Anggota DPRD Pasaman Barat Dedi Lesmana.S.Pi Serukan Warga Ikut Aksi dan Galang Dana Solidaritas Palestina


KAWASANSUMBAR.COM

 Pasaman Barat | (sumbar) Aksi solidaritas dan bentuk kepedulian terhadap kemerdekaan rakyat Palestina serta mengecam keras tindakan penjajahan yang dilakukan Zionis Israel terus mengalir dari sejumlah Negara sahabat dan berbagai daerah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Khususnya di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), ribuan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pasaman Barat Peduli Palestina, turun ke jalan untuk melakukan aksi long march dan penggalangan donasi, Sabtu (18/11/2023) pagi.

Antusias ribuan masyarakat sudah terlihat berkumpul sejak subuh di Masjid Agung Baitul Ilmi Pasaman Baru, Kecamatan Pasaman, dengan membawa sejumlah atribut seperti spanduk dan poster, sebagai bentuk dukungan terhadap kemerdekaan rakyat Palestina.

Suasana semangat bercampur rasa haru terlihat dari ribuan massa melakukan aksi long march dengan berjalan kaki dan menyuarakan takbir dimulai dari halaman Masjid Agung Baitul Ilmi mengitari sepanjang jalur protokol 32 Pasaman Baru. 

yang mendapat pengawalan dari petugas Kepolisian Polres Pasaman Barat, TNI Koramil 02/Simpang Empat Kodim 0305/Pasaman, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan Pasaman Barat.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasaman Barat Darmansyah mengatakan, aksi ini merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas masyarakat Pasaman Barat terhadap saudara-saudara kita yang berada di Palestina. 

"Sebelum melakukan aksi long march dan penggalangan donasi, kegiatan diawali dengan sholat subuh dan sholat gaib secara berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian orasi di halaman Masjid Agung Baitul Ilmi," ucapnya.

Ditambahkan, ribuan massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pasaman Barat Peduli Palestina sangat mengecam keras atas tindakan penjajahan yang dilakukan Zionis Israel, hingga menyebabkan ribuan korban berjatuhan mulai usia dewasa hingga anak-anak.

"Dalam aksi solidaritas ini, massa berdatangan dari seluruh Kecamatan, bahkan dari beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada di Kabupaten Pasaman Barat serta para santri Pondok Pesantren, Siswa Siswi SMP/MTs, SMA/MAN dan Masyarakat pada umumnya," terangnya.

Dijelaskan, jumlah massa yang terlibat dalam aksi solidaritas diperkirakan berjumlah 12 ribu orang yang datang dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat. Selain itu, penggalangan donasi dari masyarakat Pasaman Barat untuk Palestina sementara ini terkumpul sekitar Rp 270 juta. 

"Alhamdulillah, donasi sementara terkumpul Rp 270 juta, namun donasi tersebut masih terus berdatangan dikarenakan penggalangan dana masih dilakukan oleh masyarakat. Selain dari donasi, ada juga hasil pelelangan sejumlah barang, nantinya seluruh donasi yang terkumpul akan kita kirimkan untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina," jelasnya.

Ditambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah meluangkan waktu dalam aksi solidaritas dan kepedulian untuk Palestina, semoga Allah membalas kebaikan kita semua yang terlibat dalam aksi ini.

Dedi Lesmana.S.pi  ucapan Terima kasih kepada petugas keamanan dari Polres Pasaman Barat, TNI Koramil 02/Simpang Empat Kodim 0305/Pasaman, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan yang telah membantu pengawalan dan pengaturan lalu lintas sekitar lokasi, sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar, aman dan tertib," pungkasnya.

#Rajo alam / Wisnu

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto