MARTABAT DAN KEPEMIMPINAN PENGHULU


     Padang, Kawasansumbar.com -- Seseorang dengan perilaku yang dapat mencontohkan hal yang baik dan memberikan motivasi yang dapat bermanfaat  kepada banyak orang, itu lah yang akan ditiru sebagai contoh untuk membuat diri  menjadi lebih baik dan mengembangkan potensi diri yang lebih positif dan bermanfaat. 


Seseorang dengan Akhlak yang Mulia juga menjadikan tauladan bagi masyarakat dengan segala tingkah laku dan perbuatannya, Dengan tutur kata yang sopan dan lembut bijaksana menggambarkan kepribadian yang patut untuk di contoh oleh masyarakat. Biasa nya Seorang dengan kepribadian yang dapat di andalkan oleh masyarakat seorang pemimpin yang beribawa dan bertanggung jawab akan tugas nya. 


Biasa nya kepemimpinan yang di miliki seseorang untuk memenuhi tanggung jawab nya harus lah berjiwa sosial dapat menyelesaikan masalah pada suatu Nagari yang di pegang nya. Membicarakan tentang Kepemimpinan, Terdapat di Minangkabau Kepemimpinan seorang Penghulu dengan segala tugas yang dijalankan nya di dalam suatu kaum kenagarian nya. 


Penghulu diangkat sebagai kepemimpinan dalam suatu nagari melihat dari segi akhlak dan perilaku nya sehingga tanggung jawab terhadap masyarakat. Menjadi Seorang Penghulu merupakan tanggung jawab yang besar karena tidak hanya menjaga keluarga nya sendiri dan anak kemenakan nya tetapi juga menjaga satu kaum. Kepemimpinan seorang penghulu harus bisa menjadi seorang yang bijaksana dalam menyikapi setiap permasalahan yang ada dalam kaum nya, tidak boleh memperkeruh suasana sehingga mengakibatkan masalah tidak selesai. 

 

 Penghulu merupakan seorang Ninik mamak yang dituakan oleh kaum dan anak kemenakan nya. Memiliki sifat benar dan jujur itu yang diutamakan sebagai syarat menjadi seorang pemimpin sebagai penghulu adat. Menjadi penghulu adalah sebuah adat yang turun-temurun yang harus dipangku oleh seorang laki-laki yang bertali darah dalam gelar Pusako yang bersangkutan. 


Seorang penghulu harus mengurus  segala urusan adat, bahkan Pusako yang harus  jaga untuk anak dan kemenakannya suatu saat nanti. Menjadi Pemimpin Inilah beberapa dari Syarat, Tugas dan Martabat ketentuan-ketentuan menjadi seorang Penghulu.


Syarat Menjadi Seorang Penghulu

1. Mempunyai sifat yang benar dan lurus tidak pendusta, Dalam hal ini seorang penghulu harus memiliki itikad baiknya terhadap adat Minangkabau sebagai rangkaian dari kebudayaan nasional, 

2. Menjadi Seorang Penghulu hendaklah yang berpendidikan dan berpengetahuan. Dalam kata adat: Cadiak,tahu,pandai. yang memiliki arti,Cadiak yaitu berpendidikan, Tahu yaitu mengamalkan pengetahuan,kemampuan dan keterampilan yang dipunyai, Pandai yaitu Bijaksana dalam memimpin kaum adat.

3. Menjadi seorang penghulu harus memiliki sifat jujur (amanah) yang dipercayai lahir batin. Tidak boleh berjiwa pendusta,suka bermain judi,pembohong, suka menipu,pemarah dan kasar.

4. Menjadi seorang penghulu hendaklah orang yang fasih dalam berbicara dan berkata yang bijaksana ini lah yang disebut dengan seorang pemimpin yang pandai dalam bertutur kata dengan baik. 


Tugas Pokok Penghulu 

1. Manuruik alua nan luruih, Seorang Penghulu harus melaksanakan segala tugas nya menurut ketentuan adat lama pusako usang,yakni meletakkan sesuatu pada tempat nya.

2. Manmpauh jalan nan pasa, yang disebut di dalam adat, jalan pasa nan kaditampuah labuah golong nan kadituruik, jangan menyimpang kiri Jo kanan, condong jangan ka mari rabah, luruih manantang dari adat yakni kebenaran.

3. Mamaliharo Harato Pusako, Seorang           Penghulu wajib menjaga harta pusaka kaumnya dan anak kemenakannya.

4. Mamaliharo anak kamanakan, Tugas yang murni dan suci, seorang penghulu yang baik dan bijaksana dapat memberikan arahan kepada anak serta kemenakan nya dalam segala jalan kehidupan.


Ketentuan-ketentuan Martabat Penghulu

1. ingek dan jago pado adat

2. berilmu,bertahan,bermakrifat, yakni dan bertawakal kepada Allah SWT

3. kato dan miskin pada hati dan kebenaran

4.murah dan maha pado laku dan perangai yang berpatutan

5. Hemat dan cermat mangana awa dan akia

6. sabar dan ridha mamakai Siddiq Jo tabalia


Beberapa penjelasan di atas mengenai seorang penghulu jika menjadi pemimpin harus memenuhi syarat di atas. Penghulu yang sudah di wariskan bagi seorang laki-laki untuk menjadi pemimpin yang sejati dan bertanggung jawab dalam segala aspek kehidupan masyarakat dan bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan.


Oleh: Putri Ramadhani

Jurusan Sastra Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto