Kampanyekan Gemar Makan Ikan, Dinas Perikanan Gelar Lomba Masak Serba Ikan Bagi TP-PKK Nagari Se-Pasbar


KAWASANSUMBAR.COM

 Pasaman Barat | (sumbar) Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Perikanan menggelar Lomba Masak Serba Ikan bagi TP-PKK Nagari se-Pasaman Barat, yang dibuka secara langsung oleh Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Pasbar Titi Hamsuardi didampingi Ketua GOW Ny. Fitri Risnawanto, Ketua DWP Ny. Ayu Hendra Putra, Kadis Perikanan Zulfi Agus serta stakeholder terkait lainnya, pada Kamis (14/9) di Balerong Pusako Anak Nagari. 

Dalam sambutannya, Ketua FORIKAN Titi Hamsuardi mengapresiasi kegiatan ini karena merupakan salah satu upaya mengkampanyekan gemar makan ikan, sehingga masyarakat memiliki pengetahuan akan gizi yang terkandung dalam ikan. 

"Lomba ini merupakan wadah kampanye bagi kita semua untuk gemar mengkonsumsi ikan. Lomba memasak ikan ini bukan hanya diselenggarakan di Kabupaten Pasbar, tetapi juga dilaksanakan di tingkat provinsi. Sehingga siapa yang menjadi pemenang hari ini, akan mewakili Pasbar ke tingkat Provinsi Sumbar," jelas Titi Hamsuardi.

Ia menjelaskan PKK sebagai garda terdepan untuk mensosialisasikan olahan ragam dari ikan, karena manfaat yang diperolehnya sangat besar. Salah satu manfaatnya adalah sebagai upaya pencegahan stunting karena kandungan protein yang tinggi. 

"Pasbar juga salah satu daerah penghasil ikan terbesar di Sumbar, sehingga harus dikampanyekan gemar makan ikan ini karena manfaatnya sangat baik terhadap kesehatan. Terima kasih kepada TP-PKK nagari se-Pasbar yang telah berpartisipasi dalam lomba ini, semoga ilmu yang diperoleh saat ini dapat dilaksanakan di tengah masyarakat. Karena melalui PKK gemar makan ikan akan dapat disosialisasikan dengan baik, sehingga masyarakat juga akan gemar makan ikan," ucap Titi Hamsuardi.

Diakhir sambutannya ia menjelaskan bahwa pada lomba ini juga akan dinilai kreasi dari olahan ikan, seperti olahan ikan berupa kudapan untuk keluarga, olahan ikan untuk balita serta olahan lainnya. Ia juga berharap yang menjadi perwakilan Pasbar untuk lomba tingkat provinsi dapat mempersiapkan diri dengan kreasi yang akan ditampilkan di tingkat provinsi nantinya. 

Sementara itu, Kadis Perikanan Zulfi Agus menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk mengkampanyekan gemar mengkonsumsi ikan dan menentukan perwakilan Pasbar pada lomba tingkat Sumbar nantinya.

"Siapa yang menjadi juara pertama akan diutus mewakili Pasaman Barat untuk mengikuti lomba memasak serba ikan tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 September 2023 mendatang," jelas Zulfi Agus.

Ia juga menghimbau agar semua stakeholder dapat mendukung kegiatan ini, sehingga nantinya hasil yang diperoleh sesuai yang diharapkan.

"Terima kasih atas dukungan dari semua pihak, khususnya kepada Ketua FORIKAN, Ketua GOW, Ketua DWP serta stakeholder terkait yang berkesempatan hadir saat ini dan kepada panitia serta TP-PKK Pasaman Barat yang telah mengikuti perlombaan ini," tuturnya.

#Rajo alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto