Pemerintah Kota Payakumbuh Gelar FGD Persiapan Penilaian PPD Tingkat Nasional Tahun 2023.


 Payakumbuh | (sumbar) Dalam rangka persiapan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahap III tingkat Nasional, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Forum discusion Group (FGD) yang bertempat di Aula Ngalau Indah Kantor Wali Kota Payakumbuh, Minggu (26/3/2023). 

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda didampingi Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, Asisten III Setdako Payakumbuh Ifon Satria Chan, Kepala Bapeda Kota Payakumbuh Yasrizal serta dihadiri oleh Kepala OPD, Camat, Lurah, Perwakilan dari LKAAM, perwakilan dari Komisi A, Komisi B dan Komisi C DPRD Kota Payakumbuh dan Tokoh Masyarakat. 

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan usai mengikuti tahapan presentasi dan wawancara di hadapan Tim Kementerian PPN/Bappenas, Kota Payakumbuh berhasil masuk sepuluh besar tingkat nasional PPD 2023.

PPD merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan Kementerian PPN/Bappenas. Di mana pada tahap kedua pada 14 Maret 2023, Kita telah mempresentasikan program unggulan yang ada di Kota Payakumbuh. 

“Masuknya kita sepuluh besar berarti kita lanjut ke tahap ketiga yaitu verifikasi lapangan. Diharapkan dengan pertemuan kita kali ini, kita dapat berkoordinasi dan OPD terkait mempersiapkan baik bahan dan persiapan penilaian lapangan, objek yang ditinjau dan paparan program," Ujar Rida

Adapun aspek capaian yang akan dinilai pada Tahap III Verifikasi Kota Payakumbuh :

1. Pertumbuhan Ekonomi

2. Tingkat pengangguran terbuka dan jumlah penganggur

3. Kemiskinan

4. Indeks pembngunan manusia

5. Ketpamgan antar kelompok pendapatan

6. Pelayanan publik

7. Keamanan dan ketertiban

8. Pengelolaan keuangan

9. Transparansi dan akuntabilitas

10. Capaian pembangunan fisik

Penilaian PPD ini mengevaluasi 4 hal, (pencapaian pembangunan dengan bobot penilaian 30%, kualitas dokumen perencanaan dengan bobot 30%, proses penyusunan dokumen perencanaan bobot 20% dan inovasi daerah dengan bobot penilaian 20%) aspek 9 kriteria dan 22 indikator pengukuran kinerja pembangunan daerah secara Nasional.

"Kita sudah sukses melalui 2 tahapan di tingkat Nasional. Mari kita persiapkan segala sesuatunya untuk penilaian tahap akhir, Semoga sukses juga melalui tahapan yang terakhir dan membawa piala yang tentunya mengharumkan nama Provinsi Sumatera Barat dan Kota Payakumbuh di kancah Nasional," Harap Rida 

#humas

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto