POSYANDU TERINTEGRASI DIPOSYANDU MATAHARI

 TabekKawasanSumbar.com -- POSYANDU TERINTEGRASI DIPOSYANDU MATAHARI.
Posyandu Terintegrasi adalah kegiatan pelayanan sosial dasar keluarga dalam aspek pemantauan tumbuh-kembang anak yang pelaksanaannya dilakukan secara koordinatif dan terintegrasi serta saling memperkuat antar program. Adanya Posyandu Terintegrasi ini akan semakin mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Dalam upaya mewujudkan sinergitas posyandu terintegrasi di seluruh Wilayah Kerja UPT Puskesmas Timpeh, UPT Puskesmas Timpeh Bekerjasama dengan Lintas Sektoral (Pemerintah Nagari Tabek) Melaksanakan Kegiatan Posyandu Terintegrasi di Posyandu Matahari Nagari Tabek. Kegiatan ini meliputi penimbangan, pemberian vitamin A, pemberian obat cacing, imunisasi rutin, senam prolanis, kelas ibu balita, pemeriksaan PTM dan posyandu lansia. Selain itu Dalam Rangka Memperingati Hari Gizi Nasional ke 63 Puskesmas Timpeh bersama Kader Posyandu mengadakan kegiatan Demo "Isi Piringku" dengan tema Protein hewani cegah stunting, yang Melaksanakan Demo adalah Kader Posyandu Heni.

Secara umum, "Isi Piringku" menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein (Hewani dan Nabati). Kampanye "Isi Piringku" juga menekankan untuk membatasi gula, garam, dan lemak dalam konsumsi sehari-hari.

Hadir sebagai narasumber Ibu Febriyeni Eka Putri Subkoordinator Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, ia menjelaskan bahwa prioritas pembangunan kesehatan adalah penurunan AKI dan AKB (Kesehatan Ibu dan Anak termasuk imunisasi), perbaikan gizi khususnya stunting. 

Kemudian Hidayat (Sekretaris Nagari) Menjelaskan Kegiatan Posyandu Terintegrasi ini Sangat Penting terutama dalam Mencegah Stunting di Nagari Tabek, Hidayat berharap tentu kerjasama yang baik pihak nagari dan puskesmas akan membantu menekan angka Stunting di Nagari Tabek khususnya, Karena dari Dana Desa pun sudah dianggarkan untuk mencegah Stunting dengan pemberian Makanan Tambahan, Kurang lebih 400jt dana Desa yang di anggarkan untuk Kesehatan di Nagari Tabek termasuk pembuatan gedung Posyandu lanjut Hidayat.

Dalam Kegiatan tersebut hadir KA TU Puskesmas Timpeh Mewakili Kepala UPT Puskesmas Timpeh Beserta Bidan Wilayah dan Ibu Ketua PKK Nagari Tabek.
Mudah-mudahan posyandu terintegrasi ini berjalan rutin setiap bulannya, Terimakasih kepada seluruh pihak yang turun membantu dalam kelancaran acara ini.
(promkeshcTimpeh/HS)
Dayat.
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto