Bupati Hamsuardi Agendakan Safari Ramadhan Khusus di Masjid Istiqomah Lubuk Gadang Koto Balingka


 KAWASANSUMBAR.COM

Pasaman Barat | (sumbar) Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Hendra Putra, Asisten, Staf Ahli,Kepala BPKD Maibonni dan Kepala OPD lainnya, Camat Koto Balingka, dan stakeholder terkait menghadiri Safari Ramadhan yang telah diagendakan sebagai Safari Ramadhan Khusus di Masjid Istiqomah, Jorong Lubuk Gadang, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Koto Balingka, Selasa (11/4) malam. 

Pada Safari Ramadhan di Masjid Istiqomah Jorong Lubuk Gadang itu, Bupati Hamsuardi menyampaikan Program Unggulan Pemda Pasbar di bidang keagamaan yakni Tahfidz Al-Qur'an dan Magrib Mengaji yang telah diterapkan dan berjalan dengan baik.

"Besar harapan, 10 hingga 20 tahun kedepan, 30 persen masyarakat Pasbar mampu menghafal Al-Qur'an. Program keagamaan lainnya adalah Magrib Mengaji yang bertujuan agar seluruh rumah di Pasbar melantunkan ayat suci Al-Qur'an selepas sholat Magrib menjelang Isya," harapnya. 

Untuk di bidang kesehatan, per Januari 2023 telah diberlakukan UHC di Pasbar yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Kerjasama tersebut, bertujuan agar masyarakat Kabupaten Pasaman Barat bisa berobat gratis di pelayanan kesehatan yang ada seperti Puskesmas, RSUD, RSI Yarsi dan pelayanan kesehatan lainnya hanya dengan membawa KK dan KTP. 

"Menurut survei yang kami lakukan banyak masyarakat Pasbar yang sakit namun tidak berobat dikarenakan terkendala biaya. Untuk itu, kita perlu sosialisasikan program berobat gratis ini dalam membantu masyarakat kita terutama yang kurang mampu," jelas Bupati Hamsuardi. 

Ia juga menjelaskan program unggulan lainnya dibidang pendidikan yaitu gratis pendidikan tanpa pungutan pada tingkat SD dan SMP. 

"Bahkan Pemda Pasbar telah memberikan reward kepada anak-anak berprestasi berjalan-jalan ke Malaysia. Kemudian tahun ini, kita rencanakan memberikan reward jalan-jalan ke Australia," jelasnya. 

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Pasbar terutama generasi muda agar semangat membangun kampung dan akan dilaksanakannya pemilihan Wali Nagari, Bamus dan perangkat lainnya. 

Sementara Pengurus Masjid Istiqomah Khairunnas mengucapkan terima kasih, atas kedatangan TSR Kabupaten Pasaman Barat yang dipimpin langsung Bupati Hamsuardi itu. Ia menjelaskan, Masjid Istiqomah Jorong Lubuk Gadang mulai dibangun sejak tahun 2009 dari swadaya masyarakat. Masjid itu rencananya akan dibangun 3 lantai, namun karena terkendala biaya maka pembangunan masjid tersebut masih terbengkalai dan membutuhkan biaya tambahan. 

Diakhir kegiatan, Bupati Hamsuardi menyerahkan hadiah kepada anak-anak yang berhasil menjawab kuis yang ia berikan. Selanjutnya, Bupati Hamsuardi didampingi Sekda, Asisten dan Kepala OPD juga menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Istiqomah Jorong Lubuk Gadang sebesar Rp 15.000.000.

#Rajo alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto