Nagari Sungai Dareh Gelar Acara Potang Balimau.

Nagari Sungai Dareh Gelar Acara Potang Balimau. Dharmasraya-Sumatera Barat, /Kawasan sumbar.com -- Menyambut bulan suci Ramadan 1445 H, masyarakat Kenagarian Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, mengadakan acara pulang ke rumah besar kerajaan tiang panjang, dalam rangka “potang balimau dan maanjuang undang manambah Pusako”, Minggu (10/3) siang.

Potang Balimau merupakan acara tradisi turun temurun dari nenek moyang yang merupakan suatu tradisi menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Dihadiri Wali Nagari Sungai Dareh Irawadi, niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, Bundo kanduang, limpapeh rumah nan gadang. Serta lembaga-lembaga nagari, ketua Bamus, kepala jorong se kenagarian Sungai Dareh, dan masyarakat Nagari Sungai Dareh.

Pada kesempatan itu, Wali Nagari Sungai Dareh Irwadi, awal sambutannya berikan apresiasi atas terlaksana acara ini terutama kepada kerajaan tiang panjang, Ninik mamak, Bundo kanduang, serta seluruh masyarakat Nagari Sungai Dareh.

Dimana saat ini telah melestarikan adat pemakaian acara kita di Nagari Sungai Dareh. Yakninya (baliak balimau) ka rumah gadang tiang panjang nan manjadi pusek jalo kumpuan ikan di Nagari Sungai Dareh.

“Sebagai penerus inilah yang akan kita jaga dan kita lestarikan kepada anak cucung ponakan kita,”ucap Irwadi.

Katanya lagi, Irwadi sampaikan, selagi kita masih tunduk ke Warih patuh ke Pusako. Insyaallah adat lama Pusako usang yang di amanahkan dari penghulu kita akan tetap terjaga.

# B/ Dp
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto