Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Dalam Memberikan Penyuluhan Perkoperasian di Lokasi TMMD



Limapuluhkota, Kawasansumbar.com --   Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke 116 Kodim 0306/50 Kota gandeng Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dalam memberikan penyuluhan perkoperasian kepada warga masyarakat, dalam rangka kegiatan non fisik TMMD, bertempat di aula Kantor Wali Nagari Sitanang.


Bapak Junaidi Kabid Perizinan dan Kelembagaan dalam penyampaiannya menjelaskan mulai dari struktur organisasi koperasi yang terdiri dari rapat anggota, pengurus, dan pengawas, serta tata cara Rapat Anggota ,Tahunan (RAT).


Selain itu, ada juga unsur penasehat, pelaksana, manajer dan karyawan, sebagai unsur pelengkap organisasi, yang mana semua unsur itu harus ada karena merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan dibentuknya koperasi, yakni memakmurkan anggotanya.


Dilanjutkan bapak Junaidi, banyak manfaatnya bagi masyarakat apa bila masyarakat dapat mendirikan koperasi, yaitu sebagai tempat untuk menyimpan modal, sebagai tempat untuk dapat memberikan pinjaman kepada anggotanya atau memberikan tambahan modal bagi anggotanya.


koperasi juga sebagai tempat dapat memberikan pinjaman kebutuhan sehari-hari untuk biaya pengobatan, pendidikan dan sebagainya serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan dalam mengurangi angka penangguran bagi masyarakat, ucapnya.


Koordinator Lapangan Satgas TMMD ke 116 Kodim 0306/50 Kota Kapten Inf Kusmianto dalam keterangannya menyebutkan, agar dalam penyuluhan tersebut masyarakat dapat memahami cara mekanisme dalam pembuatan Koperasi serta selalu untuk berkoordinasi kepada Dinkop dan UMKM kabupaten 50 Kota saat memasarkan hasil produk UMKM masyarakat di Nagari Sitanang khususnya.


“Harapannya, dalam kegiatan penyuluhan tersebut dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari hari warga masyarakat dan selalu berkoordinasi dengan Dinas Operasi dan UKM Kabupaten 50 Kota dalam mekanisme cara pembuatan koperasi serta memasarkan hasil produk UMKM rumahan sehingga dapat bernilai ekonimis bagi masyarakat, pungkas Kapten Inf Kusmianto.

Dendi/hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto