak bagus, sehingga Walinagari bersama Kepala Jorong melayangkan surat ke DPRD dengan tujuan agar Kapus Danguang-danguang Lely Ekarita dipecat. Soal ini perlu diklarifikaksi terlebih dahulu kepada yang bersangkutan,” pungkas Muftil Wahyudi.

PELAYANAN PUSKESMAS SANGAT BAIK

Terkait adanya tudingan Wali Nagari Guguak VIII Koto, Yosrizal, yang telah menyerang pribadi Kapus Danguang-danguang Lely Ekarita yang dituding kinerja dan pelayanan Puskesmas yang dipimpinnya tidak bagus, mendapat penilaian berbeda dari Walinagari, Sungai Talang, Dian David.


“Menanggapi hal kekisruhan ataupun statemen Wali Nagari Guguak VIII Koto, Yosrizal, karena saya tidak begitu memahami permasalahan yang sebenarnya, itu di luar kontek saya. Tapi kalau perihal Puskesmas Danguang-danguang atas pelayanannya selama ini sangat baik. Kepala Puskesmas Danguang-danguang Lely Ekarita orangnya bersahaya, dekat dengan masyarakat, selain baik kinerjanya sangat bagus 

” ujar Dian David.


Menurut Dian David, sama-sama diketahui bahwa wilayah kerja Puskesmas Danguang-danguang mencakupi 4 Nagari. Untuk itu memang sangat perlu penambahan Puskesmas, supaya bisa lebih optimal dalam pelayanan terhadap masyarakat.


Sementara itu Walinagari Simpang Sugiran dan Walinagari Kubang yang diminta komentarnya terkait Pernyataan Yosrizal selaku Wali Nagari Guguak VIII Koto, yang terkesan menyerang pribadi dan lembaga Puskesmas Danguang Danguang yang dipimpin Lely Ekarita, S.ST, tidak mau berkomentar.


“ Saya No Coment,” ujar Walinagari Kubang Heri Nelson.

SEDANG DITANGANI PENYIDIK

Sekadar diketahui, penyerangan terhadap nama baik lembaga Puskesmas Danguang-danguang dan pribadi Lely Ekarita selaku Kepala Puskesmas yang dibeberkan disejumlah media online sudah sampai ke tangan penyidik Polres 50 Kota.


Secara resmi Lely Ekarina telah melaporkan tiga orang oknum wartawan yang melakukan dugaan pemerasan dan pencemaran nama baik ke Polres Limapuluh Kota.


Melalui Surat Pemberitahuan Pengembangan Hasil Penyelidikan yang dilayangkan penyidik Polres 50 Kota kepada Lely Ekarita, pihak penyidik menyatakan akan melakukan penyelidikan terkait laporan pengaduan tersebut.


Kapolres 50 Kota melalui Kasat Reskrim AKP Elvis Sosilo, SH, yang dikonfirmasi media ini, membenarkan bahwa pihaknya telah menerima laporan dugaan pemerasan dan pencemaran nama baik seperti yang dilaporkan Kapus Danguang-danguang, Lely Ekarita.


“ Ya, laporan dugaan pemerasan dan pencemaran nama baik yang diadukan Lely Ekarita itu sedang dilakukan penyelidikan,” pungkas AKP Elvis Sosilo.

Dendi

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto