Permudah Akses Petani, Tahun Ini Pemkab Pasaman Barat Akan Bangun 6 Paket Jalan Tani


KAWASANSUMBAR.COM

 Pasaman Barat | (sumbar) Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat berkomitmen agar produksi pertanian terus mengalami peningkatan, salah satunya dengan mempermudah akses petani untuk membawa hasil produksi dari sawah melalui pembangunan dan rehabilitasi Jalan Usaha Tani (JUT).

Untuk tahun 2023 ini, Pemda Pasaman Barat melalui Dinas  Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH)  Kabupaten Pasaman Barat kembali akan membangun sebanyak 6 paket jalan usaha tani.

Kepala Dinas DTPH Pasaman Barat Doddy San Ismail saat ditemui di Ruang Kerjanya, Kamis 20 Juli 2023 mengatakan bahwa  kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi tersier sebanyak 6 kelompok tani, satu kelompok tani yang berada di Kecamatan Ranah Batahan, dua kelompok tani di Kecamatan Kinali dan tiga kelompok tani di Kecamatan Talamau.

Selain itu untuk kegiatan pembangunan jalan usaha tani sektor hortikultura sebanyak lima kelompok tani, yang berada pada Kecamatan Talamau tiga kelompok tani, Kecamatan Pasaman satu kelompok tani, dan Kecamatan Luhak Nan Duo satu kelompok tani.

"Mudah-mudahan kegiatan fisik ini dapat berjalan dengan baik dalam rangka meningkatkan produksi pertanian yang ada," harapnya.

“Alhamdulillah tahun ini kita akan bangun jalan tani sebanyak 6 paket.,” katanya.

Jalan tani ini menurutnya, sangat bermanfaat untuk mendukung akses para petani dalam pengangkutan sarana produksi ke lokasi persawahan dan membantu mengakses pengangkutan hasil produksi dari lokasi ke pasar.

“Bapak Bupati memang punya komitmen untuk terus membangun jalan-jalan usaha tani agar akses ke kantong-kantong produksi pertanian bisa terbuka,” ujarnya.

Sejak dibawah kepemimpinan Bupati H.Hamsuardi hingga tahun 2021, Pemkab Pasaman Barat telah membangun dan memperbaiki jalan usaha tani

Terkait hal ini Bupati  Pasaman Barat mengatakan bahwa pembangunan jalan usaha tani sangat dibutuhkan guna memperlancar aktifitas masyarakat dalam bertani.

“Dengan adanya jalan tani yang kita bangun, maka pengangkutan hasil panen pertanian dan perkebunan warga tidak terkendala lagi saat akan dipasarkan,” harapnya 

#Rajo alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto