JELANG RAMADHAN, DINAS PANGAN SUMBAR TURUNKAN TIM TERPADU PENGAWASAN PANGAN

JELANG RAMADHAN, DINAS PANGAN SUMBAR TURUNKAN TIM TERPADU PENGAWASAN PANGAN. Dharmasraya, KAWASAN SUMBAR COM -- Guna melakukan pemantauan, montoring dan sekaligus edukasi kepada pedagang serta penjual pangan/bahan pangan di pasar tradisonal, pada Jum'at pagi (17/3/2023) Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat menurunkan tim pengawasan keamanan pangan bersama tim Kesehatan Masyarakat Veteriner (KESMAVET) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Suametara Barat, tim Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya dan Dinas Pertanian kabupaten, untuk melakukan pengawasan keamanan pangan wilayah Kabupaten Dharmasraya. 

Dimana pengawasan kali ini dilakukan di pasar Sungai rumbai terhadap bahan pangan asal hewan (daging), dalam rangka memastikan masyarakat mendapatkan daging yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).
Pengawasan keamanan pangan merupakan sebuah upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi.

Sebagai sebuah daerah perbatasan, dan merupakan pintu masuk wilayah Sumatera Barat bagian selatan, tentu peningkatan pengawasan terhadap peredaran pangan dan bahan pangan, perlu terus dilakukan dan bahkan kedepannya lebih ditingkatkan lagi. Apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan akan segera tiba, dimana umat muslim melakukan ibadah puasa, dan seperti biasanya disetiap sudut-sudut wilayah tidak hanya terbatas di pasar tradional maupun warung dan mini market, banyak menyediakan makanan berbuka puasa (takjil).
Hal ini tentunya perlu pengawasan secara bersama, dalam menjaga keamanan pangan yang diperjual belikan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. Sehingga intensitas pelaksanaan pengawasan keamanan pangan perlu ditingkatkan terutama pada momen ramadhan ini dan hari-hari besar tertentu lainnya.

SC/ hms
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto