KATA SAMBUTAN PADA RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DPRD KABUPATEN LIMA PULUH KOTA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI JADI KE-182, OLEH : PROF. DR. H. ASASRIWARNI, MH



PARIWARA


Lima Puluhkota, Kawasansumbar.com --  Tema hari jadi ke 182 "DENGAN SEMANGAT HARI JADI KE- 182, KITA TINGKAT KAN SINERGITAS PEMBANGUNAN UNTUK MEWUJUDKAN LIMA PULUH KOTA YANG MADANI"

Visi Misi Bupati & Wakil Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota : 

Visi : Mewujudkan Lima Puluh Kota yang Madani, Beradat dan Berbudaya dalam Kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Misi : Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan.


Untuk mempercepat menuju kesejahteraan masyarakat Propinsi Sumatera Barat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam UU Nomor 61 Tahun 1958 tentang Penetapan UU Darurat Nomor 19 Tahun 1957 sebagai UU tidak sesuai lagi dengan perkembangan hukum, sehingga perlu diganti.


Dengan demikian dapat dipahami bahwa UU Propinsi Sumatera Barat bukan hanya sekedar untuk memperbaharui dasar hukum pembentukan Propinsi Sumatra barat.


Melainkan juga untuk memperkuat keberadaan  otonomi daerah Propinsi Sumbar, memperlakukan potensi dan kearifan lokal dalam berbagai bidang.


Dalam UU tersebut terkait konteks kearifan lokal.  Khususnya dalam pasal 5 huruf C, Propinsi Sumatera Barat dicirikan dengan falsafah Adat Basandi Syarak – Syarak Basandi Kitabullah (ABS -SBK).


Terlepas dari silang pendapat itu, sebenarnya UU tersebut bisa dibuat turunannya dalam bentuk Perda, seperti Perda Nomor 7 Tahun 2018 tentang Nagari di Sumbar.


Dalam Perda Nomor 7 Tahun 2018 itu Mentawai terakomodir dan tidak ada masalah sampai sekarang.

Memang UU Nomor 17 Tahun 2022 tersebut khususnya yang mengatur karakteristik Propinsi Sumbar dalam pasal 5 huruf C dinyatakan Adat Budaya Minangkabau berdasarkan pada nilai falsafah ABS-SBK dengan aturan adat salingka nagari yang berlaku, serta kekayaan sejarah, bahasa, kesenian, desa adat/nagari, ritual, upacara adat, situs budaya, dan kearifan lokal yg menunjukan karakter, religius dan ketinggian adat istiadat masyarakat Sumbar.



Sedikit mengganjal adalah frasa “ABS-SBK sesuai dengan aturan adat salingka nagari yang berlaku”. Hal ini dapat menimbulkan makna bahwa falsafah ABS-BSK, dijalankan sesuai dengan adat salingka nagari. Rumusan ini jelas mengandung kekeliruan, karena bagaimana mungkin ABS-BSK sebagai filosofi hidup masyarakat Minangkabau, justeru akan dijalankan sesuai adat salingka nagari.


Mestinya adat salingka nagari yg harus dijalankan sesuai falsafah ABS-SBK. Apalagi dilihat dalam perspektif teori norma ABS-BSK berada dalam posisi sebagai norma fundamental masyarakat Minangkabau.


Sedangkan adat salingka nagari adalah keberlakuan hukum adat dalam wilayah tertentu .

Kita mengusulkan kepada Gubernur dan DPRD Provinsi Sumatera Barat agar secepatnya membuat Perda turunan. Karena UU ini secara hukum tidak mungkin lagi dirubah sesuai bunyi pasal 72 UU Nomor 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Peraturan undang undang.


Apabila sebuah RUU telah menjadi UU dan masih terdapat kesalahan teknis penulisan, maka dapat dilakukan perubahan.

Adapun kesalahan teknis penulisan yang dimaksud adalah hanya untuk menjelaskan salah ketik, salah tanggal, nomor, pasal, nomor urut, pragraf, ayat dan kalimat yang dapat diperbaiki.

Adapun subtansi dari UU, sama sekali tidak dapat diperbaiki.

Yang mungkin dilakukan hanya proses legislasi biasa, seperti Perda. Tapi kalau ada yang mau melakukan judicial review rasanya tidak perlu.

Karena selama ini Visi dan Misi Gubernur dan Wagub Sundah mencantumkan “Mewujudkan masyarakat Sumatera Barat yang madani berbudaya ABS-SBK".


Ada yang mengatakan dengan mencantumkan falsafah ABS-BSK ini menjadi Hukum Positif, akan membuka peluang untuk diterapkan Syariat Islam di Propinsi Sumatera Barat.

Dalam UUD 1945, pencantuman ciri atau karakteristik sebuah Propinsi sama sekali tidak memungkinkan sebuah Propinsi menjadi daerah khusus sebagaimana dimaksud 18 B UUD 1945.

Pencantuman ciri atau karakteristik sebuah Propinsi sama sekali tidak mengubah Status Propinsi, kecuali diberi otonomi luas.

Terakhir, kita sampaikan ucapan terimakasih kepada DPR RI dan Pemerintah yang telah memasukan Falsafah Adat Basandi Syarak – Syarak Basandi Kitabullah dalam Hukum Positif. Sehingga posisinya menjadi kuat.


PROGRAM UNGGULAN

“SATU NAGARI SATU RUMAH TAHFIZH”

Untuk mendukung pelaksanaan program unggulan “Satu Nagari Satu Rumah Tahfizh” telah dilahirkan regulasi yaitu Peraturan Bupati Lima Puluh Kota 33 Tahun 2022 Tentang Pedoman Pembinaan Rumah Tahfizh dan Program Tahfizh.

 Dalam Peraturan Bupati ini mengatur terkait dengan pembinaan rumah tahfizh di nagari yang dilaksanakan melalui Bagian Kesra, dan program tahfizh yang dilaksanakan di sekolah - sekolah disetiap tingkatan, program ini dikelola melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan

Pada tahun 2022 telah ditetapkan sebanyak 20 unit rumah tahfizh binaan di Nagari yang tersebar di 20 nagari, sedangkan untuk tahun 2023 ini ditargetkan sudah harus dapat terealisasi sebanyak 79 unit rumah tahfizh di 79 Nagari.

Untuk meningkatkan kapasitas guru tahfizh, pemerintah daerah juga telah melaksanakan pelatihan guru tahfizh untuk 40 orang guru pada tahun 2022.

Bagi Nagari yang belum memiliki rumah tahfizh, diminta kepada Camat dan Wali Nagari agar segera mendorong dan memfasilitasi pendirian rumah tahfizh, untuk mendukung percepatan pelaksanaan program unggulan dimaksud.

Pelaksanaan program unggulan ini dengan melibatkan seluruh stakeholders, terutama kementerian agama melalui penyuluh agama yang ada di Nagari.




Relevansi QS. Al-Alaq 1-5 sebagai  Falsafah Pendidikan Islam Modern. Islam melalui kitab sucinya, Alquran, banyak mengajarkan manusia bagaimana pendidikan seharusnya dilaksanakan. Salah-satunya

firman Allah Swt. dalam Q.S. Al‟alaq ayat 1-5 berikut:

Artinya :

“1) Bacalah dengan (menyebut) nama

       Tuhanmu yang menciptakan

 2) Dia telah menciptakan manusia dari

      segumpal darah.

 3) Bacalah, dan Tuhanmulah Yang 

     Mahamulia, 

4) Yang mengajar (manusia) dengan pena

5) Dia mengajarkan manusia apa yang tidak

     diketahuinya.”

Ayat tersebut secara eksplisit dan implisit menggambarkan bagaimana pendidikan merupakan sebuah proses yang sistematis untuk membentuk manusia yang cakap dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.


Pertama, Pendidikan Islam Nondikotomik. Konsep nilai ini merupakan paradigma pendidikan Islam yang tidak berkonotasi hanya pada nilai-nilai agama („ulumuddin) atau juga tidak semata-mata berkonotasi pada nilai-nilai sains atau keduniaan („ulumuddunya). Artinya, keduanya harus

terintegrasi secara dinamis dan harmonis dalam sistem pendidikan Islam yang komprehensif (kaffah). Dalam Q.S. Al‟alaq ayat 1-5, pendidikan Islam nondikotomik tercermin dari redaksi iqra` dan „alaq. Kata iqra` dalam surah tersebut bertempat pada dua ayat, yakni ayat pertama dan ketiga yang berarti membaca. Membaca di sana bersifat universal per, artinya proses membaca tidak terbatas hanya mengenai bacaan agama saja, tapi juga bacaan yang bersifat umum.


Kedua, Pendidikan Karakter. Dalam Q.S. Al‟alaq tersebut, konsep pendidikan karakter tercermin dalam makna transendental yang terdapat pada ayat keduanya dalam redaksi “bi ismi rabbika”. Redaksi Tersebut bermakna peringatan untuk senantiasa mengingat Allah ketika membaca (iqra`). 

Kalimat senada juga diungkapkan Prof. Dr. Quraish Shihabdalhuam bukunya, Membumikan Al-Quran. 

Menurutnya, redaksi tersebut merupakan syarat muqayyad dari membaca, sehingga tujuan perintah membaca pada tahun ke depan akan akhirnya.1¹ bermuara pada sikap religiou stransendental kepada Allah SWT.


Ketiga, Pendidikan Sepanjang Hayat (long life education). Konsep ini merupakan salah satu prinsip penting dalam paradigma pendidikan Islam berbasis humanis religius, sehingga manusia mampu dan menunaikan seluruh tugas-tugas kemanusiaannya, baik sebagai „abdullah maupun khalifah fi al-ardh.

Dengan demikian, kedua tugas dan tanggungInilah jawab manusia tersebut rasa aa AA memberi konsekuensi logis berupa keharusan manusia dalam mengembangkan isi intelektualitasnya sepanjang hayat.


Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an

Keutamaan menghafal al-Qur‟an: 

Pertama, al-Qur‟an sebagai pemberi syafa‟at pada bagi pembaca, memahami dan mengamalkan

 kedua, penghafal al-Qur‟an telah dijanjikan derajatnya oleh Allah SWT,

ketiga, al-Qur‟an menjadi Hujjah/pembela bagi pembaca dan sebagai pelindung dari adzab api neraka.

Pembaca al-Qur‟an khusus penghafal al-Qur‟an kualitas dan kuantitas bacaan lebih tinggi, akan bersama malaikat selalu melindungi dan mengajak kepada kebaikan. Adapun implikasi secara psikologi bagi penghafal al-Qur‟an pertama, sebagai obat galau, cemas dan cemas;

kedua, menghafal al-Qur‟an untuk memperoleh ketenangan jiwa, kecerdasan dan mendongkrak prestasi belajar; ketiga, penghafal al-Qur‟an dapat meredam kenakalan remaja dan tawuran; penghafal al-Qur‟an akan mendapat penghargaan yang tinggi di sisi Allah dan Rasul-Nya; menghafal al-Qur‟an sebagai obat bagi siapa saja yang membaca dan menghafalkan.


Memahami Fungsi dan Tujuan Pendidikan di Indonesia Tujuan pendidikan nasional adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945. Oleh karena itu, tujuan pendidikan nasional harus berfokus tentang b agaimana cara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan.

Tujuan pendidikan menurut UNESCO dalam upaya meningkatkan kualitas suatu bangsa, tidak ada cara lain kecuali melalui peningkatan mutu pendidikan, UNESCO juga merancang empat pilar pendidikan baik untuk masa sekarang maupun masa depan, yaitu:

Learning to know (belajar untuk mengetahui)

Learning to do (belajar untuk melakukan sesuatu)

Learning to be (belajar untuk menjadi sesuatu)

Learning to live together (belajar untuk hidup bersama).


Tujuan pendidikan nasional adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman da bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan memiliki budi pekerti yang luhur. Selain itu, peserta didik juga harus memiliki keterampilan dan pengetahuan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab terhadap masyarakat dan bangsa.


FUNGSI PENDIDIKAN DI INDONESIA

Mengacu pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam Pasal 3, menyatakan bahwa "Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab."










































Assalamu‟alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, 

Yth. Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh
        Kota;
Yth. Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD,
        serta seluruh anggota Forkopimda
        Kabupaten Lima Puluh Kota;
Yth. Sekretaris Daerah/Para Asisten/ Kepala
        Dinas/Badan/ Kantor/ di Lingkungan
        Pemerintah Kabupaten Lima Puluh 
        Kota;
Yth. Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak
        Pandai, Bundo Kanduang, Pemuka Masyarakat, Rekan - rekan Pers Media Cetak dan Elektonik, hadirin serta undangan yang berbahagia.


Dengan mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah Subhanahu wata‟ala yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, pada hari ini kita dapat menghadiri Rapat Paripurna DPRD.

Kabupaten Lima Puluh Kota dalam rangka Peringatan
Hari Jadi Kabupaten Lima Puluh Kota yang ke-182.



 Kemudian Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada idola dan panutan terbaik kita Nabi Muhammad Salallahu „alaihiwasalam,
yang sepanjang hidupnya telah mengabdikan diri kepada Allah Subhanahu Wata‟ala untuk kemaslahatan umat di dunia ini. Semoga segala pedoman yang telah beliau berikan, selalu membimbing kita semua menuju jalan yang diridhoi
Allah Subhanahu wata‟ala.
Mengawali sambutan ini, izinkanlah kami
mewakili Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Sumatera Barat menyampaikan ucapan Selamat Hari Jadi yang ke-182 kepada Pemerintah Daerah dan segenap masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota. Semoga dalam usia ini,
kita akan dapat menapak perjalanan kemasa depan dengan penuh keyakinan.





Sdr. Bupati, Wakil Bupati, Pimpinan dan 
Anggota DPRD serta Hadirin yang berbahagia serta Hadirin yang berbahagia Pada hari ini Kabupaten Lima Puluh Kota memasuki usia ke 182 tahun, sebuah usia yang memadai bagi daerah untuk menjadi daerah yang maju dan mencapai kematangan dalam pembangunan
dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Lima Puluh Kota dalam beberapa tahun terakhir memperlihatkan keberhasilan pembangunan dengan
dianugerahkannya berbagai penghargaan atas prestasi pemerintah daerah dan masyarakat.
Namun demikian, kita juga menyadari bahwa dalam usia ke 182 Kabupaten Lima Puluh Kota masih dihadapkan kepada berbagai permasalahan dan
tantangan pembangunan baik yang berasal dari internal maupun eksternal daerah.




Oleh karena itulah, Peringatan Hari Jadi daerah harus dijadikan sebagai sebuah momentum bagi jajaran pemerintahan dan seluruh elemen masyarakat di setiap daerah untuk mengevaluasi kembali langkah
kebijakan yang telah kita ambil, sebagai pijakan bagi perumusan kebijakan pada masa yang akan datang.



Sdr. Peserta Rapat Paripurna, Para Undangan
serta Hadirin yang berbahagia
Melalui peringatan ini, kita disadarkan kembali untuk dapat belajar dari segala keberhasilan dan kegagalan yang telah kita lewati, serta tetap berpegang kepada tujuan dibentuknya pemerintahan
daerah yaitu percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Bersamaan dengan itu, kita harus dapat
menginventarisir segala tugas-tugas yang masih tersisa dan masih belum dapat kita rampungkan pada tahun 2023. Selanjutnya, kita juga harus mampu.


memobilisasi semua sumber daya pembangunan dan potensi yang kita miliki.
Hal ini tidak saja untuk mendukung penyelesaian tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan, tetapi juga sekaligus sebagai bentuk
kesiapan daerah untuk menghadapi persaingan yang ketat dalam era globalisasi.
Dengan demikian, peringatan Hari Jadi sebuah Kabupaten Lima Puluh Kota sebagaimana yang kita laksanakan pada hari ini, bukanlah sekedar kegiatan
yang bersifat seremonial belaka. Tetapi merupakan sebuah momentum yang mempunyai makna evaluatif
pada saat kita harus menoleh kebelakang, dan makna prediktif atau perkiraan pada saat kita harus memandang kedepan.





Makna evaluatif dan prediktif peringatan ini tidak hanya ditujukan bagi pemerintah daerah Kabupaten Lima Puluh Kota semata, namun juga bagi DPRD.


Kabupaten Lima Puluh Kota dan seluruh lapisan masyarakat untuk terus mengevaluasi dan mempersiapkan diri bagi pembangunan Kabupaten Lima Puluh Kota.
Perlu kami ingatkan bahwa tahun 2023 ini
merupakan tahun ke-tiga bagi Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota dalam melaksanakan tugas dan kewenangan menyelenggarakan pemerintahan
daerah. Oleh sebab itu harus segera melakukan evaluasi dan penataan kembali penyelenggaraan urusan pemerintahan, apakah program-program prioritas yang telah ditetapkan dalam Peraturan
Daerah Nomor 3 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2021-2026 telah tercapai sesuai dengan target yang ditetapkan atau
belum tercapai.
Hanya dengan demikian, kegiatan Peringatan Hari Jadi suatu daerah akan menjadi penting apabiladiarahkan untuk lebih terwujudnya kesejahteraan,
yang benar-benar dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota di masa mendatang.





Sdr. Peserta Rapat Paripurna, Para Undangan serta Hadirin yang berbahagia
Pada kesempatan yang berbahagia ini, perlu
kami sampaikan beberapa capaian kinerja makro penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota:
Pertama, Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) yang release pada awal tahun ini diperoleh informasi IPM Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2022 berada pada angka 70,28. Angka tersebut meningkat 0,60
poin dibandingkan dengan tahun 2021 yang berada pada angka 69,68, dan meningkat 0,81 poin dibandingkan tahun 2020 yang berada pada angka 69,47. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada
perbaikan dan peningkatan IPM Kabupaten Lima Puluh Kota. Namun perlu diketahui bahwa angka tersebut masih berada di bawah rata-rata IPM Sumatera Barat yang berada pada angka 73,26 dan di
bawah rata-rata IPM Nasional yang berada pada angka 72,91. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota dan DPRD perlu meningkatkan pembangunan dibidang pendidikan, kesehatan dan peningkatan pada sisi pendapatan masyarakat.
Kedua, Angka Kemiskinan. Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) BPS yang release pada awal tahun ini diperoleh infomasi Angka
Kemiskinan Kabupaten Lima Puluh Kota berada pada angka 6,59. Angka tersebut mengalami penurunan 0,70 poin dibandingkan dengan tahun 2021 yang
berada pada angka 7,29. Namun perlu diketahui angka tersebut masih lebih tinggi dibandingkan angka kemiskinan rata-rata Sumatera Barat yang berada.





pada angka 5,92 dan lebih rendah dibandingkan rata - rata Nasional yang berada pada angka 9,57. Untuk itu
pada tahun ini perlu ditingkatkan kembali upaya - upaya dan strategi untuk pengentasan kemiskinan di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Ketiga, Angka Pengangguran. Berdasarkan data Tingkat Pengangguran Terbuka BPS yang release pada awal tahun ini diperoleh informasi Angka Pengangguran Kabupaten Lima Puluh Kota berada pada angka 3,72. Angka tersebut meningkat 1,47
poin dibandingkan dengan tahun 2021 yang berada pada angka 2,25. Data ini menunjukan bahwa dari 100
orang masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota yang tergolong angkatan kerja, terdapat 4 orang yang sedang mencari kerja atau mempersiapkan usaha, atau tidak mencari kerja karena putus asa. Untuk itu
Pemerintah Daerah bersama DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota perlu untuk menciptakan entrepreneur 
baru dan lapangan usaha/kerja baru agar menekan angka pengangguran.


Sdr. Peserta Rapat Paripurna, Para Undangan serta Hadirin yang berbahagia
Keempat, Pertumbuhan Ekonomi. Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) BPS yang release pada awal tahun ini diperoleh infomasi Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2022 yang tumbuh sebesar 4,04 persen. Angka tersebut mengalami peningkatan 0,71 persen jika
dibandingkan dengan tahun 2021 yang tumbuh sebesar 3,33 persen. Hal ini menunjukkan ada perbaikan ekonomi masyarakat dibandingkan dengan
tahun lalu. Namun perlu kami ingatkan kembali angka tersebut masih berada dibawah rata-rata Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Barat yang tumbuh
sebesar 4,36 persen dan dibawah rata-rata
Pertumbuhan Ekonomi Nasional yang tumbuh sebesar 5,31 persen.

Keenam, Ketimpangan Pendapatan (Gini Ratio). Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) BPS yang release pada awal tahun ini diperoleh infomasi Ketimpangan Pendapatan
Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2022 adalah 0,208.
Angka tersebut mengalami penurunan 0,036 poin jika dibandingkan dengan tahun 2021 yang berada pada angka 0.244. Ini kkembali menunjukkan kepada kita semua bahwa Pemerintah Daerah Lima Puluh Kota
selain berupaya untuk meningkatkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per-kapita juga berupaya memperdangkal jurang perbedaan
antara penduduk yang kaya dengan penduduk miskin.
Itu semua perlu kita apresiasi dan ditingkatkan pada tahun-tahun selanjutnya.


Sdr. Peserta Rapat Paripurna, Para Undangan serta Hadirin yang berbahagia
Pada kesempatan ini ada beberapa pesan yang ingin saya sampaikan terkait dengan kunci sukses penyelenggaraan pemerintahan daerah khususnya
untuk Kabupaten Lima Puluh Kota:
Kunci sukses penyelenggaraan pemerintahan daerah yang pertama adalah kepala daerah dan DPRD harus selalu bersinergi.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dilaksanakan oleh Kepala Daerah dan DPRD. Kepala daerah dan DPRD berkedudukan sebagai unsur penyelenggara
pemerintahan daerah. Kepala daerah dan DPRD berkedudukan sebagai mitra sejajar yang mempunyai fungsi yang berbeda. Untuk itu, hubungan keduanya
sebagai mitra harus dijaga. Harus selalu bersinergi. Ini penting, jangan sampai antara Kepala Daerah, DPRD, Anggota Forkopimda dan Stakeholder lainnya
tidak harmonis. Semua pihak terkait harus saling menghargai. Boleh menyampaikan kritik, karena 
perbedaan pendapat hal yang biasa dan sangat lumrah. Namun kritik harus bersifat membangun dan disampaikan dengan baik, sesuai dengan norma. Tidak mungkin Kepala Daerah dapat menyelenggarakan pemerintahan daerah tanpa
DPRD, tidak mungkin Kepala Daerah mendapatkan prestasi dan sukses tanpa DPRD, tidak mungkin Kepala Daerah dapat mewujudkan sejahterakan masyarakat tanpa dukungan DPRD, karena Kepala
Daerah dan DPRD adalah dua unsur yang bersatu dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Kepala Daerah dan DPRD harus selalu bersama,
jangan ada kepentingan lain selain kepentingan masyarakat dan Kesejahteraan Masyarakat.





Sdr. Peserta Rapat Paripurna, Para Undangan serta Hadirin yang berbahagia
Kunci sukses yang kedua adalah, menciptakan program inovatif dan kerja sama daerah untuk menjawab permasalahan masyarakat dan
keterbatasan daerah.

Inovasi dan kerja sama merupakan kunci untukbmeningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Jangan takut berinovasi karena inovasi daerah dilindungi oleh Undang-Undang Pemerintahan Daerah. Dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Pemerintah
Daerah dapat melakukan inovasi. Inovasi yang dimaksud adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Inisiatif inovasi dapat berasal dari kepala daerah, anggota DPRD, aparatur sipil negara, Perangkat Daerah, dan anggota masyarakat.
Majunya suatu daerah sangat ditentukan oleh inovasi yang dilakukan daerah. Perlu adanya upaya memacu kreativitas Daerah untuk meningkatkan daya saing Daerah. Pemerintah daerah menjadi salah satu
ujung tombak pelayanan publik yang wajib melakukan inovasi.

Kemudian, untuk optimalisasi potensi dan
memecahkan keterbatasan kemampuan daerah dalambmeningkatkan pembangunan, daerah harus mampu
bekerja sama dengan daerah lain ataupun dengan pihak ketiga. Sehingga potensi-potensi yang dimilikibKabupaten Lima Puluh Kota dapat diberdayakan secara optimal.

Untuk itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, Saya menghimbau agar seluruh Stakeholder di
Kabupaten Lima Puluh Kota benar-benar harus memanfaatkan semaksimal mungkin potensi-potensi yang ada, menciptakan pembangunan ekonomi secara merata sehingga dapat menemukan
momentum yang tepat.


Sdr. Peserta Rapat Paripurna, Para Undangan serta Hadirin yang berbahagia
Kunci sukses yang ketiga adalah partisipasi
Masyarakat dan Perantau dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Melibatkan Masyarakat dan Perantau merupakan suatu proses kesadaran
pembangunan daerah dan dapat membantu
penyelesaian masalah-masalah pembangunan.

Investasi dari perantau baik yang bersumber dari dalam maupun luar negeri dapat menjadi alternatif lain yang dapat diambil oleh pemerintah daerah untuk
memacu pembangunan.
Namun perlu menjadi perhatian bersama, agar investasi yang masuk, haruslah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat serta cocok dengan kondisi geografis, demografis, serta adat
budaya daerah setempat.

Demikianlah tiga kunci sukses penyelenggaraan pemerintahan daerah, mudah-mudahan dapat kita
aplikasikan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kabupaten Lima Puluh Kota.



Sdr. Bupati, Wakil Bupati, Pimpinan dan
Anggota DPRD serta Hadirin yang berbahagia,
Tahun depan merupakan tahun penyelenggaraan
pesta rakyat atau pesta demokrasi di Negara kita Indonesia. Pesta demokrasi kali ini adalah sejarah baru dalam perjalanan Negara Republik Indonesia
yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak se Indonesia.
Kita menyadari bahwa menjelang pesta
demokrasi tersebut, konstelasi politik mulai memanas sejak hari tahun ini. Walaupun secara resmi kampanye dilaksanakan, tentu akan ada kemungkinan bakal calon saling serang melalui kampanye negatif
hingga hoax bertebaran di media sosial dan dibanjiri berbagai macam unggahan tentang politik disertai komentar-komentar tajam dan pedas.

Untuk menyikapi maraknya berita bohong atau yang lebih kita kenal dengan sebutan hoax, yang pada saat ini banyak sekali beredar di masyarakat melalui media sosial baik elektronik maupun cetak.
Kita harus memahami bahwa hoax bertujuan untuk memperdaya orang-orang agar mempercayai sesuatu yang salah adalah benar. Hoax yang beredar melalui
Instagram, Facebook, Twitter, Path, nasehat palsu, berita bohong atau berita palsu yang biasanya diakhiri dengan himbauan agar menyebarkannya seluas - luasnya baik melalui Instagram, Facebook, Twitter,
Path dan media lainnya.

Oleh karena itu, Kami menghimbau kepada
Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota dan DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota beserta seluruh masyarakat Lima Puluh Kota untuk tidak mudah terpengaruh dan lebih cerdas dalam menerima dan  memfilter informasi serta cross-check terlebih dahulu terhadap kebenaran isi pesan tersebut, jangan langsung percaya, apalagi langsung memforwardnya.

Kita berharap Kabupaten Lima Puluh Kota yang kita cintai ini akan terus terjaga dari segala bentuk isu dan konflik SARA yang akhirnya terciptalah situasi dan
kondisi yang kondusif sehingga Pemerintah dan DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota serta seluruh lapisan masyarakat dapat beraktifitas dengan baik.
Jangan sampai karena perbedaan pilihan pada saat kita berpesta yang seyogyanya kita bergembira namun terjadi peristiwa-peristiwa yang dapat merusak
keharmonisan diantara kita sesama bangsa Indonesia.

Ingat “lima menit menentukan lima tahun yang akan datang”, oleh sebab itu pilihlah yang terbaik sesuai dengan pengetahun dan hati nurani serta tolak lah setiap bentuk politik uang (money politics) yang dapat
mempengaruhi pilihan politik karena politik uang merupakan cikal bakal tumbuh suburnya korupsi di Negara yang kita cintai ini.



Sdr. Bupati, Wakil Bupati, Pimpinan dan
Anggota DPRD serta Hadirin yang berbahagia,
Sebelum mengakhiri sambutan ini, Kami atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pimpinan daerah dan masyarakat di Kabupaten Lima
Puluh Kota, yang telah ikut berperan serta dalam mewujudkan Sumatera Barat yang lebih mandiri, dan sejahtera tanpa harus kehilangan identitas diri kita sebagai masyarakat yang memiliki filosofi “Adat
Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”.


Demikianlah yang dapat disampaikan pada
kesempatan ini, Selamat Hari Jadi Kabupaten Lima Puluh Kota ke 182 Tahun 2023. 
Semoga Allah Subhanahu wata‟ala, selalu meridhoi setiap langkah kita semua.
Billahitaufik walhidayah, Wassalamu‟alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh.



                  GUBERNUR SUMATERA BARAT





                                 M A H Y E L D I




BUPATI LIMA PULUH KOTA

SAMBUTAN BUPATI LIMA PULUH KOTA
PADA RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA
DPRD KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

AGENDA
PERINGATAN HARI JADI
KABUPATEN LIMA PULUH KOTA KE-182
TAHUN 2023 KAMIS, 13 APRIL 2023

ASSALAMMU’ALAIKUM WA RAHMATULLAHI WA BARAKATUH,

YTH.
BAPAK GUBERNUR SUMATERA BARAT BESERTA ROMBONGAN;
BAPAK KETUA DPRD PROVINSI SUMATERA BARAT BESERTA ROMBONGAN;
SDR. KETUA, WAKIL KETUA, DAN SEGENAP ANGGOTA DPRD KABUPATEN LIMA PULUH KOTA;

SDR. ANGGOTA FORUM KOORDINASI PIMPINAN DAERAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA;

SDR. BUPATI DAN WALIKOTA SE-PROVINSI SUMATERA BARAT DAN PROVINSI TETANGGA ATAU YANG MEWAKILI;


PARA PENDAHULU KAMI MANTAN BUPATI/MANTAN WAKIL BUPATI, MANTAN PIMPINAN DPRD, SERTA MANTAN SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA;
SDR. SEKRETARIS DAERAH, STAF AHLI, ASISTEN, INSPEKTUR, SEKWAN, KEPALA DINAS, BADAN, BAGIAN, DIREKTUR RSUD dr. ACHMAD DARWIS, DAN CAMAT LINGKUP PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA;
IBU KETUA TIM PENGGERAK PKK, KETUA DHARMA WANITA, KETUA GOW, SERTA PIMPINAN ORGANISASI WANITA LAINNYA;
SDR. WALI NAGARI SE-KABUPATEN LIMA PULUH KOTA;
KETUA PARTAI POLITIK, ORGANISASI KEMASYARAKATAN, NINIAK MAMAK, ALIM ULAMA, CADIAK PANDAI, BUNDO KANDUANG, TOKOH MASYARAKAT, SERTA PARA PERANTAU YANG BERKESEMPATAN HADIR;
SDR. REKAN-REKAN WARTAWAN DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA.

PUJI SYUKUR ALHAMDULILLAHIRABBIL’AMIN MARILAH SENANTIASA KITA PANJATKAN KEHADIRAT ALLAH SWT, KARENA BERKAT RAHMAT DAN KARUNIA-NYA JUGALAH SEMUA DAPAT MENGHADIRI RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DPRD KABUPATEN LIMA PULUH KOTA PADA HARI INI DENGAN AGENDA PERINGATAN HARI JADI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA KE-182 TAHUN 2023. 

ALHAMDULILLAH, PERTAMBAHAN USIA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA PADA HARI INI BERKAITAN DENGAN TUGAS KITA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. KARENA MEMANG HAL TERSEBUT YANG MESTI KITA CERMATI SETIAP KALI KITA MEMPERINGATI HARI JADI DAERAH. 

APA YANG TELAH KITA CAPAI, APA YANG BELUM KITA CAPAI, APA KENDALA, SERTA SOLUSI UNTUK MEMPERBAIKI DAN MEMAJUKAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA KE DEPAN. SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MEMBIMBING KITA SEMUA DALAM PENGABDIAN MEMBANGUN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA YANG KITA CINTAI INI.

SHALAWAT BESERTA SALAM MARILAH KITA DOAKAN PULA KEPADA ALLAH SWT UNTUK DAPAT DISAMPAIKAN KEPADA JUNJUNGAN UMAT MUSLIM SEDUNIA, YAKNI NABI MUHAMMAD SAW YANG TELAH BERJASA BESAR MENEGAKKAN PANJI-PANJI KEBENARAN SEKALIGUS MERUPAKAN FIGUR USWATUN HASANAH BAGI KITA SEMUA. SEMOGA KITA DIBERIKAN KEKUATAN SERTA KEMAMPUAN UNTUK MENGAMALKAN AJARAN YANG DIBAWANYA, DAN SEMOGA KITA MENDAPATKAN SYAFA’ATNYA DI HARI AKHIR, AAAMIIN YA ROBBALALAMIN.


BAPAK GUBERNUR DAN HADIRIN YANG KAMI HORMATI, MENGAWALI SAMBUTAN INI, IZINKANLAH KAMI ATAS NAMA PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG DAN UCAPAN TERIMAKASIH KEPADA BAPAK GUBERNUR SUMATERA BARAT BESERTA SEGENAP UNDANGAN YANG TELAH BERKENAN MELUANGKAN WAKTU GUNA MENGHADIRI MOMEN ISTIMEWA DI LUAK LIMO PULUAH INI. 

PERINGATAN HARI JADI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA YANG KE 182 TAHUN 2023 INI MERUPAKAN TAHUN KETIGA KAMI SAFARUDDIN DT. BANDARO RAJO DENGAN RIZKY KURNIAWAN NAKASRI MENJALANKAN AMANAH SEBAGAI BUPATI DAN WAKIL BUPATI LIMA PULUH KOTA PERIODE 2021-2024. SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MEMBERIKAN RAHMAT DAN HIDAYAH SERTA KESEHATAN LAHIR DAN BATIN BAGI KITA SEMUA AGAR KITA DAPAT MELANGKAH BERSAMA-SAMA, BERGANDENGAN TANGAN DAN SEIRING SEJALAN MEMBANGUN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA.

PADA TAHUN INI, PERINGATAN HARI JADI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA MENGANGKAT TEMA “DENGAN SEMANGAT HARI JADI KABUPATEN YANG KE,  KE 182, KITA TINGKATKAN SINERGITAS PEMBANGUNAN UNTUK MEWUJUDKAN LIMA PULUH KOTA YANG MADANI”.
TEMA INI SEJALAN DENGAN VISI KAMI YAKNI “MEWUJUDKAN LIMA PULUH KOTA YANG MADANI, BERADAT DAN BERBUDAYA DALAM KERANGKA ADAT BASANDI SYARAK, SYARAK BASANDI KITABULLAH”. 
VISI ITU AKAN DIWUJUDKAN DENGAN MISI YANG ANTARA LAIN :

1, MENINGKATKAN  KUALITAS SDM YANG
    BERBUDAYA DAN BERDAYA SAING
    BERLANDASKAN KEIMANAN

2, MENDORONG PERTUMBUHAN DAN
   PERKEMBANGAN EKONOMI LINTAS
   SEKTORAL YANG MEMILIKI
   KEUNGGULAN  DI TINGKAT LOKAL DAN
   REGIONAL

3, MENDORONG POTENSI NAGARI SEBAGAI
    POROS PEMBANGUNAN DAERAH

4, MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN
    PUBLIK MELALUI REFORMASI BIROKRASI
    SEUTUHNYA.

5,  MENINGKATKAN PEMBANGUNAN
     INFRASTRUKTUR SECARA TERPADU
    YANG MENDORONG PERTUMBUHAN
    EKONOMI DAN KUALITAS HIDUP
   MASYARAKAT YANG LEBIH BAIK.

BAPAK GUBERNUR DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA,

MEMASUKI USIA KE 182 INI TENTUNYA SUDAH BANYAK KEMAJUAN YANG DIRAIH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. NAMUN, TIDAK BISA DIPUNGKIRI, HINGGA KINI KITA MASIH DI HADAPKAN PADA BERBAGAI TANTANGAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS HIDUP DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT, SERTA MENINGKATNYA TUNTUTAN MASYARAKAT TERHADAP PERBAIKAN EKONOMI, SOSIAL, DAN PELAYANAN PUBLIK. 

SAYA MENGAJAK SEGENAP ELEMEN MASYARAKAT DALAM MOMENTUM HARI JADI DAERAH INI UNTUK MELAKUKAN REFLEKSI, MUHASABAH SUDAH SEJAUH MANA  KITA BERKARYA DAN MEMBERIKAN KONTRIBUSI POSITIF DALAM UPAYA MEMBANGUN LIMA PULUH KOTA.

KITA TENTU TIDAK MAU KALAH JAUH DARI PARA TOKOH DAN PARA PEMIMPIN TERDAHULU YANG TELAH BEKERJA KERAS, BERBAKTI DAN BERKARYA BAGI KEMAJUAN DAERAH INI. TUGAS KITA ADALAH MELANJUTKAN ESTAFET PERJUANGAN TERSEBUT DENGAN MENJAWAB SEMUA TANTANGAN KE DEPAN.

SEMUA TANTANGAN TERSEBUT TENTUNYA MESTI KITA JAWAB DENGAN PENYUSUNAN KEBIJAKAN-KEBIJAKAN YANG MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN MASYARAKAT.

 KAMI MENGUCAPKAN TERIMA KASIH DAN APRESIASI YANG TULUS KEPADA SELURUH JAJARAN PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA DAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA YANG TELAH BEKERJA KERAS DAN BEKERJA SAMA DALAM MENJALANKAN RODA PEMERINTAHAN DEMI MEWUJUDKAN VISI PEMBANGUNAN DAERAH YANG TERTUANG DALAM RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH (RPJMD) KABUPATEN LIMA PULUH KOTA TAHUN 2021-2026.

HARAPAN MERAIH MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK TERSEBUT, TENTUNYA BUTUH KERJA KERAS DAN KERJASAMA KITA SEMUA. HARUS DIAKUI, KAMI TIDAK BISA BERJALAN SENDIRI DALAM MEMBANGUN LIMA PULUH KOTA.

 SEPERTI KATA PEPATAH “BERAT SAMA DIPIKUL, RINGAN SAMA DIJINJING. INSYA ALLAH, DENGAN KEBERSAMAAN DAN SALING BERGANDENG TANGAN DENGAN SELURUH ELEMEN MASYARAKAT MAUPUN STAKEHOLDER KITA DAPAT MEWUJUDKAN LIMA PULUH KOTA YANG MADANI, BERADAT DAN BERBUDAYA DALAM KERANGKA ADAT BASANDI SYARAK, SYARAK BASANDI KITABULLAH. AAMIIN YRA.


BAPAK GUBERNUR DAN HADIRIN YANG KAMI HORMATI,
SELAMA KEPEMIMPINAN INI, KAMI BERKOMITMEN DALAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN VISI DAN MISI KAMI TERSEBUT DENGAN MELAKSANAKAN SEJUMLAH PROGRAM UNGGULAN (PROGUL). PERTAMA TERKAIT PENGEMBANGAN MASYARAKAT MADANI, YAITU MELALUI PROGUL “SATU NAGARI SATU RUMAH TAHFIZD”. 


PADA TAHUN 2021 PROGRAM UNGGULAN INI BELUM DILAKSANAKAN, DAN BARU DAPAT DILAKSANAKAN PADA TAHUN 2022, KARENA REGULASI YANG MENJADI DASAR PELAKSANAAN PROGUL INI YAITU PERBUP NO. 33 TAHUN 2022 TENTANG PEDOMAN PEMBINAAN RUMAH TAHFIZD DAN PROGRAM TAHFIZD. HINGGA TRIWULAN KEDUA TAHUN 2023 INI SUDAH 41 RUMAH TAHFIZH YANG TELAH DI RESMIKAN. 


SEMENTARA UNTUK SEMAKIN MEMPERKUAT AGENDA PRIORITAS INI, MELALUI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, PEMERINTAH DAERAH JUGA MENDUKUNG MELALUI PROGRAM SPEAKER MUROTAL. PENGADAAN SPEAKER MURROTAL INI DIMULAI TAHUN 2022 UNTUK PENDIDIKAN DASAR, YAITU SD DAN SMP, DIMANA JUMLAH SPEAKER YANG SUDAH DIDISTRIBUSIKAN ADALAH SEBANYAK 134 UNIT DI SMP DAN 636 UNIT DI SD. TUJUAN DARI PENGADAAN SPEAKER INI ADALAH SEBAGAI MEDIA BAGI ANAK SEHINGGA NANTINYA AKAN MENJADI HAFIZD DAN HAFIZAH DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA.


SELANJUTNYA DALAM RANGKA MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI INI PERLU ADANYA PENINGKATAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) UNTUK DENGAN MENEKAN ANGKA PUTUS SEKOLAH, MAKA SALAH SATU UPAYA YANG DILAKUKAN ADALAH MEMBERIKAN BEASISWA KEPADA SISWA TINGKAT PENDIDIKAN DASAR BERUPA BANTUAN PERLENGKAPAN SEKOLAH. 


SALAH SATU LAGI YANG MENJADI POINT PENINGKATAN IPM TENTUNYA BERBANDING LURUS DENGAN PENURUNAN ANGKA PREVALENSI STUNTING KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. DIMANA ANGKAT STUNTING PADA 2021 SEBESAR 28,70 % PADA 2022 TURUN KE ANGKA 24,30 %. NAMUN DALAM HAL PENURUNAN ANGKA STUNTING INI KAMI HIMBAU UNTUK TETAP MELAKUKAN TINDAKAN YANG LEBIH NYATA DENGAN FOKUS KE BEBERAPA OBJEK YAITU PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI, MEMAKSIMALKAN POLA ASUH ANAK, DAN PENGOPTIMALAN PERAN KADER BINA KELUARGA BALITA (BKB), HAL INI GUNA MENCAPAI TARGET NASIONAL YAITU MENCAPAI TARGET 14 PERSEN DI TAHUN 2024 SESUAI ARAHAN PERPRES NO 72 TAHUN 2021 TENTANG PENURUNAN STUNTING. 


PERLU KAMI SAMPAIKAN TERKAIT AGENDA PRIORITAS KEDUA YAITU PENINGKATAN PEMBANGUNAN IKK (IBUKOTA KABUPATEN) SARILAMAK. MENDUKUNG PROGRAM INI DPRD TELAH MENGESAHKAN PERDA RTRW (RENCANA TATA RUANG WILAYAH) KABUPATEN TAHUN 2023-2043. DAN SAAT INI PEMERINTAH TELAH MEMBANGUN RTH (RUANG TERBUKA HIJAU). 

DIMANA RTH INI NANTINYA DAPAT MENJADI PUSAT KEGIATAN MAUPUN PUSAT REKREASI BAGI SELURUH MASYARAKAT LIMAPULUH KOTA. SELAIN ITU, RTH INI NANTINYA AKAN MENJADI SARANA BERBAGI INFORMASI MAUPUN MENGEMBANGKAN MINAT BAKAT DI LOKASI YANG NANTI AKAN MENJADI IKON LIMAPULUH KOTA. 


PADA DASARNYA RTH MENJADI MULTIFLIER EFFECT TERHADAP BERBAGAI SEKTOR, UTAMANYA SARANA OLAHRAGA, DITAHUN BERIKUTNYA DAPAT DIANGGARKAN PEMBANGUNAN PUJASERA, SEHINGGA DISAMPING ORANG BEROLAHRAGA, MASYARAKAT YANG BERKUNJUNG JUGA DAPAT BERBELANJA. 
TERKAIT AGENDA PRIORITAS KETIGA YAITU PARIWISATA DAN PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT. DI TAHUN 2021 TERBITNYA SERTIFIKAT WARISAN GEOLOGI DARI BADAN GEOLOGI NASIONAL. 


SERTA DILANJUTKAN DENGAN TERSUSUNNYA MASTERPLAN GEOPARK HARAU. MUDAH-MUDAHAN DITAHUN 2023 INI AKAN TEREALISASI MASTERPLAN GEOPARK HARAU YANG TELAH TERSUSUN INI. DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA TERSEBUT, KITA AKAN FOKUS PADA 3A 1P YAITU AKSESIBILITAS (JALAN KE DESTINASI WISATA), ATRAKSI (APA SAJA YANG Ă€KAN DI LIHAT, BAIK ALAM, EVENT-EVENT ATAUPUN ATRAKSI SENI DAN BUDAYA DLL), AMENITI (SARANA PENDUKUNG SEPERTI MUSHALLA,  TOILET, KIOS, HOME STAY, KULINER DAN LAINNYA) SERTA PROMOSI. 


PEMBANGUNAN PARIWISATA INI SESUAI DENGAN SALAH SATU MISI KAMI YAKNI MENDORONG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN EKONOMI LINTAS SEKTORAL YANG MEMILIKI KEUNGGULAN DI TINGKAT LOKAL DAN REGIONAL.
 PEMERINTAH DAERAH JUGA MEMILIKI PROGUL PENCIPTAAN WIRAUSAHA BARU, DI TAHUN 2022 TELAH TERCAPAI 426 WIRAUSAHA. 


PEMERINTAH DAERAH JUGA MERENCANAKAN PELATIHAN DAN PEMBERIAN BANTUAN BAGI IKM DAN UMKM. DITARGETKAN DI TAHUN 2026 AKAN ADA 150 IKM DAN UMKM YANG TELAH DILATIH DAN DIBERI BANTUAN. PADA KONDISI AWAL DI TAHUN 2020 TERCATAT ADA 8111 IKM DAN UMKM. PADA 2021 TERDAPAT 464 IKM DAN UMKM YANG TELAH DILATIH DAN DIBERI BANTUAN, DI TAHUN 2022 SEBANYAK 414 IKM DAN UMKM. UNTUK TAHUN 2023 INI DI TARGETKAN 210 IKM DAN UMKM YANG DILATIH DAN DIBERI BANTUAN.



AGENDA PRIORITAS SELANJUTNYA YAITU PENGEMBANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN MENUJU AGROBISNIS. CAPAIAN TAHUN 2022 LUAS LAHAN YANG DIBUKA LAHAN SEBANYAK 5,2 HA. DISAMPING ITU PADA TAHUN 2022 JUGA DISUSUN POLA KERJASAMA ANTARA PEMILIK LAHAN JAGUNG DENGAN PEMILIK MODAL UNTUK MENGEMBANGKAN JAGUNG TERSEBUT. TARGET TAHUN 2023 ADALAH MEMBUKA LAHAN JAGUNG SEBESAR 4.000 HEKTAR TERKAIT PERIKANAN BERDASARKAN DATA PRODUKSI BENIH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA TAHUN 2022 DIPEROLEH TOTAL RATA-RATA PRODUKSI BENIH SEBANYAK 5.927.482 EKOR. 


 CAPAIAN TAHUN 2022 BIBIT IKAN YANG DIHASILKAN SEBANYAK SEBESAR 31,5% DARI TARGET TAHUN 2026. SEDANGKAN TARGET YANG AKAN DICAPAI PADA TAHUN 2023 YAKNI 43,5%. SEMENTARA TERKAIT SENTRA PRUDUKSI SAPI POTONG, BERDASARKAN ARAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN YAITU MENINGKATKAN POPULASI SAPI DARI 45.000 EKOR MENJADI 100.000 EKOR SAPI, CAPAIAN POPULASI HINGGA TAHUN 2022 SUDAH TEREALISASI SEBANYAK 53.906 EKOR ATAU (53,9%) DARI TARGET 100.000 EKOR PADA TAHUN 2026. 
PERLU JUGA KAMI JELASKAN TERKAIT AGENDA PRIORITAS KELIMA YAITU TERKAIT PENINGKATAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DAERAH. TINGKAT KEMANTAPAN JALAN KABUPATEN DIFOKUSKAN KEPADA PEMBANGUNAN JALAN DAERAH TERISOLIR, PERBATASAN DENGAN KOTA PAYAKUMBUH DAN PEMBANGUNAN JALAN KE SEKTOR PERTANIAN DAN PARIWISATA. TOTAL PADA TAHUN 2022 DPUPR KABUPATEN LIMA PULUH KOTA TELAH MEMBANGUN DAN MEREHABILITASI JALAN SEPANJANG 34.1 KM.


 PADA TAHUN 2022 MELALUI DPUPR KABUPATEN LIMA PULUH TELAH MELAKSANAKAN PEMBANGUNAN JALAN UNTUK DAERAH TERISOLIR TEPATNYA DI KECAMATAN KAPUR IX DENGAN SEGMEN KOTO TANGAH KOTO LAMO-TJ.BUNGO (R-90) DAN DENGAN TOTAL 1,70 KM DAN SEGMEN GALUGUA-KOTO TANGAH (R-53) DENGAN TOTAL PANJANG 1,42 KM.


 SELANJUTNYA UNTUK MENDUKUNG JALAN KE SEKTOR PERTANIAN DAN PARIWISATA PADA TAHUN 2022 TELAH DIBANGUN JALAN SEPANJANG 27,08 KM. YANG MENJADI PROGUL

SELANJUTNYA YAITU BERKURANGNYA RUMAH TIDAK LAYAK HUNI (RLTH). PADA TAHUN 2022 TELAH DILAKUKAN INTERVERSI TERHADAP RTLH BERUPA PERBAIKAN RUMAH SEBANYAK 250 UNIT DENGAN PENDANAAN BERSUMBER DARI APBD PROVINSI SUMATERA BARAT SEBANYAK 20 UNIT, APBD KAB. LIMA PULUH KOTA SEBANYAK 199 UNIT , BAZNAS KAB. LIMA PULUH KOTA SEBANYAK 30 UNIT DAN DARI CSR PERTAMINA SEBANYAK 1 UNIT. 


BAPAK GUBERNUR DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA

 UNTUK MEMAKSIMALKAN PELAKSANAAN VISI DAN MISI TERSEBUT TENTUNYA KITA JUGA MENGANDALKAN KEMAJUAN TEKHNOLOGI. MAKA DARI ITU, BEBERAPA APLIKASI UNTUK MEMPERMUDAH AKSES TELAH DILAUNCHING, SEPERTI: 

- BESTIE KITA (BENGKEL SEPUTAR INOVASI
   KITA)

- OPEN DATA

-  JDIH VERSI 2

-  WEBSITE CSIRT (COMPUTER SECURITY INCIDENT RESPONSE TEAM)

-  SIMPATIK, TEMPAT UNTUK MELAKUKAN
   PENGADUAN TERHADAP PROBLEMATIKA
   YANG TERJADI PADA SARANA JARINGAN 

 - WEBSITE LKKS , MENINGKATKAN PERAN
  MASYARAKAT.

 DALAM PENYELENGGARAAN KESEJAHTRERAAN SOSIAL


- BUKU TAMU
- WEBSITE DEKRANASDA
- WEBSITE 360; UNTUK MENAMPILKAN
  PARIWISATA DI KABUPATEN LIMAPULUH
  KOTA
- DATA STATISTIK 
- WEBSITE NAGARI (OPENSID) TAHUN 2022- 
  2023
 

SEMOGA DENGAN ADANYA APLIKASI DAN WEBSITE INI DAPAT MEMUDAHKAN SEGALA AKSES UNTUK MEMUDAHKAN AKTIFITAS KEGIATAN KITA SEBAGAI PELAYAN MASYARAKAT.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA
 DALAM MELAKSANAKAN AGENDA PEMBANGUNAN INI JUGA ADA BEBERAPA INOVASI YANG TELAH DI LAUNCHING, OLEH PEMERINTAH DAERAH, DIANTARANYA:


# TEROBOSAN GERAKAN "MAHKOTA BERLIAN (GERAKAN LIMA PULUH KOTA BERSIH LINGKUNGAN)",INOVASI INI SALAH SATU UPAYA PENYADARAN PENTINGNYA KEAMANAN, KETERTIBAN DAN KEBERSIHAN (K-3) DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN. INOVASI INIPUN BERBUAH MANIS DITUNJUKKAN DENGAN PEMBERIAN SERTIFIKAT PENGHARGAAN DARI KETUA UMUM HIMPUNAN AHLI KESEHATAN LINGKUNGAN INDONESIA (HAKLI) PADA SEPTEMBER 2022 LALU 

 # DARI DUNIA PENDIDIKAN HADIR “TARATAK BISO” (TRANSFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL) TERSEBUT BEKERJASAMA DENGAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH, DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA DAN IKATAN GURU PENULIS DAN PEGIAT LITERASI DAERAH (IGPPL) LIMA PULUH KOTA. PROGRAM INI DICANANGKAN PADA OKTOBER 2022 LALU, DALAM RANGKA PERINGATAN BULAN BAHASA NASIONAL.

# DARI DINAS PERINDUSTRIAN DAN TENAGA KERJAPUN HADIR INOVASI “KALAK KALIANG” (KUNJUNGAN LAYANAN KETENAGAKERJAAN KELILING), INI SEBAGAI BENTUK PERHATIAN PEMERINTAH DAERAH DAERAH KEPADA MASYARAKAT MASYARAKAT DAERAH KEPADA PENCARI KERJA AGAR AKSES UNTUK MENDAPATKAN AK1 MENJADI LEBIH MUDAH.


HADIRIN SIDANG PARIPURNA BERBAHAGIA

 SELAIN BEBERAPA INOVASI DIATAS PERLU JUGA KAMI SAMPAIKAN PADA PERTENGAHAN FEBRUARI LALU PEMERINTAH DAERAH JUGA TELAH MENANDATANGANI MEMORANDUM OF UNDERSTANDING (MOU) DENGAN DIREKTUR PT. BIO CYCLE INDO, TERKAIT PENGOLAHAN SAMPAH TERPADU ORGANIK. 

PENANDATANGAN KESEPAKATAN BERSAMA ITU, MENINDAKLANJUTI PERTEMUAN PEMERINTAH KABUPATEN LIMAPULUH KOTA DENGAN PT. BIO CYCLE INDO DI KABUPATEN KAMPAR, PROVINSI RIAU BEBERAPA WAKTU LALU. INI JUGA SALAH SATU TINDAK LANJUT DARI PROGRAM “MAHKOTA BERLIAN” YANG JUGA TELAH DI LAUNCHING SEBELUMNYA.




GUBERNUR DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA

 DIUMUR YANG SUDAH MATANG INI, KAMI BERSAMA BERSAMA RIZKI KURNIAWAN NAKASRI TERUS BERBENAH MENATA PEMBANGUNAN DI KABUPATEN YANG KITA CINTAI INI. DALAM SETIAP USAHA DAN IKHTIAR TENTUNYA ADAPULA BEBERAPA HAL PRESTASI YANG TELAH BERHASIL DITOREHKAN. TENTUNYA KEBERHASILAN INI MERUPAKAN BERKAT SINERGITAS YANG OPTIMAL YANG TELAH KITA LAKSANAKAN DALAM KURUN WAKTU LEBIH KURANG DUA TAHUN INI. ADAPUN BERKAT KERJASAMA DAN KOORDINASI YANG OPTIMAL ANTARA LEADING SECTOR DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA , KAMI SAMPAIKAN BEBERAPA PRESTASI DIBERBAGAI BIDANG YANG BERHASIL KITA CAPAI, BAIK DI TINGKAT PROVINSI MAUPUN NASIONAL, DIANTARANYA SEBAGAI BERIKUT:


* PERTAMA, KAMPUNG SARIBU GONJONG
  (SARUGO) YANG TERLETAK DI NAGARI
  KOTO TINGGI KECAMATAN 
 OMEH MERAIH JUARA 2 DI ANUGERAH
 PESONA INDONESIA (API) AWARD 2020
 PADA TANGGAL 20 MEI 2021 LALU DI
 LABUAN BAJO, NUSA TENGGARA TIMUR,
 SEBAGAI KAMPUNG ADAT TERPOPULER.

* KEDUA, ATRAKSI BAKAJANG DARI
  GUNUANG MALINTANG KECAMATAN
  PANGKALAN KOTO BARU DINOBATKAN
  SEBAGAI JUARA 1 NASIONAL CULTURAL
  ATTRACTION API AWARD 2021, PADA 30
  NOVEMBER 2021 DI MUSI BANYUASIN
  SUMATERA SELATAN.

* TERBAIK SATU JUMLAH SR TERPASANG
   PROGRAM PAMSIMAS PROVINSI
   SUMATERA BARAT TAHUN ANGGARAN
   2022.

* KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
   PENCAPAIAN KPI TERBAIK II - 2021
  PROVINSI SUMATERA BARAT

* PERINGKAT 2 DALAM PENILAIAN
   KINERJA  STUNTING SE-SUMATERA BARAT      TAHUN 2022

*  PERINGKAT MADYA DALAM LOMBA
   INOVASI PUSKESMAS SEMILOKA
   NASIONAL KE-2 APKESMI TAHUN 2022.

*  HARI DISABILITAS INTERNASIONAL (HDI)
   TAHUN 2022, PENERIMA PENGHARGAAN
   DALAM KATEGORI “PENDAMPING
   REHABILITASI SOSIAL TERBAIK UNTUK
   PEMENUHAN HAK PENYANDANG 
   DISABILITAS”

*  HARAPAN II PELAKSANA TERBAIK
   KEGIATAN KESATUAN GERAKAN PKK KB
   KKBPK KESEHATAN KATEGORI KAMPUNG
   KB (JORONG BONCAH, NAGARI SIMPANG
   SUGIRAN, KECAMATAN GUGUAK)
   TINGKAT PROVINSI TAHUN 2021

* TERBAIK II PELAKSANA TERBAIK
   KEGIATAN KESATUAN GERAK PKK KB
   KKBPK KESEHATAN KATEGORI POSYANDU
  (JORONG BALAI TALANG NAGARI GUGUAK
  VIII KOTO KECAMATAN AKABILURU)
   TINGKAT PROVINSI TAHUN 2021

*. PERINGKAT I LOMBA GERAKAN PKK
   BIDANG POKJA II UP2K PKK (NAGARI
   BATUHAMPAR KECAMATAN AKABILURU)
   TINGKAT PROVINSI TAHUN 2021

*. TERBAIK II PENILAIAN FASILITATOR
   PENDAMPING TERBAIK PANSIMAS  
  (PENYEDIAN AIR MINUM DAN SANITASI
  BERBASIS MASYARAKAT) AN. URIATI
  TINGKAT PROVINSI TAHUN 2021

*. PERINGKAT 1 LOMBA INOVASI TTG
   UNGGULAN DAN POSYANTEK BEPRESTASI
   TINGKAT PROVINSI SUMATERA BARAT
   TAHUN 2022, AN. YUFIAN AZRIAL,
   DENGAN INOVASI ALAT PENGOLAHAN
   SAMPAH PLASTIK TINGKAT PROVINSI
   TAHUN 2021

* PERINGKAT II LOMBA NAGARI
   BERPRESTASI " NAGARI MUARO PAITI"
  TINGKAT PROVINSI TAHUN 2021
 
*  PENGHARGAAN CAPAIAN 100%
   TRANSFORMASI PENGELOLA DANA         BERGULIR MASYARAKAT MENJADI BUM    
  DESA/NAGARI TAHUN 2023

* PENGHARGAAN DARI PERPUSTAKAAN
   NASIONAL RI KEPADA DINAS
   PERPUSTAKAAN KABUPATEN/KOTA
   TERBAIK DALAM IMPLEMENTASI
   PROGRAM TRANSFORMASI
   PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI
  SOSIAL TAHUN 2021

* TERBAIK I PADA PELAKSANAAN CAPAIAN
   AKSI HAM PEMERINTAH DAERAH 
      PERIODE B-08 TAHUN 2022

*  OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN
   YANG KETUJUH KALI BERTURUT-TURUT
   SEMENJAK 2015 .

*  PREDIKAT OPINI PENGAWAS PELAYANAN
   PUBLIK PRESTASI PREDIKAT KEPATUHAN
   TINGGI TAHUN 2022 DENGAN KUALITAS
   TINGGI DARI OMBUDSMAN PERWAKILAN
   SUMATERA BARAT

* PERINGKAT 1 LOMBA UKS TINGKAT
   PROVINSI TAHUN 2022

*  TERBAIK 1 PEREMPUAN INSPIRATIF
   TAHUN 2022

*. YANG TERBARU YAITU PENGHARGAAN
   PADANG TV AWARD 2023 “BEST LEADER
   OF THE YEARS”

ATAS NAMA PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA KAMI MENGUCAPKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG
SETINGGI-TINGGINYA KEPADA SEMUA PIHAK YANG TELAH MENGHARUMKAN NAMA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA DI TINGKAT NASIONAL MAUPUN TINGKAT PROVINSI. 



HARAPAN KITA BERSAMA, SEMOGA PRESTASI YANG TELAH KITA RAIH DAPAT DITINGKATKAN DAN DIPERTAHANKAN DIMASA YANG AKAN DATANG.

“KAJA BAKAJA SI ANAK PUYUAH
LARINYO SAMPAI KA MANGGANI
MARI BASAMO KITO BANGUN LUAK LIMO PULUAH
DEMI TERWUJUDNYA LIMA PULUH KOTA MADANI”
“RAMI LAH URANG NAN KA SAWAH
PAI KASAWAH MANANAM LADO
JIKO LAH BASAMO SA AYUN SALANGKAH
TENTULAH SEJAHTERA MASYASAKAT KITO” 

BAPAK GUBERNUR DAN HADIRIN YANG KAMI HORMATI,

KAMI MENYADARI, AMANAH BESAR SEBAGAI BUPATI DAN WAKIL BUPATI YANG KINI KAMI EMBAN TENTUNYA HARUS BISA KAMI PERTANGGUNGJAWABKAN DI DUNIA DAN AKHIRAT. SEKALI LAGI, KAMI BERHARAP PERJALANAN PANJANG YANG AKAN KAMI LALUI ITU MENDAPATKAN DUKUNGAN DARI SEMUA PIHAK DAN SENANTIASA MENDAPATKAN PERTOLONGAN ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA MENOLONG DAN MAHA MELINDUNGI. INSYAALLAH AMANAH INI AKAN KAMI JALANKAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA.

KAMI JUGA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN, BANTUAN, DAN KERJASAMA SEMUA PIHAK ATAS PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAERAH SELAMA INI. 

KAMI PUN MENYADARI MASIH BANYAK KEKURANGAN DAN KELEMAHAN, UNTUK ITU KAMI MOHON MASUKAN, SARAN, DAN KRITIK YANG MEMBANGUN DEMI PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN YANG LEBIH BAIK KE DEPAN, UNTUK MEWUJUDKAN KEMAJUAN DAERAH DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN LIMA PULUH KOTA.

PERLU JUGA KAMI SAMPAIKAN, PERINGATAN HARI JADI DAERAH INI TAK HANYA MENJADI MOMEN BERGEMBIRA DAN BERSUKA CITA, NAMUN JUGA WAKTUNYA BAGI KITA UNTUK SENANTIASA BERDOA DAN BERTAFAKUR KEPADA ALLAH SWT AGAR KITA SELALU DIBERKAHI RAHMAT DAN KARUNIANYA. 

HADIRIN YANG BERBAHAGIA,
 KITA SADARI BERSAMA, INI MERUPAKAN MOMENT MUDIK PERTAMA, SETELAH TIGA TAHUN LALU KITA MASIH DIBAYANGI OLEH PANDEMI COVID-19. MAKA DARI ITU, PERLU RASANYA KITA UNTUK MEMBANGKITKAN GAIRAH PEREKONOMIAN DI KABUPATEN INI, TERUTAMA YANG BERKAITAN DENGAN INDUSTRI UMKM DAN INDUSTRI PARIWISATA. 

KARENA MOMENT MUDIK PERDANA PASCA PANDEMI INI, MERUPAKAN AJANG BAGI KITA DAERAH UNTUK MEMBANGKITKAN PEREKONOMIAN YANG SEMPAT TERPURUK BEBERAPA WAKTU LALU. 

MAKA KEPADA PELAKU UMKM SEGERA MEMPERSIAPKAN SEGALA SESUATU PRODUK UMKM YANG NANTINYA MENJADI CINDERAMATA YANG AKAN DIBAWA MENJADI BUAH TANGAN KE DAERAH RANTAU OLEH PEMUDIK. 

PERLU UNTUK MEMBERIKAN KESAN YANG MENARIK BAIK SECARA KULITAS MAUPUN PACKAGING PRODUK TERSEBUT.
 SEMENTARA TERKAIT PRODUK MAKANAN PERLU KAMI SAMPAIKAN SAAT INI PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA MELALUI DISPERDAGKOP & UKM SEDANG TAHAP IKUT MENSUKSESKAN KAMPANYE WAJIB HALAL 2024 MELALUI KAMPANYE MANDATORY SERTIFIKASI HALAL.

 PERLU KIRANYA UNTUK MENSOSIALISASIKAN INI KEPADA PELAKU UMKM YANG ADA DI BAWAH BINAAN PEMERINTAH DAERAH. AGAR DENGAN MENGIKUTI KAMPANYE INI TENTUNYA AKAN BERDAMPAK TERHADAP MUTU DARI PRODUK UMKM KITA.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA
AKHIRNYA ATAS NAMA PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA, KAMI MENGUCAPKAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI JADI KEPADA SELURUH MASYARAKAT KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. SEMOGA MELALUI MOMENTUM INI, KITA DAPAT SEMAKIN MEMPERERAT KEBERSAMAAN MENUJU MASYARAKAT KABUPATEN LIMA PULUH KOTA YANG MADANI, BERADAT DAN BERBUDAYA DALAM KERANGKA ADAT BASANDI SYARAK, SYARAK BASANDI KITABULLAH.


DEMIKIANLAH YANG DAPAT KAMI SAMPAIKAN. WABILLAHI TAUFIK WALHIDAYAH, WASSALAMMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.



                      BUPATI LIMA PULUH KOTA





                 SAFARUDDIN Dt. BANDARO RAJO

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto