2 Pemuda Kabupaten Lima Puluh Kota Ikuti Pemilihan Pemuda Pelopor Sumbar 2023



Limapuluhkota, Kawasansumbar.com --  Dua pemuda dari Nagari Sungai Rimbang, Kecamatan Suliki, terpilih mewakili Kabupaten Lima Puluh Kota mengikuti pemilihan calon pemuda pelopor tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023. Abdul Rahman maju di bidang Pendidikan dan Ghina Syahira Ramadhini di bidang Agama, Sosial dan Budaya.


Pada Kamis (4/5/2023) tim Penilai Pemuda Peolopor dari Dinas Pariwisata Pemudan dan Olahraga Kabupaten Lima Puluh Kota, melaksanakan kunjungan ke Nagari Sungai Rimbang dalam rangka Fact Finding pembuktian bidang kepeloporan yang telah dilaksanakan oleh para peserta. Tim dari Disparpora tersebut yang dipimpin oleh Kepala Bidang Kepemudaan Syahrial Amri, S.Sos.M.Si , yang beranggotakan Purna 2 Pemuda Pelopor Terbaik Nasional dan Ketua KNPI Lima Puluh Kota sebagai tim penilai dan disambut oleh Camat Suliki Ali Sabri, S.Sos didampingi oleh Wali Nagari Sungai Rimbang Ilfandi Rahmatullah,S.Pd serta perangkat Nagari Sungai Rimbang hadir dalam kegiatan tsb.


Tak hanya itu ,penyambutan ini juga didukung penuh oleh wali murid dari “Sanggar Adik” dan anggota sanggar tsb, dan juga Anggota binaan Abdul Rahman sanggat Antusias dan merasakan kebanggaan ini.


Camat Suliki beserta Forkopimca Suliki menyambut baik kegiatan pemilihan pemuda pelopor ini.Wali Nagari juga mendukung penuh atas keikutsertaan 2 pemuda dari Nagari Sungai Rimbang dalam ajang ini dan berharap akan raihan prestasi terbaik.


“Selain untuk mendorong para pemuda berprestasi, kegiatan ini kita harapkan menjadi media agar para pemuda tidak terjerumus kepada hal-hal negatif,”sambung Hidayatullah, Purna Pemuda Pelopor yang mewakili Kecamatan Suliki pada bidang Pendidikan , 2018 Silam.


Ketua Bamus Nagari Sungai Rimbang , Rini Elia juga berharap “ajang pemilihan pemuda pelopor ini bisa berperan sebagai media untuk memajukan perekonomian melalui pemberdayaan dan pengembangan kewirausahaan pemuda”.ungkap Rini.


Pemuda pelopor adalah penghargaan yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada para pemuda yang telah menunjukkan semangat dalam mengembangkan potensi diri, merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas berbagai masalah.


Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional, yang puncaknya adalah pemberian penghargaan pada acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan setiap tanggal 28 Oktober. Pemilihan Pemuda Pelopor Tahun 2023 ini dilakukan dengan melibatkan sebanyak mungkin partisipan pemuda.


Lingkup dan jenis kepeloporan pun diperluas dengan harapan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas kepada pemuda dan memberikan penghargaan bagi mereka yang layak menyandang predikat sebagai pemuda pelopor. Pemilihan pemuda pelopor mencakup lima bidang kepeloporan pemuda yaitu, pendidikan, agama, sosial, dan budaya, pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata, pangan dan inovasi teknologi.


Ditambahkan Amar Ma’ruf Sebagai Ketua LPTQ Kecamatan Suliki,” Kami sangat bangga dan berbahagia 2 Pemuda kami terpilih mewakili Kabupaten Lima Puluh Kota ke Tingkat Provinsi,



Bagaiman tidak, sejauh ini Baru kali ini dalam 1 Nagari bisa Maju Mewakili ke Tingkat Provinsi dalam bidang yang Berbeda, mudah mudahan ini jadi pedoman bagi pemuda pemuda yang lain dan bagi pemerintahan baik di tingkat kecamatan maupun Nagari.


Dendi/hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto