Dukung Ketahanan Pangan,Babinsa Koramil 05 Pauh Sertu Taufit Hidayat Bantu Kembangkan Budi Daya Ikan Nila


KAWASANSUMBAR.COM

Padang |  Sumbar ) Dalam rangka mendukung program pemerintah terkait peningkatakan ketahanan pangan, Babinsa Koramil 05/Pauh jajaran Kodim 0312/Padang, mendampingi dan memotivasi warga membudidayakan ikan Nila, di Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh Kota Padang. Senin (10/04/2023)

Hal tersebut disampaikan Babinsa Sertu Taufit Hidayat yang mengungkapkan,  merupakan salah satu desa yang memiliki potensi sumber daya perikanan yang besar, seiring berjalannya waktu, sumber daya yang potensial tersebut perlahan mengalami penurunan.

“Banyak faktor yang mempengaruhi penurunan kualitas, salah satunya ketidaktahuan masyarakat mengenai jenis, cara pemanfaatan, dan pembudidayaan ikan,”ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan para Babinsa ini bertujuan untuk membantu kesulitan dan memberi solusi apabila ada kendala pada masyarakat di wilayahnya.

“Sebagai aparat teritorial di wilayah, kehadiran Babinsa untuk memberikan support dan pendampingan kepada warga dalam upaya mensukseskan program ketahanan pangan di daerah,”ujarnya.

Menurut Sertu Taufit Hidayat, dengan jumlah permintaan ikan di Kelurahan Limau Manis yang semakin hari semakin bertambah, akan membuka peluang usaha bagi masyarakat untuk melakukan budidaya ikan air tawar diantaranya ikan Nila.

Sementara itu, Babinsa Koramil 05 Pauh Kodim 0312/Padang Sertu Taufit Hidayat mengatakan, dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat perlu diberikan contoh dan motivasi, di antaranya dengan pendampingan dan bimbingan kepada para pembudidaya ikan diwilayahnya.

Sertu Taufit Hidayat menambahkan, untuk bisa memperoleh hasil budidaya Nila yang baik, kunci utamanya terletak pada pengaturan kondisi air. Dengan suhu di Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh yang sering naik turun secara drastis antara siang hari dan malam, perlu perlakuan khusus supaya kondisi kolam tetap stabil.

Sedangkan Faisal (45), seorang warga pembudidaya ikan Nila di Kelurahan Limau Manis, menyampaikan, dengan pendampingan Babinsa, dirinya jadi mengerti karakteristik ikan Nila.

“Bapak Babinsa, mengajari kami mulai dari pengaturan temperatur air, pembuatan kolam, pembibitan, pemilihan pakan sampai dengan pengembangannya agar cepat besar,”tuturnya.

#Babinsa | Adtara

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto