Reakreditasi RSUD Pasbar, Bupati Hamsuardi Sambut Tim Surveyor Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna


KAWASANSUMBAR.COM

 Pasaman Barat | (sumbar) Dalam meningkatkan mutu pelayanan, Tim Surveyor Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna melakukan survei Reakreditasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Kedatangan Tim Surveyor tersebut disambut langsung oleh Bupati Pasbar Hamsuardi didampingi stakeholder terkait, pada Kamis (7/12). Survei akan berlangsung selama dua hari mulai 7 hingga 8 Desember 2023, dan sebelumnya penilaian juga telah dilakukan melalui daring pada 4 Desember 2023 lalu. 

Dalam arahannya, Ketua Tim Akreditasi dr. Mulyani menyebutkan Reakreditasi itu dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan RSUD serta memberikan panduan yang berkelanjutan. Reakreditasi untuk mendapatkan pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit sesuai standar Akreditasi. 

"Reakreditasi ini juga merupakan salah satu syarat, sebab hampir seluruh rumah sakit kita sudah bekerjasama dengan BPJS. Penilaian terdiri dari 16 BAB, meliputi apa yang sudah dilakukan dan tertuang dalam SOP. Tujuan akhirnya bagaimana pasien mendapatkan pelayanan dan mutu terbaik dan petugas mendapat backup hukum dalam memberikan pelayanan," jelasnya. 

Sementara Bupati Hamsuardi pada kesempatan itu, mengucapkan selamat datang pada tim Surveyor Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna. Ia berharap Tim Surveyor dapat memberikan akreditasi yang paripurna terhadap RSUD Pasbar. Dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Pasbar lanjutnya, juga tertuang dalam salah satu visi misi Pemda Pasbar yakni berobat gratis. 

"Besar harapan kami bapak ibu Tim Surveyor memberikan perhatian pada RSUD Pasbar kami ini. Beginilah keadaan rumah sakit kami, Pasbar dengan jumlah penduduk 441.773 jiwa. Kita juga telah mengalokasikan anggaran kita untuk program berobat gratis karena banyak dari masyarakat kita yang sakit namun enggan untuk pergi berobat sebab terkendala dana," jelasnya. 

Dewan Pengawas RSUD yang disampaikan Kadis Kesehatan Hajran Huda memaparkan sejarah RSUD Pasbar yang berdiri pada tahun 2005 yang menggunakan Gedung Puskesmas Jambak. Sesuai tujuan dalam meningkatkan mutu pelayanan, Reakreditasi kedua kalinya terhadap RSUD itu diharapkan dapat memotret serta mengembalikan kebiasaan yang benar sesuai aturan yang berlaku. 

Di akhir kegiatan, Direktur RSUD Pasbar drg. Yandri memaparkan ekspos yang meliputi Profil RSUD, Indikator Mutu, Budaya Keselamatan Pasien serta Resiko. Selanjutnya, dilakukan wawancara dan peninjauan RSUD.

#Rajo alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto