Wakili Pasbar Pada Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi, Nagari Tandikek Kinali Dinilai TP-PKK Sumbar


KAWASANSUMBAR.COM

 Pasaman Barat | (sumbar) Tim Penggerak PKK Nagari Tandikek Kecamatan Kinali mewakili Kabupaten Pasaman Barat pada Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2024. pada Jumat (26/4), TP-PKK Sumbar yang tergabung dalam tim penilaian lomba hadir melakukan penilaian di Nagari Tandikek tersebut.

Tim Penilai dipimpin langsung oleh Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar, Ny. Fitria Amelia Audy Joinaldy. Kehadiran tim disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Pasbar, Hendra Putra didampingi Ketua TP-PKK Pasbar Ny. Titi Hamsuardi bersama anggota, para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari serta stakeholder terkait lainnya.

Sekretaris Daerah Pasbar, Hendra Putra dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat ia mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tim penilai yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar Ny. Fitria Amalia Audi Joynaldy. Ia memberikan apresiasi, bahwa dengan kegiatan ini dapat menciptakan kekompakan dan keaktifan dari TP-PKK, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan dan nagari.

"PPK adalah mitra pemerintah, PKK dapat membantu pemerintah dalam pelaksanaan program yang ada dan berperan aktif menggerakkan OPD yang memiliki sasaran kinerja berkenaan dengan 10 Program PKK. Seperti, dalam mewujudkan program unggulan Pasbar Sehat yang merupakan rencana strategis dari Dinas Kesehatan, maka program pokok PKK juga bersentuhan langsung dengan kegiatan tersebut karena berkaitan dengan kesehatan yaitu PHBS, meningkatkan kunjungan ke Posyandu dan masih banyak program unggulan lainnya yang didukung oleh Tim Penggerak PKK," jelas Hendra Putra.

Ia berharap penilaian itu dapat memberikan hasil yang terbaik sehingga dapat memotivasi TP-PKK Kabupaten Pasaman Barat untuk lebih berkembang dan gerakan PKK dapat dirasakan manfaatnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Pasbar, Ny. Titi Hamsuardi menyampaikan bahwa peran PKK salah satunya yaitu sebagai mitra pemerintah dan itu secara nasional telah diakui. Untuk itu, lanjutnya Tim Penggerak PKK terus berupaya konsisten dan menyesuaikan diri dengan program-program pemerintah daerah dengan tetap memastikan bahwa Program Pokok PKK harus tetap terlaksana dan menjadi tantangan utama dengan kondisi wilayah yang luas dan perubahan pada kelembagaan pemerintah yang ada.

Ny. Titi Hamsuardi menjelaskan bahwa, dalam melaksanakan 10 Program PKK di Kabupaten Pasaman Barat, PKK Kabupaten terus melaksanakan pembinaan kepada kecamatan maupun di nagari hingga kelompok Dasawisma untuk peningkatan peran TP-PKK agar lebih aktif di wilayah masing-masing.

"Nagari yang menjadi perwakilan dari Kabupaten Pasaman Barat tahun 2024 adalah Nagari Tandikek, Kecamatan Kinali, yang merupakan nagari baru lahir yang masih banyak kekurangan dan keterbatasan dalam berbagai hal. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat dan kekompakan pemerintahan nagari dan masyarakat setempat mengikuti kegiatan lomba," jelasnya. 

Ia berharap kepada tim penilai agar dapat memberikan masukan dan dorongan bagi PKK Nagari Tandikek dalam menjalankan program dan kegiatan PKK. 

"Harapan kami kepada tim penilai dapat memberikan masukan dan dorongan serta semangat bagi kami khususnya PKK Nagari Tandikek, untuk lebih giat dan bersemangat dalam menjalankan program dan kegiatan PKK. Dan yang terpenting melalui kegiatan ini kami dapat memperoleh hasil yang maksimal," harap Ny. Titi Hamsuardi.

Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Fitria Amalia Audy Joinaldy menyampaikan, bahwa kehadirannya bersama tim adalah untuk melakukan penilaian lomba melalui pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan 10 Program Pokok PKK yang telah diimplementasikan di Pasbar khususnya di Nagari Tandikek.

"Nagari Tandikek ini nagari yang pertama kali mengikuti kegiatan setelah didefinitifkan. Namun saya berharap dapat menampilkan nagarinya dengan pengimplementasian 10 Program Pokok PKK yang lebih baik nantinya dan sesuai dengan ekspos yang telah dilakukan. Dengan harapan sudah dilaksanakannya pembinaan secara berjenjang kepada seluruhh TP-PKK Kecamatan, Nagari hingga kelompok Dasawisma," jelasnya.

Ia menjelaskan ada 5 kriteria penilaian dalam lomba yaitu Kelembagaan dan Tertib Administrasi, Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital, Kampung Mandiri, Aku Hatinya PKK, dan PHBS Plus. Ia juga menegaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan harus mencerminkan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, karena akan berkaitan dengan masyarakat secara langsung. 

"Walaupun nantinya setiap kepengurusan berada pada Pokja yang berbeda beda, namun pemahaman akan 10 program tersebut harus dipahami dengan baik. Semoga hasil penilaian yang dilakukan tim penilai dari provinsi dapat menghasilkan penilaian yang baik untuk Kabupaten Pasaman Barat," harapnya.

#Rajo alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto