Temu Ramah dan Diskusi ketua Sanggar dan pelaku seni di Dharmasraya Berlangsung Penuh Keakraban

Temu Ramah dan Diskusi ketua Sanggar dan pelaku seni di Dharmasraya Berlangsung Penuh Keakraban. Dharmasraya, kawasan sumbar com -- Pemerintah kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata pemuda dan olahraga (Disbudparpora) Dharmasraya mengundang ketua-ketua sanggar seni dan pelaku/pengiat seni se Dharmasraya untuk menghadiri acara temu ramah dan Diskusi dengan Tim kemendikbudristek RI di Cafe Kopi dari Hati,jalan pondok pesantren samping klinik Harapan bunda pulau punjung,malam-kamis siap taraweh (06/04/23).
Temu ramah dan diskusi yang ke 2 ini di hadiri lansung Tim kemendikbudristek RI ibu Fawarti gendra Nata Utami seorang panel ahli indonesiana beserta rombongan , kepala dinas Disbudparpora
Dharmasraya ST.Taufik.SE.MM,di dampingi Kabid budaya yusradi.S.sos.MM,dan pamong budaya Yurnida Hasan S.sos.
Temu ramah dan diskusi dengan Tim kementrian yang digelar disbudparpora ini,tentang kegiatan kenduri swarnabhumi -festival pamalayu 2023 dan sosialisasi dana indonesiana untuk komunitas seni di Ranah cati nan tigo dalam mendukung pelaku seni dalam melakukan pelestarian seni budaya serta kreativitasnya.
Fawarti gendra nata utami sampaikan bahwa
" malam ini , kedatangan saya dan teman-teman Tim mewakili dari direktorat perfilman musik dan media baru di bawah naungan Dirjend kebudayaan yang akan mendampingi teman teman komunitas yang ada di kab. Dharmasraya untuk mengawal kegiatan kenduri swarnabhumi 2023 yang telah di soaialisasikan.tutur fafa utami.
" nanti tanggal 10 akan ada komitmen penanda tanganan antara Dirjen kebudayaan dengan gubenur jambi beserta 11kabupaten yang ada di propinsi jambi dan 2 di dharmasraya dan 1 di solok selatan terang fafa utami.
Lanjutnya" kemaren teman-teman seni terlibat menjadi penampil acara,tahun ini justru teman-teman pengiat budaya,komunitas,dan perwakilan-perwakilan yang akan bekerja mengawal festival itu"merencanakan ,mengonsep bersama dan tentunya melaksanakan terangnya lagi.
Ibuk fafa pun katakan kalau pelaksanaan festival di tahun kemaren kita masih menyebut adanya EO, adanya event-event Adanya pihak ketiga yang memfasilitasi yang mehimisasi,mengadakan fasilitas dan sgalanya,nah ini teman-teman justru menjadi kewenangan sepenuhnya untuk melakukan itu termasuk perancangan dan pengonsepan ulang yang segalanya yang akan si pastikan dalam festival pamalayu 2023 di kabupaten Dharmasraya terang fafa lagi dalam diskusi tersebut.
"Nah kalau tahun kemaren itu kan ada support anggaran dari Dirjen budaya, nah tahun ini itu benar-benar nggak ada, cuman kami mencoba mensiasatinya jelasnya.

"Kita dari komunitas akan melamar proposal untuk diajukan yang namanya Dana insonesiana,apa itu dana indonesiana..?! Itu adalah dana bagi pelaku budaya beber fafa utami.
Di diskusi tersebut Kadis budparpora ST.Taufik.SE.MM yang didampingi Kabid Budaya Yusradi S.sos.MM sampaikan Terkait kegiatan ini ada beberapa hal yang harus kita diskusikan dan sebagaimana yang telah di jabarkan oleh ibuk fafa dan Tim Dirjen kebudayaan tadi dan kita ulangi pertama tentang kegiatan kita menuju festival pamalayu 2023, yang tahun sebelumnya di dukung oleh kementrian dan di tahun ini kita pun didukung kementrian tutur kadis budaya." Tetapi melalui material bidang yang perlu dipersiapkan oleh kawan-kawan nanti" terangnya lagi 
Taufik juga katakan untuk festival pamalayu di tahun 2023 ini mungkin ada perwakilan-perwakilan dari pemerintah, mungkin tidak keseluruhan kita yang ikut dalam komunitas itu nanti yang mewakili dari komunitas tentang yang akan mengodok acara ini terangnya lagi.
Taufik juga sambut baik program dari dirjen kebudayaan ini yang mana sebelumnya festival pamalayu kan di laksanakan sedangkan ujung tombaknya adalah pemerintah daerah ,nah..sekarang di tahun 2023 ini kementrian itu berharap bahwa ujung tombak dari festival pamalayu itu ujung tombak nya adalah komunitas-komunitas yang ada di dharmasraya ini nantinya,yang akan mendesaian acaranya,baik itu mendesaian acara besarnya, maupun yang mendesaian acara-acara, penampilan-penampilan nantinya pungkas Taufik.
Pamong budaya Disbudparpora Dharmasraya Yurnida hasan S.sos
Di kesempatan itu juga terangkan ke para pengiat seni bahwasanya diskusi di malam ini kita betul-betul dapat tambahan wawasan yang sangat luar biasa sekali ,mudah-mudahan dengan arahan dari Tim Dirjen kebudayaan kementrian kemendikbudristek RI tentang mengaik dana dan segala macamnya itu dapat kita laksanakan bersama-sama dengan Harapan kita itu untuk kabupaten Dharmasraya.
Lanjut Yur ini baru langkah awal dalam hal ini,mungkin juga untuk langkah berikutnya ada lagi pertemuan-pertemuan lagi dalam rangkah mensukseskan kegiatan kenduri swarnabhumi yang akan di pantau lansung, di pimpin lansung oleh timnya komunitas-komunitas yang ada di dharmasraya.
Yur juga sampaikan ke pengiat seni " kita sebagai pelaksana nya nanti mudah-mudahan dengan bimbingan beliau-beliau ini kita sukses tutup Yur
Hadir di acara temu rama dan diskusi bersama tim Dirjen kebudayaan kementrian ini para ketua-ketua sanggar seni budaya ,komunitas Band,Komunitas pecinta budaya daerah serta tamu undangan


# Dimetri piliang
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto