Potret Suku Anak Dalam di Dharmasraya.

 


Dharmasraya, Kawasansumbar.com Potret Suku Anak Dalam di Dharmasraya. Suku Anak Dalam/ Orang Rimba/ Kubu. Apapun sebutannya, seharusnya tak adalagi stigma kepada mereka. Kala menuju “rumah” mereka yang sudah berganti dengan kebun sawit dan karet.

Suku Anak Dalam berujar, ”Orang kayak mereka ini mana tau apa-apa.” Stigma mereka yang berbeda dikalangan masyarakat sekitar - tindakan membedakan antara orang mereka dan orang yang bukan mereka adalah sebagai salah satu bentuk penghinaan terhadap mahakarya Tuhan.

Kita dan orang-orang yang beranggapan bahwa hidup kita lebih baik dari mereka, sungguh berhutang banyak kepada mereka. Kita terlalu beranggapan bahwa mereka tidak tau apa-apa, tapi berabad-abad lamanya pula mereka tak mengkebiri rumah tempat mereka tinggal. Sementara kita yang beranggapan tahu segalanya, dengan semena-mena mengkerdili “rumah” mereka.

Mereka tak sibuk mengeluh dan menghujat tentang ketiadaan serta mencaci maki hal-hal buruk tentang Negeri ini. Mereka hanya khawatir, ikan dan tangkapan mereka kala berburu serta rumah tinggal mereka hilang.

#Robi Dimetri


Baca Juga

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Kasihan ... Pemerintah tidak bisa melindungi rakyatnya dari tamaknya para pengusaha merusak tempat hidup.

    BalasHapus

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto