Pasca Banjir Jembatan Sarana Marga Makmur Terancam Rubuh Akibat Abrasi Sungai Batang Timpeh.

Pasca Banjir Jembatan Sarana Marga Makmur Terancam Rubuh Akibat Abrasi Sungai Batang Timpeh. Dharmasraya-Sumatera Barat, Kawasansumbar.com -- Tingginya curah hujan beberapa hari terakhir mengakibatkan air Sungai Batang Timpeh meluap, pasca Banjir warga was-was saat menyeberangi jembatan Besi beralaskan kayu ini.
Banjir kali ini juga menyebabkan abrasi pada bibir sungai yang berada di jorong Marga Makmur III, Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya.
Minggu (19/05/24).

Derasnya arus sungai juga mengakibatkan tebing atau tanah yang menyangga Jembatan tersebut Runtuh akibat terkikis air sungai yang deras saat banjir kemaren. Jembatan Sarana Marga Makmur ini sangat penting bagi para petani/ pekebun karena kawasan ini sentra pertanian dan perkebunan Masyarakat di jorong tersebut. Kondisi itu, membuat warga harus ekstra hati-hati saat melewati jembatan.

Aprison Datuak Jo Bujang Tokoh masyarakat dari kalangan niniak mamak membeberkan beberapa Keluhan warga atau cucu kemenakannya yang melewati jembatan tersebut."tebing penyanggah jembatan sarana ini sudah mulai amblas karena terkikis arus air deras sungai Batang timpeh saat banjir" 

Saking derasnya air sungai batang timpeh saat banjir kemaren telah menyebabkan Abrasi.Abrasi ini sangat mengkhawatirkan, Tanah bantaran sungai runtuh dan terkikis terus oleh sungai Batang Timpeh dan semakin meluas ke daratan, keadaan ini berbahaya bagi tanah di sekitaran jembatan Sarana Terang Datuak jo bujang.

Hingga saat ini, kondisi jembatan sarana Marga Makmur terlihat masih kokoh, namun sangat rentan Ambruk bila tidak segera mendapat perhatian dari dinas terkait untuk mengantisipasi Abrasi disisi kiri dan kanan jembatan tersebut terangnya ke awak media.

Debita Wali nagari Taratak tinggi saat coffe morning di pasar minggu marga makmur menerangkan ke awak media Online Kawasansumbar.com.
Bahwasanya pondasi jembatan tersebut sudah terlihat, karena tanahnya runtuh akibat banjir kemaren.
wali taratak tinggi Menaruh Harapab Kepada pemerintah Daerah, baik Eksekutif maupun Legislatif atau melalui dinas terkait, agar memperhatikan, karena jembatan ini akses perekonomian warga membawa hasil pertanian dan perkebunan terang debi.


# Sonia Chaniago
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto