Wakil Ketua DPRD H. Daliyus. K dampingi Bupati H. Hamsuardi dlm rangka pelatihan peningkatan kapasitas kepemudaan se-Kabupaten Pasaman Barat


KAWASANSUMBAR.COM

Pasaman Barat | (sumbar) Sebanyak 235 orang pemuda dari 11 kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat,  pelatihan peningkatan kapasitas kepemudaan se-Kabupaten Pasaman Barat, di Aula Kampus Yaptip Pasbar, Jumat (23/12). Pelatihan kepemudaan tersebut bersumber dari Dana Pokok Pikiran (Pokir) Wakil Ketua DPRD Pasbar Daliyus K yang terletak di Dinas Pemuda dan Olahraga. 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Pasaman Barat Media Fitra, serta narasumber yang berasal dari akademisi.

Bupati Hamsuardi dalam sambutannya mengatakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas kepemudaan dapat menjadikan pemuda dan pemudi serta organisasi kepemudaan aktif ditengah masyarakat, dan menyentuh semua kalangan pemuda secara optimal di berbagai bidang. 

"Peranan berbagai pihak sangat dibutuhkan. Dalam hal ini bentuk dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat yang salah satunya adalah dengan mengadakan pelatihan," kata Hamsuardi.

Dikatakannya, kegiatan yang terdapat pada Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaaan dan Olahraga Pasaman Barat tahun anggaran 2022 antara lain yaitu Kegiatan Pelatihan Paskibraka, Pemilihan Pemuda Pelopor, yang meliputi bidang agama, pendidikan, inovasi teknologi, sosial, lingkungan hidup dan pangan, serata Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemuda.

"Organisasi kepemudaan dapat memberikan kontribusi pada upaya menciptakan kondisi masyarakat yang aman. Diharapkan tidak adanya kenakalan remaja dan pergaulan bebas serta penyakit sosial lainnya yang akan tereduksi," terangnya.

Sehubungan dengan permasalahan tersebut, bupati menghimbau agar pemuda perlu diberdayakan sehingga mampu meningkatkan eksistensinya yang berdaya guna dan berhasil guna serta menghasilkan generasi pembangunan untuk Kabupaten Pasaman Barat. Dalam satu sisi pemuda dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan masyarakat. 

"Namun di sisi lain mereka akan menjadi beban masyarakat ketika mereka jusru tidak memberdayakan dirinya dan menjadi pengangguran," katanya.

Sehingga upaya memberikan penyadaran akan perannya dalam membangun masyarakat sangat diperlukan, lanjut Hamsuardi.

"Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu menumbuhkan kreatifitas pemuda dalam membuat program kerja sebagai bentuk keberdayaan pemuda dalam membangun daerahnya terutama di tingkat kejorongan dan nagari-nagari yang ada di Pasaman Barat ini," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Pasaman Barat H. Daliyus K menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan kepada tingginya perhatian pemerintah kepada peran pemuda. Melalui kegiatan tersebut pemuda diharapkan bisa menjadi ujung tombak dalam pembangunan.

"Pemuda itu calon pemimpin masa depan, pemuda itu pengusaha di masa depan. Tentunya semua itu harus kita siapkan mulai dari sekarang," tegas Daliyus K.

#Rajo alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto