*Membentuk Karakter Kemandirian Melalui Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Komplek Alang Lawas.*


KAWASANSUMBAR.COM

 Padang | (sumbar) SD Negeri Komplek Alang Lawas yang beralamat di Jln.Bagindo Aziz Chan No.4 Padang adalah Sekolah Dasar Negeri yang terdiri dari 6 Sekolah yaitu SDN 01, SDN 08, SDN 18, SDN 20, SDN 36 dan SDN 37 Alang Lawas. Fase A dan Fase B yang terdiri dari kelas 1 dan kelas 4 saat ini menjalankan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kepala sekolah SDN Komplek Alang Lawas yang terdiri dari 3 kepala Sekolah yaitu Erizefni, M.Pd selaku kepala sekolah SDN 01 dan SDN 36 Alang Lawas, Misfiyeni, S.Pd, MM selaku kepala sekolah SDN 08 dan SDN 37 Alang Lawas serta Ade Saputra, M.Pd selaku kepala sekolah SDN 18 dan SDN 20 Alang Lawas menggagas kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai wujud dari produk yang dihasilkan siswa selama 1 tahun pembelajaran. Ketua Panitia Pelaksana Panen Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu Bapak M.Rezki Putra, S.PdI, M.Pd selaku guru kelas 4 yang menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka tertantang untuk melaksanakan kegiatan Panen Karya P5 tersebut. Kolaborasi antar guru serta kontribusi penuh dari orangtua siswa sehingga pelaksanaan panen karya P5 ini dapat terwujud dengan baik. Panen Karya P5 ini bertujuan untuk membentuk karakter diri siswa yang bermuara pada karakter sikap dimensi profil pelajar Pancasila yang salah satunya dengan mendidik kemandirian dan kecintaan pada NKRI yang diwujudkan dengan kecintaan pada kearifan lokal budaya daerah Minangkabau. Hal ini terlihat dari sistematika Panen Karya yang menampilkan berbagai kebudayaan daerah diantaranya tarian daerah, makanan khas tradisional, hasil karya siswa dengan konsep gaya hidup berkelanjutan dan bentuk kemahiran siswa lainnya. Harapannya di masa depan karakter tersebut dapat tertanam pada diri siswa menyongsong 100 tahun generasi emas Indonesia tahun 2045.

Pada pelaksanaan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dihelat di SDN Komplek Alang Lawas dihadiri oleh Camat Kecamatan Padang Selatan, Kapolsek Padang Selatan, Lurah Kelurahan Alang Lawas, Babinkamtibmas serta RW/RT tokoh masyarakat di lingkungan Alang Lawas. Camat kecamatan Padang Selatan dalam sambutannya sangat mengapresiasi sekali pelaksanaan P5 ini. Hal ini dikarenakan tema yang diusung yaitu gaya hidup berkelanjutan dengan pemanfaatan barang-barang bekas menjadi produk yang bernilai guna. Hal ini sejalan dengan program pemerintahan kota Padang yang mencanangkan gerakan bebas sampah di lingkungan sekolah. Kedepannya sangat diharapkan sekali kegiatan P5 ini terus berlanjut sebagai wadah untuk mengembangkan minat, bakar serta potensi siswa sehingga salah satu nilai yang terkandung pada kurikulum merdeka yaitu berpihak kepada murid dapat terealisasikan dengan sebaik-baiknya.

Senada dengan yang disampaikan oleh camat kecamatan Padang Selatan, M.Rezki Putra, M.Pd selaku ketua panitia pelaksana menekankan pelaksanaan P5 tahun ini sebagai batu pijakan menuju Panen Karya P5 yang lebih baik lagi di tahun depan baik dari segi kualitas maupun kuantitas pelaksanaannya.

#Deni

Baca Juga

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Mantap....Semoga tahun depan lebih baik lagi..Bravo SD Komplek Alang Lawas...💪💪

    BalasHapus
  2. Semoga kegiatan Panen Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila di tahun mendatang dapat dikemas dengan lebih baik dan sistematis baik dari segi kualitas kegiatan, kemenarikan agenda kegiatan maupun kuantitas peserta yang terlibat aktif.

    BalasHapus

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto